5 Tips Anti Bokek untuk Menerima Ajakan Bukber Saat Ramadan

Sabtu, 25 Maret 2023 | 14:54:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Anti Bokek Untuk Menerima Ajakan Bukber Saat Ramadan

Ilustrasi buka puasa bersama. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, memasuki bulan Ramadan biasanya akan ada ajakan untuk mengeluarkan uang bersama teman-teman reuni sekolah, kampus ataupun rekan kerja untuk buka bersama di luar.

Nah, biasanya ajakan untuk bukber ini tidak datang hanya satu kali, bahkan bisa berkali-kali tanpa kamu duga. Tanpa kamu sadari hal ini bisa membuatmu boros dan menguras pengeluaranmu, lho. Supaya keuangan bulananmu selama bulan Ramadan tetap aman terkendali maka kamu bisa mengikuti lima tips anti bokek berikut ini.

Siapkan Bujet Khusus

 

Ilustrasi menyiapkan keuangan. (Special)

Nah, tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan mempersiapkan bujet khusus selama Ramadan dan tidak menggabungkannya dengan kebutuhan ataupun bujet lainnya. Kamu pun bisa membuat daftar pengeluaran agar budgeting mu dapat tersusun dengan baik, usaha

kan untuk tidak melebihi batas maksimal maupun berlebihan untuk mengeluarkan biaya bukber yang besar.

Pertimbangkan Anggaran Bukber

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

 

Supaya keuanganmu tetap terjaga, kamu pun bisa lebih cermat dan hemat untuk memilih ajakan bukber dengan kerabat maupun sahabat-sahabatmu.

Kamu bisa memilah-milah atau mempertimbangkan  anggaran pengeluaran untuk  bukber dari circle pertemananmu kemudian kamu pun bisa menentukan anggaran mana yang akan kamu pilih.

Sebaiknya untuk satu porsi bukber setidaknya kamu bisa menyiapkan bujet maksimal hingga Rp200 ribu, jika lebih dari itu tidak ada salahnya untuk kamu menolaknya, Ladies.

Jangan Terima Semua Undangan Bukber

Ilustrasi perempuan menunggu balasan pesan. (Special)

 

Ladies, selama menjalankan ibadah puasa tentu akan ada banyak sekali undangan bukber yang berdatangan, tak hanya sekali namun bisa berkali-kali dengan alih-alih untuk mengakrabkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi.

Tanpa kamu sadari jika kamu menerima semua undangan yang berdatangan maka kamu pun akan mengeluarkan biaya yang cukup besar juga. Hal ini pun secara perlahan bisa membuatmu boncos.

Nah, supaya lebih bijak, kamu bisa memilih undangan yang datang dan bisa kamu prioritaskan. Kamu pun bisa menyesuaikan target bukber yang datang dari reuni sahabat-sahabatmu dan bisa kamu pertimbangkan.

Jika undangan bukber dirasa kurang memberikan manfaat positif bagi dirimu dan kurang dengan keuanganmu maka tidak perlu kamu paksakan dan kamu pun bisa menolak ajakan tersebut dengan baik, Ladies.

Manfaatkan Promo

Ilustrasi promosi. (Special)

 

Jelang Ramadan biasanya akan banyak sekali promo maupun diskon makanan baik di kafe maupun restoran yang menawarkan promo menarik didalamnya.

Nah, kamu pun bisa memanfaatkan promo murah dan menarik ini  untuk bukber dengan teman-teman. Dengan begitu kamu pun tidak mengeluarkan biaya begitu besar dan bisa menyantap hidangan pilihan apabila kamu bosan menyantap menu buka puasa di rumah. 

Bukber dengan Sistem Potluck

 

Ilustrasi buka puasa. (Special)

 

Ladies, apabila kamu ingin berbuka puasa dengan teman-teman di rumah saja, maka kamu dan teman-temanmu bisa memanfaatkan sistem potluck saat bukber.

Selain bisa berhemat, kamu dan teman-temanmu bisa menentukan hidangan makanan apa saja yang ingin kalian santap untuk berbuka puasa nantinya dengan begitu kalian bisa menentukan jumlah bujet dan makanan yang diinginkan tidak berujung sia-sia.

Apabila keuanganmu tidak memungkinkan, maka kamu dan teman-teman pun bisa patungan untuk membeli makanan berbuka puasa, selain hemat cara ini pun bisa membuat kamu dan teman-temanmu tidak merasa terberatkan.