Biasa Diolah untuk Berbagai Masakan Lezat, Ini 4 Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal Harganya

Selasa, 23 November 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Biasa Diolah Untuk Berbagai Masakan Lezat, Ini 4 Alasan Kenapa Daging Wagyu Mahal Harganya

Foto: Pixabay

Ladiestory.id - Bagi pecinta kuliner, pastinya setuju jika daging sapi wagyu memang yang terbaik untuk dinikmati. Daging wagyu adalah salah satu jenis daging yang terkenal di dunia gourmet.

Daging yang satu ini sering digunakan dalam olahan makanan lezat pada menu restoran Jepang. Disebut wagyu karena itu merupakan sebutan untuk sapi dari Jepang. Yangmana dalam bahasa Jepang, “Wa” memiliki arti Jepang dan “Gyu” yang berarti sapi.

Perbedaan antara daging sapi biasa dengan daging wagyu terbilang sangat mencolok. Mulai dari tekstur dan rasa dagingnya, kandungan lemak tak jenuh di dalamnya yang lebih tinggi, hingga harga belinya yang cukup fantastis.

Di Indonesia, biasanya kita jumpai daging wagyu diolah menjadi steak dengan tesktur dan rasa yang sangat nikmat.

Alasan Kenapa Daging Wagyu Sangat Mahal

Jika kamu pernah menengok harga daging wagyu di supermarket atau toko online, pastinya sudah tahu jika harga daging wagyu sangatlah mahal. Sehingga memang kurang merakyat untuk dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya.

Harganya yang mahal ini dikarenakan kualitas dan citarasanya yang tiada duanya. Selain itu, daging wagyu bisa mahal juga karena alasan berikut ini.

1. Pemeliharaan Sapi Wagyu Sangatlah Istimewa

Foto: Pixabay

Menurut AWA atau American Wagyu Association, sapi wagyu diberi makan dan dipelihara dengan pedoman yang cukup ketat dari pemerintah Jepang. Pemeliharaan yang istimewa untuk sapinya ini mulai dari pembibitan dan sapi bunting harus digembalakan di padang rumput.

Pemberian susu untuk sapi yang masih kecil pun tidak melalui botol, melainkan harus disuapi oleh peternaknya langsung.

2. Sapi Wagyu Dijauhkan dari Stres

Sapi wagyu selalu dijauhkan dari stres saat pemeliharaannya. Hal ini dilakukan dengan menyikat tubuh sapi menggunakan sikat yang kaku. Tujannya agar sapi wagyu merasa lebih rileks dan tidak mudah mengalami stres.

3. Daging Wagyu Tergolong Langka

Tidak banyak jumlah sapi wagyu yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Sehingga tidak heran jika persediaan daging wagyu di pasaran sangat sedikit. Dengan permintaan yang banyak namun stok sedikit, tak heran jika harga daging yang satu ini menjadi sangat mahal.

4. Daging Wagyu Merupakan Daging yang Paling Sehat

Foto: Pixabay/ leeyounghee

Daging wagyu memiliki kandungan garam yang plaing rendah dibandingkan dengan daging hewan lainnya. Daging wagyu mengandung asam lemak yang dikenal dengan nama shimofuri yangmana sangat kaya akan Omega-3 sebagai kolesetol baik dan bagus untuk kesehatan jantung.

Kandungan lemak tak jenuh di dalam daging wagyu juga 30 persen lebih tinggi dibandingkan dengan sapi biasa. Sehingga bisa dikatakan kandungan bahan di dalam daging wagyu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Itu tadi beberapa alasan kenapa daging wagyu sangatlah mahal. Yangmana tidak hanya karena alasan rasa dan teksturnya yang nikmat saja, namun mulai dari perawatan atau pemeliharaannya memang sudah sangat istimewa.