7 Cara Ampuh Rawat Pusar Kotor dan Bau

Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Cara Ampuh Rawat Pusar Kotor Dan Bau

Ilustrasi Pusar (pinterest)

Ladiestory.id - Pusar merupakan bagian tubuh yang jarang terlihat, namun keberadaannya ini sering terabaikan oleh kita.  Ladies, jangan malas merawat pusar, lho! Jika kamu sering mengabaikan kondisi pusarmu, maka  bisa terjadi penumpukkan sel kulit mati yang kotor dan mengendap. Tidak hanya itu, pusar yang kotor bisa mengeluarkan bau tak sedap, lho.

Yuk, rawat pusarmu dengan 7 cara mudah yang bisa kamu lakukan di rumah ini.

Menggunakan Kapas dan Air Bersih

Kapas dan air. (pinterest)

 

Salah satu teknik sederhana yang tentunya bisa kamu praktikan di rumah adalah dengan menggunakan kapas ataupun cotton bad dan air bersih. Kamu bisa mencelupkan kapas kedalam air bersih kemudian usapkan ke bagian pusar yang kotor dan berbau secara lembut dan perlahan hingga kotorannya terangkat. Usahakan jangan menekan pusar terlalu keras.

Coconut Oil

Coconut Oil (pinterest)

 

Asam linoleat, oleat, dan larutan dalam coconut oil juga dapat membantu menghidrasi kulit. Selain menggunakan kain katun, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa atau coconut oil yang dipercaya efektif dapat menyerap kotoran membandel pada pusar. Cara menggunakannya pun cukup terbilang mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secukupnya ke bagian pusar, kemudian gosok perlahan hingga kotorannya terangkat.

Baby Oil

Baby oil (pinterest)

 

Baby oil juga mengandung formula yang aman bagi kulit, selain itu tingkat sensitivitasnya pun tergolong rendah, kamu pun dapat menggunakan kapas atau cotton bad untuk membersihkan bagian pusarmu, diamkan selama 10 menit kemudian usap kembali dengan kapas bersih dan kering.

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya. (pinterest)

 

Lidah buaya merupakan bahan alami yang berkhasiat baik untuk kulit. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan bau tidak sedap pada pusar, loh. Kandungan gel pada lidah buaya dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit. Tak hanya itu, lidah buaya bahkan mampu mengatasi masalah kulit akibat luka bakar hingga stretch mark pada kulit akibat jaringan perut yang rusak.

Kamu dapat memanfaatkan gel pada lidah buaya dengan cara mengaplikasikan langsung bagian gel ke bagian pusar ataupun meracik hingga halus gel lidah buaya tersebut. Kemudian diamkan hingga meresap dan mengering ke permukaan pusar. Setelah beberapa menit, usap dengan tisu basah hingga bau menghilang.

Mentega

Mentega. (pinterest)

 

Tak hanya digunakan sebagai perlengkapan bumbu dapur atau bahan masakan, ternyata mentega telah digunakan sebagai tradisi kecantikkan wanita India sejak zaman dulu untuk mendapatkan tampilan yang bersih dan bercahaya bagi perawatan pusar mereka. Mereka mempercayai bahwa mentega dapat memberikan kelembaban pada kulit pusar dan menjadikannya bersih bercahaya.

Kunyit

Kunyit. (pinterest)

 

Selain digunakan sebagai bumbu dapur atau bahan minuman yang baik bagi kesehatan tubuh, kunyit juga dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada area pusar, lho. Tak hanya itu, sifat anti inflamasi dalam kunyit akan membantu memperbaiki pori-pori dan menenangkan kulit. Selain itu, kunyit juga dapat membantu mencerahkan dan membuat kulit lebih sehat.

Kamu dapat meracik sendiri dengan menumbuk halus kunyit kemudian tempelkan kepada bagian pusar yang kotor. Aplikasikan langsung ke pusar dan tunggulah hingga kering, kemudian cuci dengan air bersih, gunakan bahan alami ini selama dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Menggunakan Air Perasan Lemon

Air Lemon (pinterest)

 

Kamu juga bisa memanfaatkan air perasan lemon dengan kapas atau cotton bud, kemudian usap hingga bersih kotoran yang menempel pada pusar dengan kapas, baunya pun akan lenyap.

s