5 Rekomendasi Jenis Dan Motif Baju Batik Pilihan Untuk Pasangan Ibu Dan Anak

Rabu, 11 Agustus 2021 | 07:19:00

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

5 Rekomendasi Jenis Dan Motif Baju Batik Pilihan Untuk Pasangan Ibu Dan Anak

Foto: Instagram/bekidsbatik

Dikutip dari wikipedia, batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Daftar Jenis Batik yang Sering Dipakai 

Batik memiliki 3 buah jenis. Diantaranya ada batik tulis, batik cap dan batik lukis. Batik tulis merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan motif batik memakai tangan. Pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

Batik cap merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan motif batik yang dibuat dengan cap (umumnya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini memerlukan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Batik lukis merupakan proses pembuatan batik dengan cara langsung dilukiskan pada kain putih yang tersedia.

Apakah Anda tahu jika batik saat ini tengah booming kembali menjadi tema fashion yang kekinian Batik yang telah ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya UNESCO memang menjadi trend kembali di tanah air. Banyak model baju batik yang sangat modern, kekinian, serta banyak digemari oleh kawula muda.

Sebagai seorang yang sangat mencintai budaya Indonesia, tak ada salahnya jika kami menggunakan batik. Termasuk mengenalkan pada anak-anak untuk mencintai batik semenjak kecil. Berikut adalah jenis dan motif batik yang cocok untuk Ibu dan anak perempuan.

1. Batik Lasem

foto:instagram/cahayabatiklasem
Foto: Instagram/cahayabatiklasem

Untuk Anda yang belum tahu, Lasem merupakan kawasan pecinan di Kota Rembang. Lasem juga dapat dikatakan sebagai “China kecil” sebab memang banyak ditempati oleh masyarakat berketurunan Tionghoa. Motif batik khas Lasem ini pastinya telah dipengaruhi oleh budaya Jawa dan China.

Warna kain dari batik Lasem juga cerah cerah. Warnanya ada yang ungu, hijau, orange, merah, pink, sampai kuning terang. Jika mengenai motif, corak liongnaga dan burung hong dapat menjadi pilihan bagi Anda dan anak perempuanmu.

2. Batik Cirebon

foto:instagram/batiknaira
Foto: Instagram/batiknaira

Batik Cirebon memang lumayan terkenal di Indonesia dan telah banyak digunakan. Warna-warna batik ciri khas Cirebon pun agak cerah dan cocok untuk dikenakan Anda dan anak perempuanmu. Motif yang paling populer yaitu motif layaknya 'awan'. Motif ini cocok dibuat baju untuk anak perempuan.

Terdapat juga motif batik Cirebon lain yang cocok bagi anak perempuan yakni kelompok PangkaanBuketan. Motifnya lumayan ceria sebab memperlihatkan gambar berupa bunga, kelapa, soko Cina, sampai bunga terompet. Satu kain batik pun dapat dihias dengan bunga warna-warni cerah.

3. Batik Pekalongan

foto:instagram/tobo_gallery
Foto: Instagram/tobo_gallery 

Batik khas pesisir memiliki warna yang lebih cerah dan strong ketimbang batik dari pedalaman. Seperti Batik khas Pekalongan. Anda dapat menjumpai kain batik yang memiliki warna biru, hijau, merah, sampai kuning cerah.

Kota Pekalongan memiliki motif batik yang beraneka macam. Terdapat motif klasik semen, motif jlamprang, dan juga motif parang. Menurut kami, jika bagi seorang ibu dan anak-anak ada baiknya pilihlah motif jlamprang sebab warnanya juga lumayan beragam dan cerah.

4. Batik Tuban

foto:instagram/batik.tulis.cantik
Foto: Instagram/batik.tulis.cantik

Batik khas Kota Tuban umunnya disebut “batik gedhog”. Apa arti dari batik gedhog Gedhog sejatinya merupakan hasil bunyi dari alat tenun kain batik (dog, dog, dog). Dari sanalah nama batik Tuban ini lebih terkenal dengan sebutan “gedhog”.

Corak batik yang paling cocok bagi ibu dan anak perempuan selain gedhog yaitu batik karang. Warna dasar kain umumnya putih tulang. Lalu dapat dihias dengan ornamen bunga serta daun berwarna cerah. Jika dibuat menjadi dress pesta anak, pasti hasilnya sangat luar biasa.

Apakah Anda sudah mendapatkan inspirasi dari artikel di atas? Jenis dan motif batik dari seluruh Indonesia memiliki perbedaan namu semuanya tetap memiliki nilai keindahan yang bagus.

Berita Terkait