5 Makanan Sehat Agar Awet Muda, Minat Mencoba?

Selasa, 4 April 2023 | 21:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Makanan Sehat Agar Awet Muda, Minat Mencoba?

Ilustrasi perempuan sehat. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki kulit yang sehat tentunya menjadi impian semua orang. Namun, kondisi tersebut tentunya dipengaruhi oleh makanan sehat agar awet muda dan anti keriput. Terutama kulit wajah yang selalu menjadi bagian utama dalam setiap penampilan.

Melansir dari Healthline, menjaga pola makanan dengan mengkonsumsi bahan sega yang penuh antioksidan, air, lemak sehat hingga nutrisi penting lainnya akan membuat tubuh meresponnya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penampilan di kulit.

Nah, bagi kamu yang penasaran. Apa saja makanan sehat agar awet muda yang bisa kamu coba? Yuk, simak lima daftanya berikut ini.

Telur

Ilustrasi telur. (Special)

 

Makanan sehat agar awet muda yang pertama yaitu telur. Bahan makanan satu ini tentunya sudah tak asing lagi, bukan? Kandungan proteinnya yang tinggi mampu menjaga metabolisme tubuh serta meningkatkan kesehatan otot. 

Telur juga diketahui efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan otot. Sebab, ketika seseorang mengalami gangguan pada otot. Maka, akan timbul berbagai gangguan yang menghambat kegiatan maupun aktivitas sehari-hari.

Disarankan untuk mengkonsumsi telur dalam bentuk direbus maupun dikukus. Hindari untuk mengkonsumsinya dengan cara digoreng menggunakan minyak yang terlalu banyak.

Wortel

Ilustrasi wortel. (Special)

 

Makanan sehat agar awet muda selanjutnya adalah wortel. Sayuran berwarna orange ini dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, disisi lain kandungan beta karotennya juga ampuh dalam menjaga kesehatan kulit.

Sebagai informasi, beta karoten merupakan prekursor vitamin A yang efektif membuat kulit selalu awet muda. Beta karoten juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh yang setara dengan berjemur dibawah matahari. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya mampu menunda penuaan dini. 

Kamu dapat mengkonsumsi wortel dalam bentuk smoothies atau dicampurkan ke dalam sup sayuran. Sehingga, manfaat yang didapatkan mampu terasa secara maksimal.

Susu

Susu (Special)

 

Mengkonsumsi susu secara rutin juga dapat membantumu untuk selalu awet muda, lho. Sebab, seseorang yang mengkonsumsi susu sebanyak tiga hingga empat gelas dalam seminggu dapat menjaga kesehatan tubuh hingga meningkatkan kekuatan tulang.

Kandungan dalam susu seperti vitamin D, protein hingga kalsiumnya sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh. Kalsium sendiri merupakan jenis mineral yang sangat penting untuk mendukung kehidupan manusia. Sebab, jika tubuh kekurangan kalsium maka akan memicu berbagai kondisi yang berbahaya. 

Selain itu, kandungan vitamin D dalam susu sangat baik untuk membantu penyerapan fosfor serta kalsium dalam tubuh yang bermanfaat untuk kekuatan tulang serta gigi.

Alpukat

Ilustrasi alpukat. (Special)

 

Bagi kamu yang menyukai alpukat sebagai buah favorit. Ternyata, buah satu ini juga masuk sebagai makanan sehat agar awet muda lho. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk mencegah kerutan, melembabkan kulit hingga melindungi berbagai bahaya dari sinar matahari. 

Nah, untuk mengkonsumsinya kamu dapat memilih alpukat yang masih segar dan bersih. Mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan smoothie dapat membantumu mendapat manfaatnya secara maksimal. Kamu juga dapat mencampurkan alpukat sebagai sajian bersama salad maupun telur.

Ikan Berlemak

Ilustrasi ikan salmon. (Special)

 

Makanan sehat agar awet muda pada urutan terakhir adalah ikan berlemak. Kandungan seperti lemak omega-3 diketahui mampu mengurangi hingga mencegah peradangan pada tubuh dan kulit. Beberapa jenis ikan berlemak yang bisa kamu konsumsi seperti sarden, salmon, tuna, hingga mackerel.

Seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak omega-3 sebanyak dua hingga tiga porsi dalam satu minggu dapat membantunya mengurangi kadar kolesterol jahat serta trigliserida. Selain mengkonsumsi jenis ikan seperti yang di atas, kamu juga dapat menggantinya dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan. Namun, kadar manfaatnya yang diberikan tidak sebesar memakan ikan segar tersebut secara langsung.