5 Tanda Pertemanan Toxic yang Harus Kamu Jauhi

Jumat, 5 Agustus 2022 | 12:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

5 Tanda Pertemanan Toxic Yang Harus Kamu Jauhi

Tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi. (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Memiliki banyak teman memang satu hal yang menyenangkan. Apalagi, kalau memiliki lingkungan pertemanan yang satu frekuensi! Bisa-bisa, kamu rela menghabiskan waktu bersama selama satu hari penuh karena terlalu asyik sehingga tidak mengenal waktu.

Pertemanan yang baik akan selalu ada disaat kamu susah, tidak hanya datang disaat kamu senang saja, tapi rela menolong kamu dalam kondisi sesulit apapun. Itu yang dinamakan dengan teman sejati! Walaupun hanya sekadar mendengarkan keluh kesahmu, itu tandanya dia tidak ingin melihat kamu sedih dan sendirian lho.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua teman ada yang seperti itu. Bahkan, saat ini ada sebutan pertemanan yang "toxic". Makna dari istilah pertemanan toxic ini adalah, lingkungan pertemanan yang tidak sehat. Salah satu tandanya, kamu merasa lelah untuk bertemu atau berkumpul dengan lingkungan pertemanan tersebut, bahkan hingga kamu merasakan ketidaknyamanan. Jika kamu seperti itu, sebaiknya jauhi lingkungan pertemanan toxic tersebut! Nah, ini dia tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi!

Sering Melakukan Perkelahian

Tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi. (Special)

Dalam hubungan pertemanan, berkelahi adalah satu hal yang wajar. Tetapi, yang menjadikannya tidak wajar adalah, terlalu sering melakukan perkelahian. Tanda bahwa kamu berada dalam pertemanan toxic adalah, kamu dan temanmu sangat sering berkelahi dan mengulangi masalah yang sama secara terus-terusan.

Tidak Saling Dukung Satu Sama Lain

Tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi. (Pinterest.com)

Teman yang baik pasti selalu memberikan dukungan atas apapun hal yang kamu lakukan. Teman yang baik juga selalu mengapresiasi sekecil apapun usaha yang dilakukan temannya. Jika kamu malah mendapatkan celaan yang berlebihan, sebaiknya kamu menghindar agar kamu tidak merasakan sakit hati atas ucapan sarkas yang bisa kamu terima.

Kamu Tidak Menjadi Apa Adanya

Tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi. (Pinterest.com)

Jika kamu merasa bahwa kamu berbeda, atau kamu tidak menjadi diri sendiri saat berada di satu lingkungan, maka kamu sedang berada dalam pertemanan yang toxic! Dengan siapapun kamu berhubungan, alangkah lebih baik jika kamu menjadi diri sendiri. Jika ada yang perlu diubah pun, berubahlah ke arah yang menjadi lebih baik lagi.

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa tidak ada seorangpun yang berhak merubah dirimu karena yang paling mengenal kamu adalah dirimu sendiri. Maka, jangan mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar apalagi pertemanan toxic.

Berteman tapi Saling Menjatuhkan

 

Tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi. (Special)

Pertemanan yang baik seharusnya meyakinkan kamu bahwa kamu mampu atas apa yang kamu inginkan. Bukan malah menjatuhkan kamu dengan cara bahasa yang tidak sepantasnya. Jika kamu merasa dijatuhkan, bisa jadi kamu sedang ada dalam lingkungan pertemanan toxic lho! Sebaiknya, kamu jauhi hal-hal yang membuat kamu merasa bahwa kamu dijatuhkan bukan didukung.

Tidak Saling Percaya

Tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi. (Special)

Salah satu gunanya berteman dengan baik adalah, menemukan seseorang yang bisa dipercaya dan diajak berkeluh kesah. Kamu bisa dengan nyaman bercerita apapun masalahmu, selain itu kamu juga bisa mengandalkan teman tersebut. Tetapi, jika kamu merasa bahwa lingkungan pertemanan kamu sulit dipercaya dan diandalkan, kamu patut waspada ya!

Nah, itu dia 5 tanda pertemanan toxic yang harus kamu jauhi! Jangan sampai kamu terjebak dalam lingkungan yang membuat kamu tidak nyaman ya. Kamu bisa temukan lingkungan pertemanan yang penuh energi positif! Lingkungan pertemanan yang selalu siap dan selalu ada disaat kamu susah, tidak hanya ada disaat kamu senang saja.

s