6 Tips Ampuh Atasi Rasa Malas Saat Bangun Sahur, Coba Yuk!

Rabu, 29 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Ampuh Atasi Rasa Malas Saat Bangun Sahur, Coba Yuk!

Ilustrasi sahur. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, saat menjalankan ibadah puasa tentu tubuh kerap mengalami rasa lelah hingga rasa malas, apalagi untuk bangun lebih awal untuk makan sahur. Biasanya kebanyakan orang akan merasa kantuk yang berlebihan sehingga membuat seseorang menjadi telat sahur alhasil kondisi tubuh mudah lemas apabila tidak terisi nutrisi saat sahur.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini enam tips ampuh untuk mengatasi rasa malas saat bangun sahur yang telah Ladiestory.id rangkum.

Tidur Lebih Awal

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Ladies, tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas saat sahur ialah dengan tidur lebih awal. Yup, selama menjalankan  ibadah puasa tentunya kamu harus menerapkan kualitas tidur yang seimbang dengan menjalankan ibadah selama Ramadan.

Kualitas tidur yang ideal untuk menjaga tubuh tetap bugar ialah dengan tidur selama 8 jam sehari. Nah, kamu pun bisa tidur lebih awal dan menghindari kebiasaan begadang dimalam hari untuk mencegah rasa kantuk yang berlebihan dan kamu tidak telat untuk menjalani ibadah sahur.

Hindari Konsumsi Kafein

Ilustrasi minuman berkafein. (Special)

 

Ladies, sebaiknya saat menjalankan ibadah puasa kamu dapat mengurangi intensitas untuk mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein yang cukup tinggi. Hal ini dapat membuat tubuhmu terjaga bahkan kamu menjadi sulit tidur sehingga kamu pun bisa telat bangun sahur.

Biasanya seseorang akan banyak mengonsumsi teh maupun kopi saat malam hari ketika sahur, kamu pun dapat mengurangi jumlah takaran harian saat mengonsumsi kafein selama bulan Ramadan.

Nyalakan Alarm

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

 

Ladies, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menyalakan alarm sahur. Cara ini bisa digunakan sebagai alternatif penolong bagi dirimu yang susah bangun dini hari. Kamu bisa men-setting alarm lebih awal dari biasanya agar kamu tidak telat bangun dan kesiangan. Misalnya kamu dapat menyalakan alarm 20 atau 30 menit lebih awal saat sahur.

Cuci Muka Saat Sahur

Ilustrasi cuci muka. (Special)

 

Rasa kantuk yang sangat luar biasa karena tidak biasa untuk makan dan minum dini hari dapat menyebabkan seseorang menjadi malas dan mudah merasa kelelahan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu pun dapat bergegas mencuci muka untuk menyegarkan wajah dan terhindar dari rasa kantuk. Cara ini pun ampuh dilakukan agar terhindar dari rasa malas untuk menjalankan ibadah sahur.

Olahraga Ringan

Ilustrasi perempuan olahraga. (Special)

 

Ladies, ketika waktu sahur tiba tidak ada salahnya kamu melakukan olahraga ringan terlebih dahulu untuk menghindarkan diri dari rasa kantuk dan malas. Hal ini akan membuat kondisi tubuhmu lebih fit dan bugar serta dapat membuat mata lebih melek. Selain itu, otot-otot tubuh pun ikut merasa lebih kuat. Apabila kamu malas beranjak dari tempat tidur, maka kamu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan seperti stretching, melakukan peregangan otot, hamstring stretch dan masih banyak lainnya.

Konsumsi Air Putih

Ilustrasi air putih. (Special)

 

Saat bangun tidur maka kamu harus membuat tubuhmu menjadi lebih segar, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas saat sahur ialah dengan langsung mengonsumsi air putih. Kamu bisa menyediakan air putih didalam kamar apabila kamu merasa malas untuk beranjak pergi ke dapur.

Air putih dapat membantumu untuk terhindar dari dehidrasi dan cairan tubuh pun akan tetap terpenuhi. Apabila tubuh kekurangan cairan selama menjalankan ibadah puasa maka tubuhmu akan lebih mudah lelah dan lemas.