Alami Depresi, Putri Mona Ratuliu Akui Sempat Coba Bunuh Diri

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:00:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Alami Depresi, Putri Mona Ratuliu Akui Sempat Coba Bunuh Diri

Mima Shafa. (Instagram.com/mimashafa)

Ladiestory.id - Putri Mona Ratuliu, Davina Shava Felisa atau biasa dikenal dengan Mima Shafa, mengungkapkan fakta bahwa dirinya nyaris melakukan percobaan bunuh diri. Hal itu diutarakannya dalam sebuah unggahan Instagram @mimashafa pada Minggu (31/7/2022). Diketahui Mima memiliki masalah kesehatan mental, ia mengalami depresi selama tujuh tahun terakhir.

Pada video tersebut Mima sampai dilarikan ke rumah sakit dan menunjukkan terdapat perban pada tangannya. Ia menceritakan sebenarnya telah mengenal tentang kesehatan mental sejak duduk di bangku SMP.

 

Mima Shafa. (Instagram.com/mimashafa)

 

"Waktu SMP, aku tertarik untuk belajar lebih banyak tentang kesehatan mental karena kesadaran yang aku rasain dengan diriku sendiri. Setelah itu, aku jadi interested untuk mengadvokasi tentang kesadaran kesehatan mental dan bukan itu aja, tapi juga gimana supaya orang-orang yang gak teredukasi tentang kesehatan mental bisa belajar dan mengurangi stigmanya," tulis Mima.

Anak pertama Mona Ratuliu dan Indra Brasco mengaku mulai merasakan depresi ketika usia remaja hingga kini telah menjadi mahasiswi.

"Aku tetap mengalami naik turun. Selama 7 tahun aku selalu bertanya-tanya, 'apa yang salah sih sama aku?' di depan semua orang, aku mungkin terlihat seperti seseorang yang tau semua jawabannya, bukan cuman dari belajar advokasi MHA dan juga sebagai mahasiswi psikologi, tapi juga banyak privilege yang aku punya. Tapi kenyataannya, aku masih menderita dan kesusahan. Dan itu manusiawi," tulis Mima.

Tepatnya pada bulan lalu, Mima mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Namun, ia berhasil bertahan. Berkat kejadian tersebut ia berhasil pulih.

"Juli 2022 adalah waktu yang penting untuk aku selama 19 tahun hidup. I survived. Aku gak akan bisa lebih megenali diri sendiri kalau aku gak survive," tulisnya.

Saat berada di rumah sakit, Mima dikelilingi oleh teman-teman, dan kedua orang tuanya, Mona Ratuliu dan Indra Brasco.

"Di waktu yang tepat, aku cerita ke kalian. Sebelum bulan ini berakhir, aku mau bilang terima kasih ke semua orang yang udah mendukung dan sayang sama aku. Bunda dan Yanda, teman-teman, terutama diri ku sendiri," tulisnya.

s