7 Referensi Model Perpaduan Kebaya Dan Batik Modern

Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:59:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

7 Referensi Model Perpaduan Kebaya Dan Batik Modern

Foto: Instagram/azkia_kebaya

Dilansir dari wikipedia, kebaya adalah pakaian blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.

Sedangkan batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Kebaya batik merupakan pakaian tradisional khas Indonesia yang telah diakui oleh seluruh dunia. Baju tradisional kebaya batik ternyata berasal dari zaman keraton Majapahit yang biasanya dipakai oleh para permaisuri kerajaan dan diaplikasikan oleh perempuan dengan kemban yang sederhana sehingga bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat pada masa itu.

Seiring berjalannya waktu, pakaian ini pun mengalami perubahan layakya kebaya batik modern, kombinasi, dan couple, dan masih banyak lagi. Disisi lain, bahan dasar batik juga dikenakan untuk bahan dasar pembuatan tas, baju, dompet, rok, celana dan lain-lain. Dan lebih hebatnya, para desainer terkenal juga memperlihatkan keluaran model terbaru yang dibuat dengan memakai bahan ataupun motif dari batik tersebut.

1. Kebaya Batik Modern

foto:instagram/zham_batique
Foto: Instagram/zham_batique

Kini sudah sangat banyak batik yang dipakai pada acara-acara tertentu ataupun bebas, salah satunya yaitu kebaya batik modern. Sebab gabungan model batik klasik dan modern bisa memperindah busana tersebut sehingga tampak menawan dan elegan. Batik telah banyak dipilih oleh kaum hawa sebab bisa membuat mereka tampak anggun dan cantik.

2. Kebaya Semi Bali

foto:instagram/agusphotodify
Foto: Instagram/agusphotodify

Kebaya dengan warna lembut ini sangat cocok dipadukan dengan ody khas bali berwarna ungu pucat. Bawahan kebaya dapat memakai batik dengan motif dan warna keunguan yang mendominasi. Kamu dapat menambahkan bross emas supaya kamu bisa terlihat lebih manis.

3. Kebaya Batik Kombinasi

foto:instagram/dailyhijabideas
Foto: Instagram/dailyhijabideas

Batik kombinasi merupakan perpaduan dari kebaya dan batik sehingga memberikan kesan yang anggun dan bernilai warisan budaya. Bila umumnya memakai baju maupun jas formal hanya pada setiap acara tertentu, inspirasi kebaya batik ini juga tak kalah indahnya bila digunakan dalam acara-acara layakya pernikahan, wisuda, sekolah, bahkan kantor.

4. Tunik Selendang Panjang

foto:instagram/tokozea_tanah_abang
Foto: Instagram/tokozea_tanah_abang

Kebaya yang memiliki panjang sampai tigaperempat tubuh ini dilengkapi dengan selendang mungil yang lumayan panjang. Untuk pasangannya dapat mengenakan batik dengan motif kotak-kotak yang lumayan besar dan mempunyai warna soft seperti tuniknya.

5. Kebaya Batik Couple

foto:instagram/batik_amelpekalongan
Foto: Instagram/batik_amelpekalongan

 

Batik kebaya couple cocok untuk seseorang yang memiliki pasangan mulai dari pasangan muda ataupun yang telah menikah. Di Indonesia baju kebaya batik couple sendiri telah menjadi trend untuk remaja maupun orang dewasa. Bila dahulu pakaian ini digunakan khusus pada acara adat istiadat daerah saja, sekarang telah dapat digunakan untuk kapanpun.

6. Kebaya Batik Monokrom

foto:instagram/gamis.sakinah
Foto: Instagram/gamis.sakinah

Kebaya batik modern yang satu ini hanya mengenakan satu warna saja untuk atasan dan bawahan batik. Warna yang dipilih juga sangat mirip hanya berbeda tingkatan saja supaya terlihat menyatu. Tetapi penampilan dapat tetap mewah dengan bagian leher kebaya yang terhias dengan payet berwarna senada dan lebih strong.

7. Kebaya Kain Batik Floral

foto:instagram/lemarigorgeous
Foto: Instagram/lemarigorgeous

Model kebaya baju yang terakhir ini sangat indah dengan mengkombinasikan kerah besar dan belahan asimetris yang membentuk gaun. Warna kebaya yang soft dapat dipadukan dengan batik bercorak floral dengan warna yang cukup kuat. Perpaduan model kebaya dan batik ini sangat apik. Warna batik yang dipakai sangat cocok yakni perpaduan putih, hitam dan merah tua.

Silakan sesuaikan seleramu dalam memilih model kebaya dan batik diatas.