6 Buah Dengan Tekstur Kulit Keras dan Susah untuk Dikupas

Senin, 26 Juli 2021 | 11:52:46

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

6 Buah Dengan Tekstur Kulit Keras dan Susah untuk Dikupas

Foto: Ladiestory.id

Pernah menjadi sesuatu hal yang hits dan banyak dibincangkan oleh netizen. Sebuah video yang menunjukkan salah satu selebritis, Nia Ramadhani tidak bisa mengupas buah salak.

Buah-buahan dapat dikategorikan menjadi dua macam berdasarkan jenis kulitnya. Terdapat buah yang kulitnya dapat di makan dan terdapat buah yang memiliki kulit dengan tekstur yang keras. Bahkan memang kadang kadang terdapat segelintir orang yang tidak dapat mengupas kulit keras pada buah.

Layaknya yang kita ketahui bersama, buah salak mempunyai tekstur kulit yang cukup keras dan tajam.

Disisi lain, kulit buah salak sangatlah tipis dan lumayan melekat dengan daging buah yang ada di dalamnya. Maka tak heran, jika terdapat segelintir orang yang mengaku tidak dapat mengupas buah salak.

Tidak salak saja, ternyata masih terdapat beberapa jenis buah lagi di Indonesia yang juga sulit dikupas kulitnya.

Terdapat beberapa jenis buah yang mempunyai kulit dengan tekstur keras sehingga cukup susah dikupas kulitnya. Setelah mengetahui ini, pastikan kamu mengetahui cara dan berhati-hati dalam mengupas buah.

1. Nanas

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Adakah yang ingin menyangkal dengan kelezatan buah tropis semacam nanas ini. Cita rasanya yang asam serta manis ini menjadikan nanas memiliki rasa segar tersendiri saat kita memakannya.

Namun guna memakan nanas memang perlu memiliki usaha yang lebih, karena nanas memiliki kulit yang keras dan juga memiliki mata yang mesti dibersihkan. Untuk ketrampilan ketika mengupas nanas juga tak semua orang memilikinya.

2. Durian

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Si raja buah satu ini memang memiliki diketahui banyak penggemar. Cita rasa buahnya yang khas manis dan pahit, serta aroma yang cukup kuat menjadikan durian sangat digemari.

Namun, ketika ingin menyantap buahnya yang lezat itu, kita mesti terlebih dahulu membelah kulit luarnya yang keras serta berduri tajam.

3. Nangka

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya ada buah nangka yang memiliki kulit tebal dan berduri layaknya durian. Akan tetapi ada bedanya, nangka muncul dengan ukuran yang pendek dan durinya pun tidak setajam durian.

Buah yang satu ini bisa dikupas dengan cara membuat irisan melingkar pada bagian atas, lalu diikuti dengan irisan vertikal pada sepanjang badan nangka. Kemudian, nangka dibuka perlahan dan dimakan isinya.

Kesusahan dalam mengupas nangka kerap kali membuat wisatawan mancanegara kebingungan.

4. Matoa

foto:instagram/tanaman_dan_pupuk_
Foto: Instagram/tanaman_dan_pupuk_

Matoa adalah buah yang berasal dari Papua. Terlihat jika buahnya sekilas mirip dengan rambutan atau kelengkeng, namun sayangnya memiliki kulit luar yang hampir sama dengan kedondong.

Tetapi, ketika mengambil isi dalam buah ternyata tidak terlalu sulit, kamu cukup saja menekan ibu jari pada bagian tengah buah supaya kulitnya dapat pecah dan memudahkan kamu dalam mengambil isi dalamnya.

5. Manggis

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah mungil dengan warna ungu serta kulit tebal dan keras merupakan ciri dari buah manggis. Saat melihat manggis, sekilas memang keras namun setelah dibuka kulitnya menjadi lunak.

Tak heran, sebagian orang terkadang bingung. Padahal, buah manggis bisa dikupas dengan cara menekannya pada kedua telapak tangan. Kulit manggis menjadi lebih mudah terbelah sehingga mudah dimakan.

6. Kecapi

foto:instagram/dindinmed
Foto: Instagram/dindinmed

Buah yang terakhir ini disebut sebagai buah khas Jakarta. Dagingnya hampir sama dengan manggis, tetapi bentuk luarnya mirip dengan duku.

Orang-orang Betawi biasanya akan membanting buah kecapi atau bahkan menjepitnya di antara engsel pintu ketika mengupas kulit buah kecapi. Tetapi sejatinya, dengan menjepitnya di antara kedua telapak tangan saja telah dapat mengupas kulit kecapi.

Itulah buah-buah yang memiliki kulit keras dan susah dikupas.

Berita Terkait