5 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terbaik

Selasa, 22 Agustus 2023 | 08:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terbaik

Ilustrasi Tekanan Darah Tinggi. (iStock)

Ladiestory.id - Tekanan darah tinggi menjadi salah satu masalah yang banyak dialami masyarakat Indonesia. Nah, ternyata ada sederet makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang bisa kamu coba Ladies!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang menjadi pemicu masalah jantung. Melansir dari Healthline.com, diketahui lebih dari 1 miliar orang di dunia mengalami permasalahan ini. 

Adapun faktor penyebabnya beragam. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga makanan yang dikonsumsi. Selain mengkonsumsi obat-obatan, kamu juga perlu mulai mengkonsumsi berbagai makanan sehat. Nah, kali ini telah dirangkum sederet makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang kamu bisa coba. Yuk, simak sampai akhir!

Telur

Ilustrasi Telur. (iStock)

 

Urutan pertanam makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang kamu bisa coba yaitu telur. Bahan makanan yang selalu ada didapur ini dikenal dengan nutrisinya yang padat.

Nah, selain itu telur juga bisa menjadi makanan yang seimbang dalam mengatur tekanan darah. Ketika kamu mengkonsumsinya dengan teratur, maka nutrisi dari bahan satu ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Wortel

Ilustrasi Wortel. (iStock)

 

Makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang kamu bisa coba selanjutnya yaitu wortel. Sayuran yang memiliki warna khas oranye ini memiliki rasa yang manis. 

Selain itu, wortel kerap dikenal sebagai sumber vitamin yang baik bagi mata. Namun, tak banyak yang tau manfaatnya bagi tekanan darah tinggi. Padahal, terdapat kandungan senyawa di dalamnya yang membantu mengontrol tekanan darah. Bahkan, diketahui wortel mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 10% dari setiap 100 gram wortel yang dikonsumsi. 

Ikan salmon

Ilustrasi Ikan Salmon. (iStock)

 

Makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang kamu bisa coba berikutnya adalah ikan salmon maupun jenis ikan yang berlemak lainnya. Bahan makanan satu ini merupakan sumber omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung.

Lemak sehat satu ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah terjadinya peradangan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam porsi kurang lebih 4 ons untuk sekali makan. 

Tak hanya bagi pemilik tekanan darah tinggi pada usia lanjut. Ikan salmon juga bisa dikonsumsi bagi usia muda yang membantu untuk mengontrol tekanan darah sehingga terhindar dari risiko masalah penyakit hipertensi maupun jantung dan diabetes. 

Kacang dan Biji-bijian

Ilustrasi Kacang dan Biji-bijian. (iStock)

 

Siapa sangka, kacang maupun biji-bijian ternyata menjadi salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang kamu bisa coba. Adapun beberapa jenis yang bisa kamu konsumsi seperti chia seed, biji labu, kacang almond, hingga kacang kenari. 

Diekatahui dengan mengkonsumsinya secara rutin kamu bisa membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, bahan alami satu ini juga menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, terdapat kandungan asam amino dan serat di dalamnya.

Nah, kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun mencampurkannya ke dalam makananmu. Pastikan kamu menggunakan kacang atau biji yang segar supaya manfaatnya lebih maksimal, ya.

Yoghurt

Ilustrasi Yoghurt. (iStock)

 

Makanan penurun tekanan darah tinggi terbaik yang kamu bisa coba pada urutan terakhir adalah Yoghurt. Salah satu produk olahan susu ini memiliki nutrisi yang beragam. Mulai dari kalium hingga kalsium. 

Nah, dengan mengkonsumsinya secara rutin. Kamu tak hanya mendapatkan manfaat pencernaan yang menjadi lancar. Namun, juga turut membuat tekanan darah menjadi lebih mudah dikontrol. Cukup dengan mengkonsumsinya satu cangkir per hari. Kamu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan perlahan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menarik bukan?