5 Ide Menu Makanan Saat Isoman Yang Praktis Untuk Dibuat Di Rumah

Minggu, 8 Agustus 2021 | 05:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Ide Menu Makanan Saat Isoman Yang Praktis Untuk Dibuat Di Rumah

Foto: Ladiestory.id

Di masa pandemi seperti ini, menu makanan yang tepat menjadi hal penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang bergizi menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Mengonsumsi makanan sehat pun berlaku bagi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Isoman adalah prosedur bagi pasien Covid-19 yang umumnya ditandai dengan beerapa gejala. Namun, ada pula pasien covid-19 yang melakukan isoman karena tidak bergejala. Maka dari itu, penting untuk memenuhi asupan nutrisi makanan selama isoman. Lalu menu makanan apa saja yang dapat dikonsumsi saat isoman? Tak perlu bingung, berikut 5 ide menu makanan saat isoman yang bergizi dan praktis untuk dibuat.

1. Sup ayam, menu makan isoman mudah dan sehat

Ladiestory.id

 

Aneka macam sup menjadi pilihan menu makanan yang lezat dan mudah saat isoman. Sup cocok disantap saat seseorang merasa kurang nafsu makan. Apalagi, dalam sebuah sup biasanya ditambah dengan berbagai bahan yang bergizi, seperti sayuran. Menambahkan sayuran dalam menu makanan tentu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu sayuran yang tidak mudah rusak dan gampang diolah adalah brokoli. Anda dapat memasak brokoli ke dalam sup ayam.

Tak hanya lezat disantap, sup ayam brokoli pun mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Brokoli kaya akan fito-nutrien yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari infeksi. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, C, dan K yang berfungsi menjadi benteng pertahanan tubuh dalam menangkal radikal bebas.

2. Salad sayur yang praktis dan rendah gula

Ladiestory.id

 

Salad merupakan makanan yang tak kalah menyehatkan bagi tubuh. Alih-alih mengonsumsi salad buah yang tinggi kandungan gula, Anda dapat menikmati salad sayur dengan varian saus yang lezat. Ada beberapa pilihan saus salad sayur yang dapat Anda pilih, seperti saus wijen sangrai, minyak zaitun dicampur cuka balsamik, atau mustard madu yang enak. Selain salad bowl, Anda juga dapat membuat salad wrap dengan roti tortila yang tak kalah lezat.

3. Beef yakiniku, makanan khas Jepang paling favorit

Ladiestory.id

 

Selain sayur, konsumsi protein juga tak kalah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa jenis protein yang dapat Anda pilih, seperti daging merah, ikan, kacang-kacangan, dan susu. Daging merah, khususnya daging sapi, dikenal kaya akan zinc yang dibutuhkan tubuh.

Agar protein hewani tetap terjaga, ada baiknya proses pengolahan daging menggunakan teknik minim agar tidak terlalu berminyak dan berlemak. Beef yakiniku, merupakan salah satu makanan khas Jepang, yang dapat Anda coba saat isoman. Menu makanan ini menggunakan irisan daging sapi yang ditumis.

4. Sapo tahu tiga jamur, yang nikmat dan bergizi

Ladiestory.id

 

Sebagai alternatif dari protein hewani, Anda juga dapat memperoleh asupan protein dari nabati atau tumbuh-tumbuhan, seperti tahu dan jamur. Sapo tahu tiga jamur dapat Anda coba sebagai salah satu menu spesial saat isoman. Makanan ini mengombinasikan jamur shiitake, merang, dan shimeji. Jamur dikenal kaya akan vitamin B6, magnesium, kalium, folat, serta antiradang. Proses pembuatannya pun cukup mudah, Anda cukup menumis semua bumbu dan ketiga jamur hingga harum. Kemudian, tambahkan tahu, air, kaldu, madu, kecap, dan tepung maizena. Lalu masak hingga kuah mengental.

5. Puding atau agar-agar yang mudah dibuat

Ladiestory.id

 

Salah satu sajian makanan yang mudah dibuat dan cocok untuk dikonsumsi saat isoman adalah puding. Makanan penutup ini dapat melegakan tenggorokan dan cocok disantap saat nafsu makan berkurang. Agar puding lebih sehat, Anda dapat menambahkan buah-buahan atau jus buah serta tidak menambahkan terlalu banyak gula.

Itulah beberapa ide menu makanan saat isoman yang praktis untuk dibuat di rumah. Pastikan untuk selalu konsumsi makanan sehat dengan asupan gizi seimbang agar daya tahan tubuh meningkat. Selamat mencoba!