Alasan Kenapa Harus Pakai Outfit yang Tepat saat Olahraga!

Selasa, 14 Juli 2020 | 11:54:07

LS Health

Penulis : LS Health

Alasan Kenapa Harus Pakai Outfit Yang Tepat Saat Olahraga!

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga. (Canva)

Saat akan melakukan olahraga, kita tidak hanya butuh mempersiapkan performa fisik saja seperti kondisi kesehatan yang memadai, makan dan minum yang cukup sebelum olahraga dan sebagainya. Salah satu hal pendukung lainnya yang memiliki peranan sangat penting namun sering diabaikan adalah kesesuaian pakaian yang digunakan. Namun percaya atau tidak, pakaian yang kita kenakan pada saat berolahraga juga berpengaruh pada apa yang kita rasakan saat melakukan olahraga. Beberapa faktor yang memengaruhi antara lain adalah kenyamanan pakaian yang digunakan.

Termasuk jenis atau bahan kain yang digunakan, apakah cocok untuk jenis olahraga yang akan dilakukan. Ternyata riset menyatakan adanya korelasi kuat antara apa yang kita pakai terhadap performa, motivasi, dan risiko cidera. Nah, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus pakai sportswear saat sedang berolahraga!

1. Meminimalisir Risiko Cidera

Memakai pakaian yang sesuai sangatlah penting, terlebih jika kamu memang rajin berolahraga. Banyak sekali cidera olahraga disebabkan oleh kurangnya perlengkapan olahraga yang memadai, termasuk pakaian yang dikenakan. Apapun olahraga yang dilakukan, kamu harus memakai pakaian yang memang ditujukan untuk olahraga tersebut untuk melindungi diri dari benturan, tekanan, atau panas berlebih.

2. Kamu Tidak Akan Merasa Sesak atau Terbatasi

Pakaian olahraga yang memiliki bahan ringan dan didesain khusus untuk olahraga seharusnya terasa seperti kulit keduamu dan membuatmu bebas dari rasa sesak. Olahraga dengan rasa nyaman akan membuatmu semakin konsentrasi. Saat ingin membeli pakaian olahraga, pilihlah desain yang memang pas dengan kebutuhanmu agar tidak membuat kulit iritasi atau lecet.

3. Mengatur dan Mengontrol Suhu Tubuh

Saat menjalani sesi olahraga yang intens, kamu akan merasa bersyukur karena tidak memakai atasan katun yang menyerap keringat dan membuat kamu lembap dan tidak nyaman. Pilihlah pakaian olahraga yang ringan, breathable, sehingga kamu selalu merasa kering dan nyaman!

4. Meningkatkan Performa

Kualitas tinggi pada bahan yang digunakan pada sportswear akan mengakselerasi performa kamu saat olahraga sehingga hasilnya lebih optimal. Demi mencapai itu, kamu memerlukan perlengkapan olahraga yang nyaman dan seamless sehingga tidak menjadi distraksi saat harus berkonsentrasi.

5. Menjaga Kondisi Kulit

Pakaian olahraga yang tidak memiliki kualitas yang baik dapat membuat kulit iritasi, mulai dari ruam dan rasa gatal saat workout. Melakukan gerakan-gerakan olahaga mempercepat sirkulasi darah ke kulit dan ini dapat menyebabkan rasa gatal. Keringat, dehidrasi, dan menggunakan bahan yang tidak breathable dapat menyumbat kelenjar keringat. Pilihlah material yang ringan dan breathable agar kulit senantiasa terjaga kondisinya.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan sportswear yang proper saat berolahraga. Selain berguna untuk kesehatan, kamu juga bisa meminimalisir risiko cidera yah ladies! Jangan lupa selalu memakai masker yah selama new normal.

Sumber Foto: Freepik.com