5 Manfaat Memperbaiki Diri, Mental Jadi Lebih Sehat

Jumat, 20 Agustus 2021 | 05:37:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Manfaat Memperbaiki Diri, Mental Jadi Lebih Sehat

Foto: Ladiestory.id

Memperbaiki diri merupakan suatu proses untuk mendewasakan diri dan proses untuk mengubah kebiasaan yang buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik lagi. Setiap orang menginginkan menjadi pribadi lebih baik dari hari kemarin dan hari esok akan lebih baik dari hari ini.

Manfaat Memperbaiki Diri

Memperbaiki diri salah satunya dengan mengubah kebiasaan yang buruk. Tentu hal ini harus dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Terlebih tidak ada batasan usia ketika kita mau memperbaiki diri sendiri. Tidak hanya berdampak bagi diri sendiri, namun memperbaiki diri akan memberikan efek bagi orang-orang disekitar kita. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk terus belajar memperbaiki dalam berdinamika dengan orang lain.

1. Mencintai Diri Sendiri

Foto: Ladiestory.id

Mencintai diri sendiri merupakan suatu proses yang berlangsung selama kita hidup. Tenang saja, mencintai diri sendiri bukan suatu bakat yang ada sejak lahir. Proses ini dapat dipelajari selama manusia masih hidup. Dengan memperbaiki diri kita akan bertumbuh setiap hari, dan inilah yang akan membangun kepercayaan diri dan harga diri kita.

Beberapa orang memperdebatkan ketika mencintai diri sendiri, mengapa seorang pribadi harus berubah? Sebenarnya memperbaiki diri bukan berarti kita mengubah diri kita.

Hal ini lebih berfokus kepada apa yang penting bagi kita dan mengatasi masalah apapun yang dapat menghentikan kita untuk mencapai potensi tertinggi yang bisa diraih.

Selain itu, ada istilah tentang "kamu harus mencintai dirimu sendiri dahulu sebelum mencintai orang lain". Oleh sebab itu, secara otomatis ketika kita berusaha memperbaiki diri, maka kita dapat mencintai diri sendiri dan juga orang lain.

2. Mental Lebih Sehat

Foto: Ladiestory.id

Memperbaiki diri dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Sebab setiap hari akan lebih mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan kita menangani pikiran dan emosi dengan lebih efektif. Kian hari, kita dapat menjadi seorang yang ahli dalam mengendalikan diri sendiri.

Sebab, seseorang yang tidak mau memperbaiki diri maka dia tidak akan mengenal diri sendiri dengan baik. Tentu akan berpengaruh ke reaksi ketika menghadapi suatu permasalahan. Pada akhirnya akan berujung pada kecemasan dan tingkat stres yang tinggi.

Dengan memperbaiki diri, kita juga akan terbiasa melakukan kegiatan yang baik, maka kebiasaan tersebut akan terbawa dalam kondisi apa pun.

Hal ini akan bermanfaat ketika kita mengalami sebuah masalah baru, maka kita akan lebih mudah mengatasinya. Karena telah terlatih menghadapi segala situasi dengan sikap yang lebih positif dari sebelumnya.

3. Mengatasi kekurangan dan meningkatkan kelebihan

Foto: Ladiestory.id

Memang manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangan, hal itu memang sudah menjadi satu paket. Memperbaiki diri sendiri, akan membuat kita mengenal setiap kelebihan dan kekurangan.

Namun, kita tidak harus menghilangkan kekurangan yang dimiliki, tapi setidaknya mengontrolnya. Setidaknya mengurangi sifat buruk yang menjadi kelemahan kita merupakan indikasi yang baik, jika tidak mampu menghilangkannya.

Lalu bagaimana dengan kelebihan? Kelebihan yang dimiliki jika diasah secara terus menerus akan menjadi kekuatan yang penting bagi diri kita.

4. Gemar belajar untuk meningkatkan diri

Foto: Ladiestory.id

Jika seseorang terus berusaha memperbaiki diri, lama-kelamaan dia akan menjadi pribadi yang mencintai proses belajar yang berkelanjutan. Sebab, dengan belajar akan menunjukkan kekurangan yang dimiliki dan terbuka untuk menerima kritik ataupun saran untuk meningkatkan diri.

5. Memiliki hubungan yang baik dengan orang lain

Foto: Ladiestory.id

Ketika kita berupaya untuk memperbaiki diri, maka secara otomatis kita juga sedang meningkatkan hubungan dengan orang-orang di sekitar. Kita bisa menjadi orang yang dipercaya atau diandalkan.

Sebab orang-orang disekitar akan merespon dan merasakan perubahan diri kita, sehingga dianggap mampu dan bisa melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya.

Inilah 5 manfaat memperbaiki diri. Semangat!

Berita Terkait