Ajak Berjemur di Bawah Matahari, 6 Cara Menghindari Bulu Kucing Rontok

Selasa, 17 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ajak Berjemur Di Bawah Matahari, 6 Cara Menghindari Bulu Kucing Rontok

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Ladiestory.id - Kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Pasalnya, kucing merupakan salah satu hewan yang lucu, menggemaskan, dan sangat ramah dengan manusia.

Meski begitu, merawat kucing menjadi hal yang mudah namun bisa juga dikatakan sulit. Hal itu karena salah satu permasalahan memelihara kucing adalah bulu yang rontok. Namun jangan khawatir, berikut enam cara mengatasi bulu rontok pada kucing.

Menyikat Bulu Kucing Secara Teratur

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Salah satu cara mengatasi dan menghindari bulu kucing yang rontok adalah menyikat bulu kucing secara teratur. Sistem ini wajib dilakukan terutama bagi kucing yang memiliki bulu panjang. Kucing yang memiliki bulu panjang memang memerlukan perawatan yang ekstra. Seperti, membutuhkan banyak waktu untuk menyikat bulu di banding kucing yang tidak memiliki bulu panjang.

Hal tersebut membuat bulu kucing akan lebih terawat, lembut, dan mudah diatur. Dengan melakukan penyikatan teratur, Kamu juga bisa mengetahui keadaan dan kesehatan bulu kucingmu. Jika memiliki kucing dengan bulu panjang, sebaiknya pilih sikat slicker. Sebaliknya jika kucing tersebut memiliki bulu yang biasa saja, lebih baik gunakan sisir dua sisi.

Mandikan Kucing Sebulan Sekali

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Sudah bukan jadi rahasia jika kucing menjadi salah satu hewan yang tidak suka mandi. Namun, salah satu cara mengatasi bulu kucing rontok adalah dengan mandi. Karena kucing tidak suka dengan air, sebaiknya mandikan kucing setidaknya satu bulan sekali. Cara ini sangat membantu menghilangkan rambut berlebih dan lapisan bawahnya.

Tak hanya itu, fungsi tersebut juga membuat rambut tumbuh dalam jangka panjang. Hal tersebut akan membantu mencegah kerontokan berlebih yang tidak perlu.

Mengubah Pola Makan

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah makanan. Layaknya manusisa, beberapa makanan juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Makanan sangat mempengaruhi pertumbuhan bulu yang sehat dan tidak rontok. Pada dasarnya, kucing membutuhkan makanan dengan nutrisi seimbang serta kaya omega.

Sehingga, Kamu harus memastikan kucing mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 6 dan omega 3 seimbang. Pasalnya, makanan tersebut akan berpengaruh pada pemeliharaan bulu yang sehat sekaligus mencegah kerontokan.  

Menjaga Kucing Tetap Terhidrasi

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Berikutnya, salah satu cara mengatasi bulu kucing yang rontok adalah menjaga agar kucing tetap terhidrasi. Menjaga kucing peliharaan terhidrasi dapat meningkatkan kualitas dan kondisi bulu secara keseluruhan, termasuk juga dengan kesehatannya.

Namun, tidak bisa dipungkiri menjaga menjaga kucing tetap terhidrasi memang sulit. Pasalnya, kucing terkenal tidak suka dengan air meskipun untuk diminum. Hal tersebut membuat banyak orang kebingungan mencari cara agar kucing tetap terhidrasi. Jangan khawatir,  ada satu cara yang bisa digunakan untuk mensiasati hal tersebut.

Salah satu cara termudah yang bisa dicoba adalah dengan memasukkan makanan basah ke dalam makanan kucing peliharaanmu. Hal tersebut menjadi satu cara agar kucing tetap terjaga terhidrasi.

Mengajak Kucing Berjemur

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Tak hanya manusia yang membutuhkan sinar matahari, namun hewan peliharaan juga membutuhkannya, termasuk kucing. Kucing yang terkena sinar matahari akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatannya. Termasuk kesehatan bulu agar tidak mudah rontok. Sehingga, pemilik kucing bisa mengajak kucing untuk jalan-jalan di pagi hari.

Kucing yang berjemur di pagi hari bertujuan untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari. Sinar matahari bisa menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri atau parasit yang menempel pada kucing.

Periksakan Kucing ke Dokter Hewan

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Jika kelima cara tersebu tidak bisa menghentikan bulu kucing rontok, sebaiknya konsultasi ke ahlinya. Ya, Kamu harus membawa kucing peliharaan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan.

Pasalnya, ada banyak penyakit yang dapat menjadi pemicu kerontokan berlebih pada bulu kucing, sehingga Kamu tidak bisa melakukan diagnosis sendiri. Pemeriksaan langsung ke dokter hewan dapat membantu kamu tahu apa penyebab kerontokan pada bulu kucing kesayanganmu.