5 Kebiasaan Untuk Hidup Lebih Sehat di Tahun Baru, Yuk Coba!

Sabtu, 17 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Kebiasaan Untuk Hidup Lebih Sehat Di Tahun Baru, Yuk Coba!

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Tahun baru identik dengan resolusi baru, hampir tiap orang bisa saja telah menetapkan resolusi baru, memikirkan kembali prioritas, dan menentukan tujuan baru dalam hidup, termasuk dalam hal kesehatan. 

Untuk hidup yang lebih sehat di tahun yang baru ini, penting untuk menetapkan tujuan yang  tepat, sederhana, dapat dicapai, dan berkelanjutan. 

Melansir Times of India, berikut 5 tips untuk membangun pola hidup sehat.

Pilih Makanan Padat Nutrisi

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Untuk hidup yang lebih sehat, janganlah memilih diet ketat atau menghindari kelompok makanan tertentu yang akan menyebabkan kekurangan nutrisi dalam jangka panjang. Pilihlah makanan utuh dan alami yang akan memberikan nutrisi yang akan dibutuhkan untuk tubuh.

Gabungkan buah-buahan dan sayuran berwarna, biji-bijian, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Hindari makanan yang terlalu diproses dan padat kalori yang tidak memiliki nilai gizi.

Aktif Bergerak

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Menjadi aktif berarti melakukan aktivitas atau olahraga yang benar-benar disukai. Idealnya seseorang dianjurkan setidaknya berolahraga 3 hingga 5 kali dalam satu minggu. Tak perlu dilakukan dengan olahraga yang cukup berat, mulailah dengan berjalan kaki di taman, menari mengikuti irama lagu favorit, atau melakukan aktivitas yoga harian.

Latihan fisik teratur dapat membantu meningkatkan energi, stamina, dan suasana hati. Tak hanya itu, tetap bergerak aktif juga akan membantu mencegah gangguan metabolisme serta pengelolaan berat badan.

Rutin Minum Air Putih

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Minum lebih banyak air putih merupakan tip sederhana dan ampuh untuk menuju tubuh yang lebih sehat. Air putih merupakan minuman paling sehat dan alami yang aman bagi tubuh.

Minum air yang cukup dapat memastikan darah mampu membawa banyak oksigen ke seluruh sel tubuh, mengeluarkan racun, menjaga kekebalan tubuh dan menjaga tingkat energi tetap tinggi.

Perbaiki Kualitas Tidur

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Tidur yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat yang memiliki manfaat jangka panjang bagi tubuh seseorang. Kurang tidur dapat berdampak pada fungsi kognitif, penurunan produktivitas serta penyimpanan lemak dan penambahan berat badan.

Matikan gadget dan perangkat elektronik lainnya untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dengan mendengarkan musik santai, membaca buku, atau meminum teh herbal hangat atau susu.

Perhatikan Kesehatan Mental

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Mental tentunya sangat memengaruhi kesehatan seseorang, namun terkadang masih banyak orang yang masih menyepelekan kesehatan mental. Usahakanlah untuk mengurangi stres dan temukanlah aktivitas-aktivitas yang mampu melepas penat, seperti membaca buku, istirahat cukup, atau menghabiskan waktu di alam.