Jadikan Kulit Makin Kering, 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari

Minggu, 20 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jadikan Kulit Makin Kering, 5 Kebiasaan Yang Harus Dihindari

Kebiasaan Jadikan Kulit Makin Kering (Special)

Ladiestory.id - Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit memanglah hal yang harus Kamu lakukan. Tetapi, ada beberapa kebiasaan salah dimana mungkin Kamu sering lakukan, padahal Kamu bermaksud untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit.

Alih-alih menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, kebiasaan yang sering Kamu lakukan itu malah tidak ada pengaruhnya apapun pada kulit. Selain itu, kebiasaan salah tersebut bisa jadi membuat kulit tubuhmu bermasalah.

Beberapa contoh masalah yang sering dialami dari kebiasaan salah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit yaitu menjadikan kulit kering, iritasi, bahkan keriput.

Untuk itu, Kamu perlu hati-hati melakukan kebiasaan dalam menjaga kebersihan dan Kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan seperti yang dirangkum oleh Ladiestory.id berikut ini.

Mandi Terlalu Lama

Kebiasaan Jadikan Kulit Makin Kering (Special)

Kamu pasti pernah mengalami tangan yang terlihat seperti keriput saat berada di dalam kamar mandi. Apakah Kamu tahu, jika tanganmu mengalami keriput seperti itu, bisa terjadi karena Kamu terlalu lama mandi atau bermain air.

Selain dapat membuat tangan mengeriput, ternyata terlalu lama merendam tubuh di air juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Usahakan ketika Kamu mandi, durasi paling lama digunakan saat terkena air hanya 5-10 menit.

Pemikiran mandi dengan durasi lebih lama akan membuat kulit tambah bersih dan sehat tentunya salah besar. Untuk itu, jika Kamu memiliki kebiasaan tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang mandilah dengan durasi yang benar untuk mencegah kulit menjadi kering.

Mandi Menggunakan Air Panas

Kebiasaan Jadikan Kulit Makin Kering (Special)

Biasanya, ketika sedang musim dingin, mandi menggunakan air panas akan membuat Kamu menjadi lebih rileks. Tetapi, jika kebiasaan seperti ini sering Kamu lakukan, maka akan berdampak pada kesehatan kulit.

Menggunakan air dengan suhu yang tinggi untuk mandi dapat mengakibatkan pengikisan produksi minyak dalam kulit. Maka dari itu, usahakan untuk mandi sebelum matahari terbenam (Malam) dan menggunakan air dengan suhu normal saja agar kulit tidak menjadi kering.

Malas Mengonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Kebiasaan Jadikan Kulit Makin Kering (Special)

Sayur memang terkenal dengan manfaat dan khasiatnya yang banyak. Dengan mengonsumsi sayur, maka tubuh akan lebih sehat dan bugar. Tetapi biasanya ada beberapa orang yang tidak terlalu suka dalam mengonsumsi sayur, sehingga menjadikan tubuh terlihat layu dan lemas.

Hal itu karena makanan atau minuman yang biasa Kamu konsumsi dapat memengaruhi kesehatan tubuh, khususnya kulit. Nah, supaya kulit Kamu selalu terjaga kelembabannya, makanlah sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan, seperti bayam, anggur, stroberi, brokoli, dan jeruk.

Malas Menggunakan Sunscreen

Kebiasaan Jadikan Kulit Makin Kering (Special)

Sunscreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang biasa digunakan pada tubuh. Sunscreen sendiri berfungsi sebagai produk yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan UVB.

Efek dari paparan sinar matahari dan UVB sendiri sangatlah berbahaya, seperti muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Jika Kamu menggunakan sunscreen, maka dipastikan hal itu akan melindungi kulit wajah Kamu dari paparan sinar matahari dan UVB.

Sinar matahari dan UVB merupakan hal yang akan mengakibatkan kerusakan pada kulit, seperti hiperpigmentasi, keriput, hingga kulit yang menjadi lebih kering. Mulai sekarang, gunakan sunscreen secara rutin ya, jangan malas!

Menggunakan Produk yang Memiliki Kandungan Parfum di Dalamnya

Kebiasaan Jadikan Kulit Makin Kering (Special)

Skincare sendiri memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kulit wajah, tetapi ada kandungan yang menang harus dihindari supaya kulit wajah tetap sehat dan tidak bermasalah.

Pada dasarnya jika Kamu kebiasaan menggunakan skincare dengan kandungan parfum, maka kulit wajah Kamu akan menjadi lebih kering seiring berjalannya waktu. Kandungan parfum ini nantinya akan mengikis kelembapan alami pada kulit. Dengan begitu, hindari kebiasaan penggunaan skincare dengan kandungan parfum.