5 Jenis Kurma Termahal di Dunia, Sudah Pernah Coba?

Selasa, 28 Maret 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Jenis Kurma Termahal Di Dunia, Sudah Pernah Coba?

Ilustrasi makan kurma. (Special)

Ladiestory.id - Kurma menjadi salah satu hidangan yang kerap disajikan saat puasa. Rasanya yang legit dan memiliki banyak kandungan gizi membuat buah satu ini sangat cocok dijadikan sebagai menu buka puasa. Kurma bukan merupakan buah asli Indonesia, buah ini banyak tumbuh di negara-negara timur tengah seperti Arab Saudi, Iran, maupun Irak.

Sekilas bentuk kurma hampir sama. Namun ternyata, ada lebih dari tiga ribu jenis kurma yang ada di dunia. Dari banyaknya jenis kurma tersebut, ada lima jenis kurma yang istimewa dan memiliki harga yang fantastis bahkan bisa mencapai Rp400 ribu per kg.

Berikut ini lima jenis kurma termahal di dunia yang telah dirangkum Ladiestory.Id.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa, salah satu jenis kurma termahal. (Special)

 

Jenis kurma yang pertama yang memiliki harga paling mahal adalah kurma Ajwa. Kurma ini memiliki keistimewaan karena pernah disebut secara khusus oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits. Kurma Ajwa diyakini dapat menghindarkan seseorang dari sihir dan marabahaya. 

Jenis kurma ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut. Sehingga tak heran banyak orang yang menyukai jenis kurma ini. Karena memiliki rasa yang istimewa dan manfaatnya tersebut, kurma ini dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu menembus 100 riyal atau sekitar Rp408 ribu per kilogram. 

Kurma Medjool

Kurma Medjool, salah satu jenis kurma termahal. (Special)

 

Jenis kurma selanjutnya yang memiliki harga cukup mahal yaitu kurma Medjool. Kurma ini disebut juga sebagai "ratunya kurma". Kurma ini memiliki ukuran yang besar, manis, dan bertekstur lembut. Bahkan tingkat kemanisan kurma Medjool ini di atas rata-rata sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kurma Medjool kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan smoothies. Selain lezat, kurma ini juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kamu bisa membeli jenis kurma ini dengan harga kisaran 70 riyal atau Rp286,2 ribu per kilogram. 

Kurma Amber

Kurma Amber, salah satu jenis kurma termahal. (Special)

 

Kurma Amber juga tergolong jenis kurma yang memiliki harga fantastis. Kurma ini dijual dengan harga sekitar 50 riyal atau Rp204,4 ribu per kilogram. Harga yang tergolong mahal tersebut sebanding dengan kualitas yang dimiliki oleh jenis kurma satu ini. 

Kurma Amber memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang besar dengan biji yang kecil. Sehingga daging buahnya sangat banyak dan bertekstur lembut. Sehingga tak heran banyak orang yang menyukai jenis kurma ini. 

Kurma Barhi

Kurma barhi, alah satu jenis kurma termahal. (Special)

 

Jika dibandingkan dengan jenis kurma Ajwa, Medjool, maupun Amber, kurma Barhi memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Kurma yang dibanderol dengan harga 50 riyal atau sekitar Rp204 ribu per kilogramnya ini berwarna kuning dan menyerupai duku. Selain itu, jika kebanyakan jenis kurma memiliki tekstur yang lembut, kurma Barhi memiliki tekstur yang renyah dan rasanya menyerupai gula merah atau karamel.

Selain rasanya yang lezat dan unik, kurma Barhi juga diketahui memiliki beragam kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Seperti misalnya serat, zat besi, potasium, vitamin B, dan anti oksidan. 

Kurma Sukari

Kurma sukari, salah satu jenis kurma termahal. (Special)

 

Jenis kurma terakhir yang memiliki harga termahal di dunia adalah kurma Sukari. Jenis kurma ini memiliki ciri khas yaitu tekstur yang renyah serta citarasa manis. Kurma Sukari kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan topping, untuk isian kue, atau bahkan jus.

Cita rasa yang manis dan lezat membuat banyak orang menyukai jenis kurma ini. Untuk mendapatkan kurma Sukari dengan kualitas terbaik, kamu perlu merogoh kocek sekitar 80 Riyal atau Rp306 per kilogram.