6 Manfaat Family Time Bagi Pertumbuhan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Selasa, 25 April 2023 | 07:57:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Manfaat Family Time Bagi Pertumbuhan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Ilustrasi Family Time. (Special)

Ladiestory.id - Family time atau berkumpul bersama keluarga sering dianggap sebagai momen yang tepat untuk dilakukan saat hari raya Idul Fitri. Apalagi, ketika bulan syawal sangat baik melakukan kegiatan silaturahmi. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui manfaat family time bagi pertumbuhan anak.

Padahal, family time tak hanya seputar berkumpul dan mempererat silaturahmi. Namun, juga bisa membantu menjaga kesehatan mental sang buah hati.

Hal ini pun senada dengan penelitian dari PLOS ONE yang menemukan bahwa seseorang akan memiliki tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan yang lebih baik dari kekuaran lingkaran sosial yang kuat. Tentunya, ini pun menunjukkan pentingnya family time bagi kesehatan fisik maupun psikis.

Lalu apa saja ya manfaat family time bagi pertumbuhan anak? Yuk, simak enam daftarnya berikut ini.

1. Meningkatkan Kualitas Mental Anak

Ilustrasi Family Time. (Special)

Manfaat family time bagi pertumbuhan anak yang pertama adalah meningkatkan kualitas mental. Ketika melakukan kumpul keluarga anak secara tidak langsung melatih cara berkomunikasi secara langsung dengan bertatap muka.

Komunikasi inilah yang selanjutnya memberikan adanya efek berkurangnya depresi, kecemasan maupun anxiety. Hadirnya sanak saudara secara fisik pun menciptakan hubungan emosional yang kuat dan mendukung anak untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh. Anak-anak menjadi individu yang lebih berprestasi dan memiliki tingkat kepedulian terhadap sesama yang baik.

2. Memperkuat Rasa Percaya Diri

Ilustrasi Family Time. (Special)

Siapa sangka, family time ternyata memberikan manfaat untuk memperkuat rasa percaya diri pada anak. Hal ini dikarenakan momen berkumpul dengan sanak saudara mampu menjadi wadah bagi anak melatih komunikasi serta keterampilan dalam memecahkan masalah. 

Anak juga belajar cara mencintai diri sendiri serta belajar menghargai orang lain. Tentunya, hal ini sangat baik dalam mendukung pertumbuhan anak secara psikis.

3. Menghindari Masalah Perilaku pada Anak

Ilustrasi Family Time. (Special)

Anak-anak yang memiliki waktu family time lebih banyak diketahui terhindar dari masalah perilaku. Misalnya, melakukan kekerasan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Sebab, ketika family time dipenuhi dengan hal yang positif dan contoh perilaku yang baik dari lingkungan sekitar. 

Melihat itupun anak memiliki keinginan untuk melanjutkan pola sehat tersebut di kehidupan sehari-hari. Family time dengan melakukan kegiatan aktivitas positif dapat memberikan pelampiasan emosi yang terpendam.

Sehingga, anak menjadi lebih mampu mengekspresikan diri dan terhindar keputusaan.Anak juga menjadi lebih mampu mengatasi masalah yang dihadapi dengan membuat keputusan yang positif dan tepat.

4. Mengurangi Resiko Stress

Ilustrasi Family Time. (Special)

Manfaat family time bagi pertumbuhan anak selanjutnya adalah mengurangi resiko stress. Sebab, ketika berkumpul keluarga anak mencari mekanisme yang sehat untuk mengatasi perasaan stress. Misal, melalui  mencurahkan isi hati kepada keluarga maupun teman.

Anak juga terbiasa untuk memiliki kemampuan dalam membicarakan masalah dalam rangka mengatasi stress seta menemukan solusi yang tepat. Stres sendiri merupakan kondisi yang dapat mengganggu kesehatan fisik seperti tekanan darah, jantung hingga kelelahan. 

5. Membantu Belajar Adaptasi

Ilustrasi Family Time. (Special)

Family time juga dapat memberikan manfaat untuk anak belajar adaptasi. Seiring bertambahnya usia tentunya akan terjadi banyak perubahan dan tantangan hidup.

Oleh karenanya,dengan membiasakan anak berada dalam lingkungan pertemuan keluarga yang positif. Ia dapat memiliki perasaan memiliki keluarga, diperhatikan, dibutuhkan hingga memiliki makna dan tujuan dalam hidup. Sehingga, anak menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk sealu tumbuh dan bekrmebang.

6. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Secara Fisik

Ilustrasi Family Time. (Special)

Manfaat family time yang terakhir adalah meningkatkan kesehatan fisik. Seringkali, acara kumpul keluarga akan diisi dengan agenda makan bersama. Kegiatan semacam ini lah yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan anak.

Selain itu juga, family time dapat diisi dengan kegiatan berkebun, memasak bersama, olahraga hingga bermain bersama. Sehingga terdapat efek kesehatan pada kualitas jantung, hormonal, otak hingga kekebalan tubuh si buah hati.

Itulah tadi enam manfaat family time bagi pertumbuhan anak yang wajib kamu tahu. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu ya. Selamat mencoba dan happy holiday, Ladies! (*)