Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | 5 TANAMAN HERBAL TERPOPULER DAN KAYA KHASIAT DI INDONESIA

5 Tanaman Herbal Terpopuler dan Kaya Khasiat di Indonesia

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 11 Juni 2021 | 01:58:25
Durasi baca: 2 menit, 42 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Tanaman Herbal Terpopuler dan Kaya Khasiat di Indonesia

Foto: Unsplash/Chinh Le Duc

Sejak dulu, orang-orang di Indonesia sudah akrab dengan berbagai tanaman yang berguna menyembuhkan penyakit. Bahkan sampai sekarang masih banyak orang yang lebih memilih menggunakan tanaman herbal dibanding membeli obat yang sudah jadi.

Hal ini karena obat modern mengandung tambahan bahan kimia yang bisa berakibat buruk untuk ginjal manusia. Selain itu, harga tanaman herbal juga lebih murah dan bisa ditemukan dengan mudah. 

Tanaman obat ada banyak sekali jenisnya, bahkan tanpa Anda sadari mungkin Anda menanamnya di halaman rumah Anda.  Apa saja sih contoh tanaman obat herbal yang populer dan punya banyak manfaat? Berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Inspirasi Dress Kondangan Untuk Orang Gemuk : Tidak Selamanya Warna Hitam

Tanaman Herbal Populer di Indonesia

Ada banyak sekali jenis tanaman herbal, setiap tanaman memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Nah berikut ini adalah beberapa contoh tanaman obat herbal yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia.

      1. Temulawak

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Temulawak sudah dari dulu dikenal sebagai bahan untuk membuat jamu. Bagian temulawak yang paling sering dipakai adalah bagian akar dan dagingnya yang berbentuk lonjong.

Temulawak memiliki banyak manfaat seperti anti radang, mengobati gangguan ginjal, mengatasi sendi kaku dan sakit, menjaga kesehatan hati, mengatasi sistem pencernaan yang terganggu, menguatkan jantung, bahkan bisa mencegah dan mengobati penyakit kanker.

      2. Kumis Kucing

Kumis kucing adalah tanaman herbal yang bisa dengan mudah Anda temui. Daun pada kumis kucing sangat ampuh untuk melancarkan saluran kemih dan mengobati kencing batu. Hal ini karena daun kumis kucing mempunyai sifat diuretik yang bisa meningkatkan produksi urin. 

Tanaman kumis kucing juga memiliki kandungan zat anti radang yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat, rematik, batuk, alergi, diabetes, gangguan ginjal, dan hipertensi. Selain kaya akan manfaat, bentuk tanaman ini juga cantik dan bisa Anda jadikan hiasan di ruangan.

Baca juga: Perangkat Penerjemah Arti Bahasa Arab ke Indonesia


      3. Jahe

Jahe adalah tanaman obat yang terkenal sebagai obat tradisional di Indonesia. Jahe ini berkhasiat menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin, mengatasi mual, masuk angin, gangguan pencernaan dan menyembuhkan batuk.

Untuk perempuan, jahe ini bisa digunakan untuk meredakan nyeri ketika haid. Bukan cuma itu saja, tanaman jahe juga dipercaya bisa mencegah tumbuhnya sel kanker di usus besar. Bahkan beberapa makanan khas di Indonesia menggunakan tanaman ini sebagai bahan.

      4. Kencur

Kencur adalah tanaman herbal yang bentuknya mirip seperti jahe, ini karena jahe dan kencur masih dalam satu keluarga. Khasiat dari kencur sendiri sangat banyak, diantaranya adalah meredakan batuk, flu, diare, sakit kepala, dan radang lambung.

Selain itu kencur juga bisa memperlancar haid untuk wanita, menambah stamina tubuh, dan menambah nafsu makan. Anda bisa mengonsumsi kencur ini secara langsung atau bisa juga dijadikan sebagai jamu.

      5. Lengkuas

Tanaman herbal terpopuler terakhir adalah lengkuas. Lengkuas ini merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak dulu dan memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Dalam lengkuas terkandung vitamin A, vitamin C, zat besi, galangin, flavonoid, serat, dan karbohidrat.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor Terbaik dan Mudah Dirawat

Lengkuas bisa mengurangi rasa nyeri dan juga peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan melawan infeksi. Bahkan tanaman lengkuas ini bermanfaat sebagai anti kanker dan antioksidan.

Nah itulah beberapa contoh tanaman herbal yang populer dan banyak digunakan di Indonesia. Selain tanaman di atas, masih banyak tanaman obat herbal lain yang juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Demikianlah informasi tentang tanaman herbal yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

tanaman obat kesehatan manfaat tanaman obat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health