7 Cara Sederhana Atasi Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:15:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Sederhana Atasi Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Ilustrasi orang stres. (Special)

Ladiestory.id - Hampir semua orang pasti pernah stres. Beban hidup, tuntutan pekerjaan, hingga aktivitas sehari-hari pun bisa memicu seseorang jadi stres. Namun terkadang seseorang tak sadar bahwa dirinya stres. Hal inilah yang membuatnya mengabaikan kondisi ini, berlarut-larut hingga pada akhirnya mengganggu kesehatan jiwa. 

Sebelum hal itu terjadi, sadari dan jangan biarkan berlarut-larut. Lakukan cara sederhana untuk mengatasi stress di bawah ini.

Cara Mengatasi Stres

Berikut cara yang bisa Kamu lakukan untuk atasi stres

1. Lakukan Meditasi atau Yoga

Ilustrasi meditasi. (Special)

Salah satu cara yang terbukti efektif untuk atasi stres adalah dengan melakukan meditasi atau yoga. Kamu bisa coba melakukan meditasi atau yoga yang akan memberi efek positif bagi kesehatan jiwa serta membuat tubuh lebih sehat. 

Melakukan yoga juga dapat membantu memberi rasa ketenangan, keseimbangan, dan kedamaian dalam tubuh, dengan begitu stres pun bisa diatasi. 

2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat terbukti bukan hanya bermanfaat bagi tubuh, tapi juga baik untuk kesehatan mental. 

Kamu bisa atasi stres dengan konsumsi makanan sehat yang akan membantu memberi energi, menenangkan pikiran, dan meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh dan otak. Konsumsi makanan sehat juga bisa terhindar dari serangan penyakit, sehingga tubuh pun  jadi lebih sehat.

3. Rutin Berolahraga

Ilustrasi bersepeda. (Special)

Bukan hanya membuat tubuh jadi sehat, olahraga juga bisa meredakan stres lho. Karena, dengan olahraga secara rutin otot tubuh juga akan lebih rileks serta mengalihkan pikiran,  sehingga dapat memperbaiki suasana hati Kamu. 

Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat untuk meredakan stres. Cukup lakukan olahraga yang mudah dan  sederhana, misalnya jalan santai atau bersepeda.

4. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti bernyanyi, melukis, menulis, memasak, berkebun, memelihara tumbuhan atau hewan, bisa juga Kamu jadikan cara untuk atasi stres.  Dengan melakukan hal-hal tersebut tubuh dan pikiran Kamu pun bisa lebih rileks.

Tapi, pastikan aktivitas yang Kamu lakukan bersifat positif yang Kamu sukai, agar tidak menimbulkan masalah baru nantinya.

5. Ungkapkan Pada Orang Terdekat atau Psikolog

Ilustrasi konsultasi dengan psikolog. (Special)

Memendam perasaan justru akan membuat Kamu stres. Kamu bisa lepaskan beban dengan bercerita semua hal yang jadi masalah Kamu pada orang terdekat yang Kamu percaya atau psikolog. Yakinlah, setelah Kamu mengeluarkan keluh kesahmu, perasaan Kamu akan lebih baik dan pikiranpun tenang.

6. Lakukan Seks Bersama Pasangan

Aktivitas seks bersama pasangan bisa menjadi cara sederhana menghilangkan stres. Bila kehidupan seks Kamu dan pasangan kurang baik,  maka hubungan yang Kamu bangun tentu saja akan berdampak negatif. Akibatnya, hal ini bisa juga memicu stres.

Sebaliknya, bila kualitas seks Kamu dan pasangan baik, maka hubungan yang terjalin pun akan semakin erat. Bahkan penelitian pun menyebutkan, bahwa orang yang melakukan hubungan seks penetratif mempunyai sedikit risiko dalam kenaikan tekanan darah. Hal ini menunjukkan bahwa mereka dapat mengatasi stres dengan lebih baik.

Selain itu, seks juga punya efek yang sama seperti olahraga atau pun meditasi. Aktivitas ini bisa memicu pelepasan hormon endorfin, yaitu hormon  yang bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia

7. Berenang atau Berendam Air Hangat di Bak Mandi

Ilustrasi berendam di bak mandi ditemani lilin aromaterapi. (Special) 

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengambang di air bisa memicu respons relaksasi tubuh, yang akan membantu menekan tingkat hormon pemicu stres. Dengan begitu, berenang akan mengurangi ketegangan dan rasa tertekan pada anak usia 11 sampai 13 tahun.

Bila tidak memungkinkan untuk berenang, Kamu bisa berendam dalam bak kamar mandi, ditemani lilin aromaterapi dengan alunan musik lembut. Atau bisa juga dengan merendam kaki di air hangat yang dibubuhi dengan minyak rempah atau aromaterapi. Cara ini bisa Kamu lakukan untuk atasi stres.