7 Masalah Tubuh yang Bisa Diatasi Bunga Telang

Senin, 4 Juli 2022 | 19:30:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

7 Masalah Tubuh Yang Bisa Diatasi Bunga Telang

Ilustrasi Bunga Telang. (Special)

Ladiestory.id - Pernah mencoba membuat minuman dari bunga telang? Kalau belum, boleh banget dicoba loh. Bunga ini mengeluarkan warna biru ketika diseduh dengan air panas yang dihasilkan dari zat antosianin. Ketika dicampur dengan lemon atau jeruk nipis, warnanya akan berubah menjadi ungu. 

Dilansir dari ScienceDirect pada Senin (04/07/22), tanaman bunga telang atau dengan nama ilmiahnya Clitorea Ternatea mempunyai banyak khasiat dan telah dipakai oleh pengobatan tradisional Ayurveda sejak dulu sebagai penambah daya ingat.

Bunga yang dikenal dengan butterfly pea dalam bahasa inggris mengandung nootropik, antistres, ansiolitik, antidepresan, antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, anti kanker, anthistamin, immunomodulator yang baik untuk kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 masalah tubuh yang bisa diatasi bunga telang.

Pelupa

Ilustrasi orang mikir. (Special)

 

Kesehatan otak tergantung dari tingkat komunikasi dan gerakan tubuh yang membuat dendrit dalam otak terus menyambung. Selain itu ada kadar asetilkolin yang mempunyai peranan penting untuk memori.

Seiring dengan bertambahnya usia, kadar astilkolin bisa menurun. Nah, pada kandungan bunga telang, terdapat kadar astilkolin yang bermanfaat untuk kinerja otak. Jadi kamu gak gampang lupa dan gak nyambungan karena telah menjaga kesehatan otak.

Telat Datang Bulan

Ilustrasi tanda menstruasi. (Special)

Jika diperhatikan bentuk dari bunga telang sekilas mirip dengan alat reproduksi wanita. Dalam banyak penelitian dikatakan bahwa bunga telang dapat mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan yang disertai bau tidak sedap dan menstruasi tidak teratur.

Uniknya dalam bahasa Makassar, Sulawesi Selatan, “telang” sendiri memilki arti alat reproduksi wanita.

Mata Merah

Ilustrasi sakit mata. (Special)

 

Dalam penelitian Phrocedia Chemistry, bunga telang dapat memelihara mata dari penyakit konjungtivitis yaitu peradangan mata yang disebabkan virus atau bakteri. Dengan mengonsumsi teh bunga telang, bakteri atau pantogen yang terdapat dalam mata, yang mengakibatkan infeksi, bisa hilang karena adanya kandungan anti-bakteri dari bunga telang.

Insomnia

Ilustrasi perempuan sulit tidur. (Special)

Banyak hal yang penyebab dari susah tidur. Stres mikirin kerjaan, tugas kuliah, gaji yang menipis atau tentang si dia. Di sini, perlu banget yang namanya pengelolaan stres dengan yoga atau olahraga teratur. Selain itu, kamu perlu juga mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan yang tinggi.

Menurut sebuah penelitian, bunga telang memiliki kadar antioksidan yang tinggi pada spesies bunga. Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas dan mengelola stress yang sifatnya oksidatif.

Asma

Ilustrasi masalah pernapasan. (Special)

Makanan atau yang dikonsumsi bisa juga sebagai obat alami lho. Di India, bunga telang digunakan untuk mengatasi masalah asma dan batuk. Adanya antioksidan dan anti peradangan yang membantu meringankan asma karena badan yang sehat.

Atasi Luka

Ilustrasi Bekas Luka. (Special)

Jika adik atau saudaramu luka, boleh juga dicoba penyembuhannya dari bunga telang. Adanya kandungan anti inflamasi serta analgesik dapat membantu kerukakan pada sel akibat luka. Pada penelitian dikatakan bahwa tanaman yang juga disebut blue tea ini dapat dioleskan atau diminum.

Kulit Kusam

Ilustrasi masalah pada kulit. (Special)

 

Salah satu cara untuk menjadi awet muda adalah mengonsumsi bunga telang karena adanya antioksidan yang tinggi. Tidak hanya itu, ada juga yang membuatnya sebagai facemist yang dapat menyehatkan dan menyegarkan wajah ketika kamu mulai lelah.