7 Tanda Kamu Memilki Kulit Sensitif

Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:00:00

Widya Novi S

Penulis : Widya Novi S

7 Tanda Kamu Memilki Kulit Sensitif

Ilustrasi kulit sensitif. (Special)

Ladiestory.id - Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kulit memiliki beberapa jenis di antaranya ada yang namanya kulit berminyak, kulit kering dan kulit sensitif. Masing-masing memiliki ciri-ciri yang berbeda.  Baik untuk penyebabnya juga berbeda.

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang memiliki toleransi rendah terhadap berbagai macam bahan aktif dan sangat mudah mengalami iritasi terhadap beberapa faktor, di antaranya bahan kimia dan komponen produk-produk kecantikan pada umumnya.

Penyebab kulit sensitif juga disebabkan karena pengaruh lingkungan dan dibarengi dengan faktor-faktor lain yang berbeda terhadap setiap orang.

Biasanya lingkunganlah yang akan semakin memperburuk dampak dari reaksi kulit sensitif. Faktor-faktor tersebut di antaranya, yaitu udara dingin, dehidrasi, stres, cahaya matahari, serta penggunaan produk kosmetik yang berlebihan  dan hormon.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari seseorang yang memiliki kulit sensitif!

Kulit Menjadi Sangat Reaktif

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Jika seseorang memiliki kulit sensitif, maka akan sangat mudah menimbulkan reaksi tertentu. Reaksi Ini akan berbeda pada setiap orang.

Pemicunya bisa dalam bentuk reaksi terhadap cuaca ataupun polusi udara dan bisa juga terhadap beberapa bahan kimia atau komponen yang menyusun produk kecantikan yang digunakan.

Jika ingin mengetahui cara mengatasinya agar reaksi yang ditimbulkan oleh pemicu dapat berkurang, maka bisa berkonsultasi dengan dokter.

Kulit Akan Menjadi Kering

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Rata-rata seseorang dengan tipe kulit sensitif biasanya akan cenderung memilki kulit yang kering juga. Hal ini jarang ditemui pada kulit berminyak. Kulit kering dan berikan reaksi sensitivitas terhadap perubahan cuaca apalagi cuaca dingin.

Sangat Mudah Terbakar Sinar Matahari

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Kulit sensitif dan mudah mengelupas jika sudah bereaksi terhadap pemicunya. Kondisi kulit seperti ini akan sangat mudah berisiko terkena dampak dari bahaya cahaya sinar matahari.

Untuk itu, disarankan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF yang tinggi seperti SPF 30 atau lebih.  Bahan utama dari sunscreen yang dipakai hendaklah yang aman seperti titanium oksida.

Kulit Sangat Mudah Menjadi Kemerahan

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Kemerahan yang ditimbulkan pada kulit merupakan ciri umum yang sering ditemui pada penderita kulit sensitif. Reaksinya juga disertai dengan benjolan, rona atau bahkan pelebaran pada pembuluh darah.

Perawatan ringan bisa diberikan jika reaksi yang ditimbulkan tidak terlalu parah, namun jika reaksi sudah terlalu parah biasanya dapat dihilangkan dengan melakukan pemberian laser kulit yang bereaksi.

Muncul Rasa Terbakar

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Reaksi seperti ini biasanya muncul karena dipicu oleh penggunaan produk yang tidak tepat atau tidak cocok dengan kondisi kulit. Bahan pada produk biasanya ditemui pada produk anti aging atau yang mengandung alkohol.

Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan mengompres kan air dingin pada kulit yang terasa terbakar.

Muncul Rasa Gatal Pada Kulit

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Rasa gatal yang muncul saat kulit bereaksi dengan pemicu sangat umum terjadi pada pemilik kulit sensitif. Pada beberapa kasus, ada yang mengatasinya dengan memberikan air hangat atau menggaruknya.

Pemberian air panas sangat dianjurkan pada kulit sensitif yang bereaksi. Menggaruk kulit yang gatal juga sangat tidak dianjurkan karena akan membuat kulit semakin iritasi dan memperparahnya.

Kulit Akan Mudah Terkelupas

Ilustrasi wajah dengan kulit sensitif. (Special)

Pengelupasan kulit pada pemilik kulit sensitif memang sangat umum terjadi, apalagi lagi mereka yang memiliki kulit cenderung kering. Jika pengelupasan kulit terjadi semakin dalam atau dipaksa lepas maka akan semakin membuat kulit Iritasi dan memberikan rasa nyeri.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang yang berkulit sensitif.  Jika memiliki ciri-ciri diatas maka segeralah ketahui penyebabnya atau ketikan dengan dokter . Hal ini akan mempermudah seseorang dalam melakukan perawatan terhadap kulit yang sensitif.

s