7 Tanaman Bantu Usir Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Rabu, 6 Desember 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Tanaman Bantu Usir Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, masuki musim hujan ada berbagai penyakit yang bisa saja muncul dan patut diwaspadai diantaranya demam berdarah dan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gejala demam berdarah pun bisa saja menyerang anak-anak hingga orang dewasa bahkan penyakit ini bisa sebabkan kematian.

Selain mencegah bahaya penyakit demam berdarah dengan menjaga kebersihan rumah, ternyata sederet tanaman berikut ini diketahui ampuh usir nyamuk penyebab demam berdarah, lho. Berikut diantaranya.

1. Serai

Serai. (Freepik)

 

Serai atau sereh kerap digunakan sebagai bumbu penyedap rasa pada masakan bahkan dimanfaatkan sebagai minuman herbal ataupun jamu tradisional. Serai biasanya tumbuh rimbun di pekarangan rumah bahkan serai sering dimanfaatkan sebagai alternatif aromaterapi yang dapat memberikan sensasi kesegaran alami yang membuat tubuh menjadi rileks. Tak hanya itu, saat ini pun sudah banyak penelitian yang menjadikan serai sebagai kandungan obat alami untuk mengatasi gigitan nyamuk baik dalam bentuk cream, lotion, minyak atau essential oil. Serai mengandung zat sitronela dan geranium yang dipercaya ampuh untuk mengusir nyamuk.

2. Rosemary

Rosemary. (Freepik)

 

Sama seperti serai, rosemary pun biasa digunakan sebagai bumbu masakan bahkan aromaterapi. Tak hanya itu, aromanya yang khas membuat tanaman rosemary dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk pembuatan minyak kayu putih yang dapat membasmi nyamuk. Menanam rosemary di halaman rumah dapat membuat nyamuk menjadi pusing dan kehilangan kendali karena aromanya. Rosemary ini pun sangat cocok berada di iklim tropis dan kering.

3. Geranium

Geranium. (Freepik)

 

Memiliki warna yang indah, geranium pun merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Geranium juga memiliki kandungan geraniol dan sitronela yang memiliki aroma “pembunuh” bagi nyamuk. Nah,geranium sangat cocok di pelihara dalam pot atau pekarangan rumah, aromanya yang tidak disukai nyamuk dapat menjadi alternatif alami untuk mencegah penyakit berbahaya demam berdarah yang bisa saja mengintai.

4. Marigold

Marigold. (Freepik)

 

Marigold juga memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk, hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung pyrethrum yang biasanya digunakan sebagai bahan alami untuk membasmi serangga. Tak hanya dapat mengusir nyamuk, Marigold pun dapat membantu membasmi serangga.

5. Lavender

Lavender. (Freepik)

 

Lavender menjadi salah satu tanaman yang juga dikenal ampuh membasmi nyamuk maupun serangga, maka tak heran banyak pula obat nyamuk, lotion dan minyak anti nyamuk yang menggunakan kandungan bahan alami dari lavender sebagai pengusir nyamuk. Aroma lavender pun begitu menenangkan, hal ini pula yang menjadikan lavender digemari sebagai essential oil maupun aroma terapi pada ruangan.

6. Catnip

Catnip. (MorningChores)

 

Catnip juga merupakan salah satu tanaman yang paling dibenci oleh nyamuk, namun aroma catnip sangat disuaki oleh kucing maupun kupu-kupu. Catnip dapat ditanam di halaman rumah dan diklaim sebagai tanaman nomor satu paling ampuh mengusir nyamuk dibandingkan zat pembunuh serangga lainnya.

7. Eucalyptus

Eucalyptus. (Unsplash)

 

Aroma yang kita sukai namun nyamuk sangat membencinya ialah eucalyptus. Yup, tanaman ini menghasilkan kandungan linalool dan geraniol yang dapat membuat nyamuk pergi menjauh darimu dan bertebrangan kesegala arah. Tanaman eucalyptus ini juga sangat membutuhkan tanah yang subur namun tidak terlalu kering dan memiliki banyak sinar matahari.

Ladies, itulah ke tujuh tanaman yang bisa kamu tanam di halaman rumah dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Agar keluarga tercinta terlindungi dari wabah penyakit demam berdarah ataupun malaria, kamu pun bisa mencegahnya dengan menanam beberapa tanaman diatas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.