5 Ide Bisnis Online yang Cocok Buat Kamu

Minggu, 26 Desember 2021 | 17:10:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Ide Bisnis Online Yang Cocok Buat Kamu

Ilustrasi bisnis online. (Special)

Ladiestory - Bisnis online kerap kali dijadikan pekerjaan sampingan untuk sebagian orang dalam menunjang pendapatan kehidupan. Namun ternyata tak sedikit lho bisnis online yang tadinya profesi sampingan, menjadi sumber utama dalam menghasilkan pendapatan.

Nah, untuk Kamu yang sedang mempersiapkan bisnis online, berikut ide bisnis online yang bisa Kamu lakukan.

Ide Bisnis Freelancer 

Ilustrasi bisnis online. (Special)

Inilah ide bisnis freelancer yang bisa kamu lakukan

1. Desain Grafis

Salah satu bisnis online yang bisa Kamu jalani dengan mudah adalah dengan menjadi desain grafis. Kalau Kamu memiliki keahlian membuat desain atau menggambar, bisnis online tanpa modal ini layak dicoba.

Desain grafis adalah salah satu pekerjaan freelance dengan pendapatan tertinggi saat ini lho.  Selain itu Kamu juga bisa menjalankan bisnis ini di mana saja dan kapan saja sesuai yang Kamu inginkan. Tapi pastinya dengan mengingat deadline yang ditentukan klien. Jangan karena freelance dan bebas lalu Kamu tidak memperhatikan deadline-nya ya.

Cara untuk menjadi freelancer desain grafis ini cukup mudah lho, Kamu hanya memposting portofolio atau contoh pekerjaanmu di website freelancer dalam dan luar negeri. Kamu pun akan mendapatkan banyak pelanggan dan penghasilan yang banyak juga tentunya.

2. CS Online (Customer Service Online)

Salah satu bisnis yang bisa Kamu kerjakan dengan cara online adalah dengan menjadi CS online atau customer service online. Di sini Kamu menjadi orang yang sangat berperan penting dalam usaha bisnis tempat Kamu bergabung.

Biasanya bisnis online yang membutuhkan customer service online adalah toko online atau bisnis jasa yang ditawarkan secara online. Tugasmu di sini adalah memberikan informasi melalui media sosial, aplikasi chat, email atau telepon pada pelanggan.

Kamu juga bertugas menyapa pelanggan yang datang dengan cara online seperti lewat telepon atau lewat chat. Kamu juga bertanggung menerima komplain atau pengaduan dari pelanggan apabila ada barang atau jasa yang dikirim tidak sesuai pesanan.

Ilustrasi bisnis online. (Special)

3. Blogging

Salah satu bisnis online freelancer tanpa modal yang bisa mendapat penghasilan yang besar adalah dengan cara Blogging.  Kamu cukup memiliki skill dan hobi menulis.

Hal ini karena seseorang yang hobi menulis akan terus konsisten menulis dan menghasilkan konten-konten yang berkualitas, hingga nantinya akan membawamu pada kesuksesan.

Cara untuk menjadi seorang blogger atau blogging adalah Kamu perlu membuat blog, lalu menentukan topik atau tema pada blogmu. Sebaiknya pilih topik yang sesuai dengan kesukaanmu, jadi Kamu pun tidak akan bosan untuk menulis dan menciptakan konten-konten yang Kamu sukai  dan kuasai.

4. Affiliate Digital Product

Bisnis online lainnya yang bisa Kamu coba adalah dengan menjadi affiliate digital product, yaitu dengan menawarkan dan menjual produk-produk digital secara online, contohnya seperti eBooks, konten video, perangkat lunak, desain grafis, dokumen, kursus online.

5. E-course/Virtual Assistant

Bisnis online selanjutnya yang bisa Kamu jalankan dengan mudah adalah E-Course/Virtual Assistant. Pekerjaan ini berarti Kamu menerima jasa pelatihan atau kursus secara online. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi pendukung dalam menjalankannya.

Selain itu Kamu juga bisa menerima jasa pembuatan website, editing, pembukuan/administrasi yang semuanya dilakukan dengan cara jarak jauh dan dapat kamu dikerjakan dimanapun dan kapan saja.