Mengenal 7 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Jumat, 12 November 2021 | 08:29:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mengenal 7 Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Mendunia

Foto: precintc-five

Ladiestory.id - Indonesia memang terkenal sebagai negeri yang kaya akan kebudayaan dan tradisi, termasuk dalam hal seni musik. Hal ini ditandai dengan berbagai alat musik tradisional yang dimiliki Indonesia.

Bukan hanya terkenal di negeri sendiri, alat musik tersebut pun populer dan jadi ciri khas Indonesia di mata dunia. Apa saja alat musik tersebut? Cari tahu yuk di bawah ini.

Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Setidaknya ada 7 alat musik tradisional Indonesia yang populer hingga ke mancanegara, yaitu:

1. Gamelan

Foto: Orami

Alat musik tradisional tanah air yang mendunia adalah gamelan yang berasal dari Jawa Tengah. Cara memainkan alat musik gamelan adalah dipukul dengan menggunakan alat pemukul. 

Gamelan sendiri terdiri atas beberapa alat musik seperti rebab, gendang, bonang penerus, demung, dan saron. Hingga kini gamelan masih banyak dimainkan dalam acara-acara tertentu. 

2. Angklung

Foto: Orami

Alat musik tradisional lainnya adalah angklung yang berasal dari Jawa Barat. Tapi seiring perkembangan zaman bukan hanya dari Jawa Barat, ada jenis angklung lainnya yang berasal dari Bali, Banyuwangi, gubrag dan sebagainya yag berkembang di Indonesia. 

Cara memainkan alat musik tradisional ini berbeda dengan beberapa alat musik tradisional lain, dan mengeluarkan suara yang  merdu.

3. Sasando

Foto: Tribune

Berikutnya alat musik tradisional Indonesia yang terkenal ke mancanegara adalah Sasando. Alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur ini dimainkan dengan cara dipetik.

Sasando sendiri terdiri dari tabung bambu dengan rentangan beberapa dawai dan ditempatkan di ruang resonansi terbuat dari daun lontar.

4. Tifa

Foto: Letgetreal

Alat musik tradisional Tifa yang berasal dari Papua dan Maluku ini juga populer hingga mendunia. Adapun cara memainkannya yaitu dengan dipukul pada bagian ujungnya. alat musik ini biasa dimainkan saat ada pertunjukan tari tradisional, pertunjukan musik atau pada acara upacara adat.

5. Kolintang

Foto: Kompas.travel

Alat musik tradisional lainnya yang mendunia yakni kolintang yang merupakan alat musik khas daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Bahkan permainan kolintang pernah memecahkan rekor dunia di tahun 2009 lalu, dengan ribuan peserta yang memainkan alat musik mereka masing-masing secara apik sehingga nada yang dihasilkan pun tampak serasi dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Tak sia-sia bila kemudian 4 rekor dunia berhasil diraih lewat acara tersebut.

6. Kecapi

Foto: Budayanusantara

Alat musik khas Indonesia yang terkenal hingga mancanegara berikutnya adalah kecapi. Kecapi adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat dan Sulawesi Barat. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini biasa digunakan untuk mengiringi berbagai acara adat dan hiburan publik.

7. Serune Kale

Alat musik tradisional yang satu ini telah lama berkembang dalam masyarakat Aceh. Alat musik Serune Kale  ini sangat populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat.

Alat musik ini biasanya dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang dalam acara-acara hiburan, tari-tarian atau acara untuk menyambut tamu kehormatan.

Bahan dasar sarune kale ini terbuat dari kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musiknya hampir menyerupai seruling bambu. Warna dasarnya hitam yang berfungsi untuk pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.

Itulah 7 alat musik tradisional Indonesia yang mendunia. Sudah sepatutnya kita bangga dan dapat melestarikannnya.