5 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Vaksinasi Covid-19

Rabu, 23 Juni 2021 | 19:25:28

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Vaksinasi Covid-19

foto:ladiestory.id

Pemerintah mulai memberikan jadwal program vaksinasi karena vaksin COVID-19 telah tiba di Indonesia untuk menekan angka kasus positif COVID-19 yang jumlahnya masih terus meningkat. Bila kamu termasuk dalam salah satu kelompok yang diprioritaskan mendapat vaksin, ada beberapa hal yang agaknya perlu diperhatikan.

Selain penerapan protokol kesehatan, pemberian vaksin pun juga dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan infeksi virus Corona. Pemerintah juga telah memiliki rencana untuk menghadirkan sekitar 400 juta dosis vaksin COVID-19 secara berkala.

Vaksin tersebut rencananya akan diberikan kepada penduduk Indonesia dalam 2 periode. Periode pertama dilakukan pada bulan Januari–April 2021 untuk tenaga kesehatan dan kelompok yang berisiko tinggi, sedangkan periode kedua dilaksanakan mulai dari April 2021 hingga Maret 2022 untuk masyarakat diluar sana secara luas.

Pada minggu vaksin corona ini, setiap orang yang telah mendapatkan giliran diwajibkan untuk langsung datang ke lokasi vaksinasi. Walau begitu, masih banyak orang yang merasa takut dan ragu untuk mendapatkan cara yang paling ampuh dalam mencegah serangan dari virus corona ini. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa tips atau saran sebelum vaksinasi corona dilakukan.

  1. Cukupi kebutuhan nutrisi
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Supaya daya tahan tubuh dapat tetap terjaga, kamu disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral, selama 1 minggu sebelum dan setelah mendapatkan vaksin.

Selain melalui konsumsi makanan bergizi, menjaga kekuatan sistem imun juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi suplemen tambahan. Dengan begini, tubuh dapat menciptakan reaksi kekebalan yang baik terhadap penyakit COVID-19.

  1. Tidur yang cukup
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Beberapa hari sebelum kamu diberikan suntik vaksin COVID-19, usahakan untuk tidak begadang dan cukupi waktu istirahat dengan tidur minimal selama 6-7 jam setiap malamnya.

Jika kamu sulit terlelap, coba praktikkan sleep hygiene, misal dengan mematikan telepon genggam dan peralatan elektronik lainnya paling tidak 1 jam sebelum kamu tidur.

  1. Pastikan kondisi tubuh stabil 30 menit sebelum divaksinasi
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Ahli jantung dr Vito A Damay mengatakan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin 30 menit sebelum divaksinasi. Pastikan tiubuh dan pikiran dalam keadaan setenang mungkin dan disarankan tidak perlu terburu-buru saat menuju pos vaksinasi.

"Seenggaknya dalam kondisi 30 menit sebelumnya Anda di dalam kondisi keadaan tenang, tidak habis melakukan olahraga yang berat kenapa karena Anda akan ditensi salah satunya," ungkapnya.

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Kebiasaan dalam mengonsumsi minuman beralkohol dapat melemahkan daya tahan tubuh. Jika kamu telah dijadwalkan mendapatkan vaksin COVID-19, jauhkan dan hindari minuman beralkohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi hingga sekitar 2 minggu setelahnya.

Hal ini sangat penting dilakukan supaya sistem imun kamu tetap kuat dan dapat menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik untuk mencegah infeksi virus Corona.

  1. Informasikan kondisi kesehatan diri
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Jangan lupa untuk memberi tahukan tahu tenaga medis atau petugas vaksinasi COVID-19 mengenai kondisi kesehatan kamu saat hendak diberi divaksin, seperti:

  • Penyakit tertentu, seperti kelainan darah, penyakit -autoimun, penyakit kardiovaskular, diabetes, HIV, gangguan ginjal, atau penyakit liver
  • Riwayat alergi terhadap vaksin
  • Hamil atau berencana hamil
  • Masa menyusui
  • Demam
  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Hal hal diatas adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebelum mendapatkan vaksin corona. Jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil yang mungkin saja akan memberikan dampak besar. Bila kamu telah mendapatkan giliran vaksin, segerakan dan jangan ditunda-tunda lagi!