7 Alasan Mandi Air Panas Setiap Hari Bukan Pilihan yang Tepat

Kamis, 17 Februari 2022 | 17:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

7 Alasan Mandi Air Panas Setiap Hari Bukan Pilihan Yang Tepat

Ilustrasi Mandi Air Hangat. (Special)

Ladiestory.id - Mandi air panas memang memberikan kenikmatan tersendiri terlebih setelah hari yang panjang dan penuh kesibukkan. Kamu akan mengalami tingkat kenyamanan dan kesenangan baru ketika merasakan kehangatan air merembes ke kulit.

Jika Kamu senang mandi air hangat, disarankan agar air mandi dipanaskan hingga suhu 112 derajat Fahrenheit, yaitu sekitar 44 derajat Celcius. Meskipun mungkin tampak hangat bagi sebagian orang, ini adalah air "panas" yang ideal untuk mandi. Jika Kamu tidak memiliki termometer, Kamu dapat mencelupkan tanganmu ke dalam air dan merasakan apakah itu nyaman, sangat panas, atau sangat dingin. Selama merasa nyaman dan hangat, Kamu bisa mandi menggunakan air tersebut.

Sayangnya, mandi air panas setiap hari bukanlah pilihan yang tepat. Berikut tujuh alasannya yang Ladiestory.id rangkum dari BoldSky.

Sebabkan Kulit Kering

Ilustrasi kulit kering. (Special)

 

Di musim dingin, mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering karena hilangnya kelembapan dari kulit. Selain itu, jika Kamu memiliki kulit sensitif, lebih baik tidak mandi air panas karena dapat menyebabkan ruam dan alergi lainnya.

Sebabkan Kulit Keriput

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

 

Kamu sudah menggunakan skincare pencegah penuaan dini, namun masih sering mandi air panas? Pikirkan lagi! Mandi air panas secara teratur dapat menyebabkan kulitmu terlihat keriput terlalu cepat, karena dapat mempercepat proses penuaan.

Sebabkan Rambut Rontok

Ilustrasi rambut rontok. (Special)

 

Ketika pikiranmu penat, mengguyur kepala dengan air panas terasa begitu nyaman, bukan? Namun secara teratur menuangkan air panas ke kepalamu dapat merusak akar rambut dan mengakibatkan kerontokan rambut yang berlebihan.

Sebabkan Pori-pori Membesar

Ilustrasi pori-pori wajah. (Special)

 

Uap dari air panas dapat membuka pori-pori kulitmu dan membuatnya tampak lebih besar dari yang sebenarnya. Ketika pori-pori membesar, mereka lebih rentan untuk mengumpulkan sel-sel mati, sebum, kotoran, dan kotoran lainnya, yang dapat menyebabkan jerawat.

Tingkatkan Tekanan Darah

Ilustrasi memeriksa tekanan darah. (Special)

 Orang dengan penyakit kardiovaskular yang sudah ada sebelumnya, seperti hipertensi, harus menghindari mandi air hangat. Panas dari air dapat meningkatkan sirkulasi darah tubuh, yang dapat memperburuk tekanan darah tinggi.

Bikin Malas

Ilustrasi perempuan malas. (Special)

 

Ketika Kamu mandi air panas, maka akan merasa sangat santai sehingga ingin segera tidur setelah meninggalkan kamar mandi. Akibatnya, mandi pagimu tidak akan membantumu untuk menghadapi hari. Kemungkinan besar akan membuatmu menjadi lebih lamban. Oleh karena itu, mandi air dingin bisa membantu Kamu bangun begitu saja.

Pengaruhi Kesuburan

Ilustrasi melakukan hubungan intim saat kehamilan. (Special)

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air hangat selama lebih dari 30 menit per hari dapat memiliki efek buruk pada produksi sperma, terutama bagi pria. Mereka yang menderita masalah infertilitas disarankan oleh dokter untuk mandi air dingin. Oleh karena itu mandi air hangat bukan ide yang baik.