Buruk Dikonsumsi Malam Hari, Ini Anjuran Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Senin, 6 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Buruk Dikonsumsi Malam Hari, Ini Anjuran Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Foto: Ladiestory.id

Lumayan banyak orang yang sengaja mengonsumsi kopi usai melaksanakan makan malam. Hal ini dikarenakan oleh nikmatnya minuman ini yang diklaim dapat melengkapi makan malam.

Bahkan, terkadang kita dapat melakukannya sembari menonton acara televisi atau mengobrol bersama dengan teman-teman atau keluarga. Hanya saja, apakah tidak apa-apa bila kita minum kopi usai makan malam?

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Malam

Anjukan Waktu Minum Kopi
Foto: Ladiestory.id

 

Sebuah penelitian dilaksanakan guna mengetahui dampak dari kebiasaan minum kopi setelah makan di University of Guelph, Kanada. Hasilnya yaitu, bila kita mengonsumsinya setelah makan, termasuk setelah makan malam, maka kadar gula darah dapat naik sampai dua kali lipat.

Terlebih bila kadar lemak dalam makanan yang kita makan lumayan banyak. Keberadaan lemak ini akan menjadikan produksi hormon insulin terpengaruh dan pada akhirnya memicu peningkatan kadar gula darah secara signifikan.

Salah satu peneliti yang ikut serta, Marie-Soleil Beaudoin, mengatakan kafein di dalam kopi dapat mengganggu komunikasi antara usus dengan pankreas.

Hal inilah yang pada akhirnya mengganggu produksi hormon insulin tubuh dan menjadikan kadar gula darah cenderung meningkat. Masalahnya yaitu, bila keadaan kadar gula darah ini terus tinggi, dikhawatirkan risiko diabetes dapat turut meningkat.

Dampak minum kopi di malam hari

Anjukan Waktu Minum Kopi
Foto: Ladiestory.id

Telah menjadi rahasia umum bila kopi dapat memberikan efek samping bila dikonsumsi di malam hari.

Prof John O’Neill yang berasal dari Molecular Biologic Medic Research Laboratory mengatakan mengonsumsi kafein di malam hari dapat mengganggu jam biologis tubuh secara signifikan.

Hal inilah yang menjadikan kita tak segera mengantuk walau tubuh sudah lelah dan pada akhirnya kesulitan untuk terlelap. Sebab alasan inilah, konsumsi kopi di malam hari sangat tidak disarankan, terutama untuk mereka yang memang cenderung sensitif dengan kandungan kafein.

Beberapa waktu lain yang tidak dianjurkan untuk minum kopi

Anjukan Waktu Minum Kopi
Foto: Detik Food

Selain di malam hari atau setelah makan malam, pakar kesehatan mengatakan terdapat beberapa waktu lain yang nyatanya juga tidak dianjurkan untuk minum kopi. Berikut merupakan waktu-waktu minum kopi tersebut.

Setelah bangun pagi

Mayoritas orang yang sengaja minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari untuk membantu tubuh segera menghilangkan rasa kantuk sekaligus menambah semangat. Sayang sekali, pakar kesehatan malah mengatakan kebiasaan ini tidak baik.

Bisa jadi kebiasaan ini akan menjadikan kepala pusing sebab di jam-jam inilah, produksi hormon kortisol dengan alami berlangsung.

Peningkatan jumlah hormon ini karena konsumsi kopi dapat mengakibatkan kepala pusing dan bahkan membuat proses produksi hormon secara alami ini akan terganggu. Di lain hari, kita juga menjadi ketergantungan dengan kopi hanya untuk menghilangkan rasa kantuk.

Saat bersama dengan teman-teman di kedai

Sebetulnya, tidak ada salahnya bila kita minum kopi bersama dengan teman-teman di kedai, tapi terkadang asyiknya obrolan menjadikan kita tidak memilih kopi yang tepat.

Bukannya kopi hitam yang sehat, kita malah memilih kopi yang mempunyai tambahan gula dan kalori yang tinggi. Kita juga akan lebih mudah terkena kenaikan berat badan atau risiko diabetes karena hal ini.

Saat larut malam

Mayoritas orang yang sengaja minum kopi di larut malam untuk membantu tubuh menghilangkan rasa kantuk sebab ingin menonton acara televisi kesayangan atau mengobrol bersama dengan teman-teman. Sayang sekali, hal ini akan menjadi kita lebih mudah terkena insomnia di kemudian hari.