7 Buah Dengan Kulit Keras Dan Cara Mengupasnya

Sunday, 18 Jul | 20:47:15

LS Health

Penulis : LS Health

7 Buah Dengan Kulit Keras Dan Cara Mengupasnya

Foto: Pixabay/Instagramfotografin

Sempat menjadi sesuatu hal yang viral dan banyak dibicarakan oleh warganet. Video yang memperlihatkan salah satu selebritis, Nia Ramadhani tidak membuka buah salak.

Buah-buahan dibedakan menjadi dua macam menurut jenis kulitnya. Ada buah yang kulitnya bisa di makan dan ada kulit dengan tekstur yang keras. Bahkan memang terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa mengupas kulit keras pada buah.

Ada beberapa jenis buah yang memiliki kulit dengan tekstur keras sehingga agak sulit dikupas kulitnya. Setelah mengetahui, pastikan kita mengerti cara dan berhati-hati ketika mengupas.

1. Salak

Sebagai salah satu buah-buahan eksotis, namun mudah ditemukan di Indonesia. Salak diliputi dengan tekstur kulit tajam. Hal ini yang membuat buah salak agak sulit dikupas.

Salak memiliki rasa yang manis dan daging yang padat. Bijinya cukup besar namun ada juga isi salak yang tidak memiliki biji. Biasanya satu salak berisi tiga buah. 

Foto: Website/digstraksi.com

2. Durian

Semua orang sudah mengenal buah musiman yang satu ini. Durian dikenal sebagai raja buah-buahan. Hal ini dikarenakan kulit yang tebal dan berduri sehingga sulit dikupas.

Selain itulah yang membuat orang-orang lebih baik mengenakan sarung tangan ketika hendak mengupas durian. Sedangkan untuk cara yang lebih mudah, bisa dengan menggunakan pisau saat membuat goresan melalui bagian serat durian

3. Nangka

Sekilas, buah nangka memiliki kulit yang tebal dan berduri seperti durian. Namun bedanya, nangka hadir dengan ukuran yang pendek dan durinya tidak setajam durian.

Buah nangka dapat dikupas dengan cara membuat irisan melingkar di bagian atas, kemudian diikuti dengan irisan vertikal pada sepanjang badan nangka. Setelah itu, nangka dibuka perlahan lalu dimakan isinya.

Kesulitan dalam mengupas nangka seringkali yang membuat wisatawan mancanegara kebingungan.

Foto: Pixabay/Suanpa

4. Manggis

Si kecil berwarna ungu dengan kulit tebal dan keras adalah ciri dari buah manggis. Ketika melihat manggis, sekilas memang keras tapi setelah dibuka kulitnya.

Tidak heran, beberapa orang terkadang bingung Padahal, buah manggis dapat dikupas dengan cara menekannya pada kedua telapak tangan. Kulit manggis menjadi lebih mudah terbelah sehingga mudah dimakan.

5. Nanas

Buah dengan cita rasa asam dan segar menjadi salah satu buah tropis yang mudah ditemukan. Kulit nanas memang tidak sekeras yang lainnya, namun setelah dikupas, mata nanas harus dibersihkan lebih dulu sebelum dimakan.

6. Matoa

Buah asli dari Papua ini mirip seperti rambutan atau kelengkeng, bedanya bagian luar kulit lebih berbentuk seperti kedondong. Pada bagian dalam isi buah juga lebih mudah diambil dan tidak terlalu sulit.

Cara membuka buat mata cukup menekan ibu jari pada bagian tengah sehingga kulitnya bisa pecah serta lebih mudah diambil isinya. 

Foto: Website/satuharapan.com

7. Kecapi

Hampir sama dengan nama alat musik, buah dari Jakarta ini bernama Kecapi. Bentuk daging pada buah ini seperti manggis, tapi bagian luarnya seperti duku.

Seringkali orang Betawi membanting buah kecapi dan menjepitnya pada engsel pintu untuk mengupas buah ini.

Berita Terkait