6 Alasan Pentingnya Vaksin Booster Covid-19

Jumat, 29 April 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

6 Alasan Pentingnya Vaksin Booster Covid-19

Ilustrasi mendapatkan vaksin booster Covid-19. (Special)

Ladiestory.id - Sejak hadir pada akhir 2019 lalu, Covid-19 belum bisa dikatakan sepenuhnya hilang. Selain terus menerapkan protokol kesehatan, melakukan vaksin Covid-19 juga menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus.

Jika sebelumnya dianjurkan untuk melakukan vaksin dosis 1 dan 2, kini pemerintah menganjurkan masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster Covid-19. Hal ini mengingat beberapa waktu lalu muncul varian virus baru yang karakteristiknya belum diketahui secara pasti.

Dosis pada vaksin booster berguna untuk meningkatkan perlindungan dari dua dosis vaksin Covid-19 yang didapatkan sebelumnya. Sehingga ketika seseorang sudah mendapatkan vaksin booster Covid-19, maka akan memberikan perlindungan lebih lama dalam melawan virus corona.

Lantas, kenapa harus vaksin booster Covid-19? Yuk simak ulasan berikut!

Ilustrasi vaksin booster Covid-19. (Special)

Sebelum muncul anjuran untuk melakukan vaksin booster, rata-rata masyarakat Indonesia sudah lebih dulu menjalani vaksin primer untuk dosis 1 dan 2.

Setelah enam bulan vaksinaasi, diketahui efektivitas dari 4 macam vaksin yang sudah mendapatkan EUA (Emergency Use Authorization) dari WHO mengalami penurunan sebesar delapan persen. Terutama pada mereka yang sudah berusia 65 tahun atau bahkan lebih tua. Hal ini sesuai dengan siaran dari kanal YouTube BPNB Indonesia.

Perkuat Antibodi yang Sudah Terbangun

Ilustrasi mendapatkan vaksin booster Covid-19. (Special)

Jonathan Abraham, asisten profesor mikrobiologi di Blavatnik Institute di Harvard Medical School, mengatakan bahwa suntikan vaksin booster bertujuan untuk meningkatkan tingkat respons kekebalan setelah secara alami berkurang. Sehingga lewat vaksin booster, sistem kekebalan yang semula akan kembali menjadi patogen, justru dipanggil kembali untuk memproduksi sel-sel untuk antibodi dan sistem kekebalan lainnya.

Untuk Adaptasi Selama Masa Pandemi

Ilustrasi masa pandemi Covid-19. (Special)

Hidup di masa pandemi seperti sekarang ini memang perlu perlindungan yang cukup. Dengan mendapatkan vaksin booster Covid-19, maka bisa menjadi upaya adaptasi selama masa pandemi demi ketahanan kesehatan jangka panjang.

Hak Perlindungan Diri

Ilustrasi mendapatkan vaksin booster Covid-19. (Special)

Setiap orang berhak untuk mendapatkan vaksin booster sebagai bentuk perlindungan diri maupun komunitasnya.

Dengan mendapatkan vaksin booster, maka sistem kekebalan tubuh seseorang kembali diingatkan tentang virus yang perlu dipertahankan. Sehingga nantinya akan semakin meningkatkan atau memberi sistem kekebalan dorongan. Apalagi diketahui bahwa vaksin booster dirancang untuk memberikan pertahanan sistem kekebalan yang lebih lama.  

Munculnya Varian Omricon

Ilustrasi virus Covid-19. (Special)

Mungkin beberapa waktu lalu kita merasa sudah cukup dengan mendapatkan vaksin primer Covid-19 untuk dosis 1 dan 2 saja. Namun, kemunculan varian Omricon, membuat vaksin primer yang didapatkan sebelumnya belum cukup untuk melindungi tubuh dari infeksi oleh Omricon.

Varian Omricon memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi. Bahkan, kecepatan penularanannya bisa mencapai 500 persen dibandingkan virus corona pertama yang muncul di Wuhan pada 2019 lalu. Untuk alasan inilah, penggunaan vaksin booster menjadi sangat penting untuk perlindungan diri dari ancaman virus Covid-19.

Kinerja Vaksin Booster yang Dinilai Sangat Efektif

Ilustrasi penelitian vaksin booster. (Special)

Melansir Mayo Clinic, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vaksin booster mampu mengurangi risiko infeksi dan penyakit parah akibat virus Covid-19.

Selain itu menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), suntikan vaksin booster akan membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh. Sehingga, seseorang akan memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap infeksi Covid-19.

s