6 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Hujan

Senin, 23 Agustus 2021 | 01:25:00

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

6 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Hujan

Foto: Ladiestory.id

Saat musim hujan tiba  seringkali banyak penyakit yang menyerang anggota keluarga. Terlebih  jika ibu mempunyai anak yang berusia 0 - 5 Tahun dimana daya imun tubuh mereka  belum sekuat orang dewasa pada umumnya. Anak usia 0 - 5 Tahun rentan sekali  tertular penyakit tertentu pasca saat musim hujan.

Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat ini Ibu tidak perlu khawatir ya, banyak sekali hal - hal positif yang bisa  Ibu lakukan untuk mencegah agar penyakit di musim hujan ini tidak menular anggota keluarga dirumah. 

Salah satunya dengan memberikan asupan makanan yang bergizi, sehat dan bersih. Berikut ini beberapa  makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

 

1. Bawang Putih

Sumber Foto : Good News From Indonesia

 

Bawang putih di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia serta dapat membantu  mengalahkan infeksi kulit berkat kemampuannya melawan bakteri, virus dan jamur.

 

2. Mengkonsumsi Sup Ayam

Sumber Foto : dara.co.id

 

Manfaat sup ayam bisa dipercaya dapat meredakan flu atau pilek. Dimana sering sekali  pada saat musim hujan si kecil terserang flu yang membuat si kecil tidak merasa nyaman. Sup ayam di percaya kaya akan nutrisi yang baik dimana nutrisi tersebut bisa meredakan flu. Menurut  beberapa penelitian, sup ayam juga memiliki segudang manfaat yang ampuh seperti menghangatkan tubuh, mengurangi peradangan,  melegakan tenggorokan serta memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

 

3. Mengkonsumsi Brokoli

Sumber Foto : alodokter.com

 

Banyak sekali nutrisi yang di dapat jika si kecil mengonsumsi brokoli. Kandungan gizi yang terdapat pada brokoli kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan serat. 

Terdapat kandungan vitamin yang lengkap pada brokoli seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, dan K. Itu sebabnya  brokoli di percaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh,  brokoli juga dapat menyehatkan kulit karena di dalam brokoli juga terdapat kandungan anti oksidan dan yang terpenting  kandungan gizi pada brokoli dapat meningkatkan kesehatan jantung juga.

4. Mengkonsumsi Semangka

Sumber Foto : palu.tribunnews.com

 

Salah satu buah favorit si kecil ternyata semangka mempunyai segudang manfaat untuk  meningkatan daya tahan tubuh si kecil. Semangka mempunyai kandungan air yang banyak  yang dapat menyegarkan tenggorokan saat suhu tubuh mulai meningkat.

Semangka kaya likopen sebagai anti oksidan kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.

Dalam 152 gram semangka akan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 20,4 persen, kebutuhan vitamin A 17,2 persen, potasium 7,8 persen dan magnesium 3,8 persen. Kabar baiknya, manfaat  semangka sangat baik karena buah ini sangat rendah akan kalori.

 

5. Mengkonsumsi Bayam

Sumber Foto : makasar.tribunnews.com

 

Di dalam film Popeye, bayam menjadi makanan kesukaan Popeye dimana jika si Popeye  memakan bayam kekuatan Popeye semakin bertambah. Sebenarnya apa saja si kandungan yang terdapat  pada bayam, sehingga dipercaya dapat meningkatkan imun si kecil ? Menurut Kementerian Kesehatan RI pada bayam hijau yang masih mentah, terdapat berbagai vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin B1 dan B2, Niacin, Beta-Karoten, hingga vitamin C.

Tidak hanya itu, kandungan energi dan air di dalamnya pun cukup tinggi, sehingga membuat bayam menjadi sayuran yang bergizi. Manfaat lain dari bayam adalah baik untuk penglihatan, selain itu bayam juga di percaya dapat mencegah kanker karena kandungan kandungan klorofil yang ada di bayam. Klorofil efektif berperan sebagai penahan efek karsinogenik dari amina heterosilik, seperti yang ditampilkan melalui percobaan hewan.

 

6. Mengkonsumsi Ubi Jalar 

Sumber Foto : Hello Sehat

 

Ubi jalar ternyata mengandung banyak vitamin A, yang baik untuk kesehatan sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar juga menyediakan 37 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Ubi jalar ukuran sedang yang sudah dipanggang hanya memiliki 105 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Ubi jalar juga mengandung serat dan hampir tidak mengandung lemak. Pada masa pertumbuhan si kecil yang paling utama adalah sistem kekebalan si kecil  tubuh si kecil belum terbentuk secara sempurna seperti orang dewasa.

Sehingga disinilah peran sebagai orang tua untuk memberikan aneka makanan yang bisa meningkatkan kekebalan dalam tubuh si kecil. Semoga bermanfaat ya.

Berita Terkait