7 Buah Yang Banyak Mengandung Antioksidan, Baik Untuk Kesehatan

Thursday, 22 Jul | 12:04:06

LS Health

Penulis : LS Health

7 Buah Yang Banyak Mengandung Antioksidan, Baik Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan, terutama ketika banyaknya penyebaran virus.

Salah satu cara termudah yaitu dengan mengonsumsi buah tinggi antioksidan. Di negara tropis kita ini, ternyata mudah kok untuk menemukannya.

Terdapat banyak buah antioksidan tinggi yang disarankan dalam dikonsumsi setiap harinya. Buah-buahan ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain guna menjaga kesehatan tubuh.

Senyawa yang dapat memperlambat proses oksidasi senyawa lain walaupun ketika konsentrasi kecil itu disebut antioksidan.

Asupan antioksidan yang ada di tubuh sangat diperlukan, karena antioksidan memiliki peranan penting. Yaitu melindungi sel-sel yang rusak akibat dari radikal bebas.

Sedangkan radikal bebas merupakan zat yang membahayakan untuk tubuh. Radikal bebas timbul dari hasil metabolisme, ataupun karena faktor lainnya.

Seperti akibat dari terpapar polusi udara dan sinar UV, mengonsumsi rokok ataupun menghirup asap rokok, pestisida, mengonsumsi obat-obatan, dan proses radiasi.

Sumber antioksidan diperoleh dari makanan yang memiliki warna kuning, biru, merah, atau oranye seperti sayuran, sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, herbal, dan buah. Mari ketahui apa saja buah yang mengandung antioksidan.

1. Stroberi

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah yang pertama ada stroberi. Stroberi memiliki kandungan antioksidan yang disebut dengan antosianin.

Buah yang tinggi akan antosianin memiliki warna cerah merah. Menurut analisis, setiap 100 gram stroberi memiliki kandungan sekitar 5,4 mmol antioksidan.

Sebagai buah yang kaya antioksidan, stroberi bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi dan juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Disisi lain, stroberi juga mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya.

2. Anggur

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Apakah Anda tahu ternyata anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi terutama di bagian kulitnya? Ya, anggur semenjak dulu telah dipercaya sebagai buah pencegah munculnya sel kanker.

Pengidap kanker yang tengah dalam proses penyembuhan juga disarankan memakan anggur guna mencegah penyebaran sel kanker ke tubuh bagian lainnya.

Dalam mendapatkan antioksidan yang tinggi, pilihlah jenis anggur merah.

3. Blackberry

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Blackberry merupakan buah kaya vitamin C yang juga berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Kandungan antioksidan ini berguna dalam membantu produksi kolagen, jaringan ikat, juga melancarkan pembuluh darah.

Disisi lain, vitamin C yang diolah menjadi antioksidan juga berfungsi dalam mengatasi stres oksidatif tubuh. Stres oksidatif merupakan kemampuan tubuh dalam menampung radikal bebas penyebab radikal bebas dan penyakit kronis lainnya.

4. Plum

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah yang memiliki rasa asam manis ini juga mengandung banyak antioksidan. Dari beragam jenis plum, pilihlah plum yang berwarna kehitaman.

Selain menjadi buah yang tinggi antioksidan, plum juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, senyawa fenol, dan masih banyak lagi.

5. Apel

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah tinggi antioksidan berikutnya yakni apel. Anda bisa melihatnya dari kulit buah apel yang berwarna cerah. Sebagian ahli bahkan menyarankan untuk tidak mengupas kulit apel ketik memakannya.

Apel mengandung berbagai phytochemical, termasuk quercetin, catechin, phloridzin dan asam klorogenik yang semuanya merupakan jenis antioksidan yang tinggi.

Setiap jenis apel mungkin memiliki kadar phytochemical berbeda, tetapi tetap mengandung antioksidan yang kuat dalam mengatasi radikal bebas penyakit kanker.

6. Kiwi

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah yang berasal dari Tiongkok ini juga mengandung duo zat baik, yaitu antioksidan dan vitamin C.

Jadi, telah dipastikan jika kiwi membantu meningkatkan kualitas daya tahan tubuhmu supaya tidak mudah sakit. Kesegaran kiwi juga bisa membantu meredakan gejala asma.

7. Ceri

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Terakhir, ceri merah termasuk dalam buah kaya antioksidan. Anda bisa melihat dari warna merah cerah kulit ceri yang kaya akan antioksidan antosianin.

Disisi lain, ceri juga memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan polifenol memiliki manfaat dalam membantu memperbaiki kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan juga menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Ceri juga kaya akan vitamin C dan pigmen karotenoid yang baik bagi tubuh.

Buah buah di atas merupakan buah yang mengandung antioksidan atas saran kami.

Berita Terkait