1. Health
  2. Apa Itu Air Sadah? Ketahui Dampaknya Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut
Health

Apa Itu Air Sadah? Ketahui Dampaknya Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Apa Itu Air Sadah? Ketahui Dampaknya Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Ilustrasi Air. (Special)

Ladiestory.id - Merawat kesehatan kulit dan rambut memerlukan perawatan ekstra untuk mencapai hasil optimal. Faktanya, air adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi kesehatan kulit dan rambut. Air dibagi menjadi dua jenis berdasarkan teksturnya, yaitu air sadah (hard water) dan air lunak (soft water). Air sadah adalah air tanah murni yang mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium. Jenis air dapat memiliki efek negatif pada kulit dan rambut kita, yang menyebabkan kering, iritasi, hingga menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Menurut Dokter Kulit, Dr. Rita Maria Sp.KK, logam yang terkandung dalam air sadah dapat memicu masalah kulit bagi individu yang rentan terhadap kulit kering atau kondisi kulitnya sedang tidak sehat. Mereka dapat mengalami gatal-gatal atau kemerahan, yang bisa sangat mengganggu.

Sedangkan efeknya pada rambut, penumpukan mineral yang terkandung di air sadah dapat menghasilkan lapisan pada rambut dan kulit kepala yang dapat menghalangi kelembapan, sehingga rambut terlihat kusam dan “tak bernyawa”. Mineral-mineral ini juga menghalangi folikel rambut, menyebabkan rasa gatal dan peradangan. Selain itu, air sadah juga dapat mengangkat kutikula, lapisan terluar rambut. Akibatnya, elastisitas rambut akan rusak, sehingga membuatnya kasar ketika disentuh, kering, dan lebih mudah patah. Namun, ada cara untuk mentransformasi air sadah menjadi air lunak, yakni diperlukan beberapa sistem filtrasi untuk mengekstrak kalsium dan magnesium dari kandungan air sadah.

Tidak hanya bagi orang dewasa, air sadah juga dapat membahayakan anak-anak dan bayi. Beberapa penelitian telah melakukan eksplorasi hubungan antara air sadah dan eksim. Menurut sebuah studi di The Lancet, paparan air sadah di rumah dapat meningkatkan risiko eksim pada anak-anak usia sekolah dasar. Namun, untuk mengatasi masalah ini, beberapa studi menemukan bahwa penggunaan alat pelembut air dapat membantu keluarga mencegah dampak air sadah.

dr. Zarif Jabbar-Lopez, Dokter Kulit yang berbasis di London, dan rekan-rekannya melakukan penelitian terkait penggunaan pelembut air untuk mencegah eksim pada bayi yang baru lahir. Penelitian ini berpotensi memiliki dampak signifikan pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan bayi yang terdampak kondisi tersebut.

Dokter Carsten Flohr, dari St John's Institute of Dermatology di Guy's and St Thomas' NHS Foundation Trust dan King's College London, menyatakan bahwa satu dari lima anak, dan satu dari dua belas orang dewasa di Inggris menderita eksim. Untuk itu, dia merekomendasikan penggunaan pelembut air guna menciptakan air yang lebih lembut dan mencegah dampak negatif dari air sadah pada kulit untuk mencegah risiko perkembangan eksim.

Ilustrasi Air. (Special)

 

Follow our
media updates!

Bagaimana Cara Pelembut Air Bekerja?

Pelembut air menggunakan proses pertukaran ion untuk menggantikan ion kalsium dan magnesium dalam air sadah dengan ion natrium dan kalium. Proses ini menghasilkan air yang lebih lembut pada kulit dan rambut, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut secara keseluruhan.

Selain manfaat kecantikan, pelembut air juga memberikan keuntungan praktis dengan membantu mengurangi kerak sabun untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga. Air lunak juga dapat menghemat pengeluaran sabun dan deterjen untuk mencuci pakaian dan piring.

Alexander Ziehe, Managing Director Southeast Asia and Oceania, Viessmann, menekankan pentingnya pelembut air untuk kesehatan kulit dan rambut. "Pelembut air mampu menyaring semua kontaminan negatif dan mengubahnya menjadi air lunak. Oleh karena itu, Viessmann mengembangkan pelembut air inovatif VITOPURE S3 untuk mengatasi masalah air sadah secara efektif dan mengubahnya menjadi air lunak. Sistem pelembut air sentral ini dapat memperbaiki tekstur air dengan menyaring mineral seperti kalsium dan magnesium untuk menghasilkan air lebih bersih yang dapat menjaga kulit dan rambut yang lebih sehat. Mengurangi efek negatif air sadah dapat menghasilkan kulit yang lebih bersih, lebih lembut, dan lebih cerah, serta rambut yang lebih halus dan warna yang lebih tahan lama."

Manfaat Pelembut Air untuk Kulit dan Rambut:

  • Kulit Lebih Bersih: Air lunak memungkinkan sabun menghasilkan busa yang lebih baik, membersihkan kulit tanpa meninggalkan residu yang mengganggu, sehingga kulit lebih bersih.
  • Kulit Lebih Lembut: Dengan menjaga minyak alami kulit, air lunak membuat kulit terasa lebih halus, mencegah kulit kering dan eksim.
  • Kulit Lebih Cerah: Air lunak tidak akan menghilangkan minyak alami kulit, mengurangi produksi minyak, dan mengurangi timbulnya jerawat.
  • Rambut Lebih Halus dan Warna Lebih Tahan Lama: Air lunak memungkinkan perawatan rambut secara mendalam, menghasilkan rambut yang lebih halus dan lembut, serta mencegah warna rambut memudar sebelum waktunya.
  • Kulit Kepala Lebih Sehat: Air lunak menenangkan kulit kepala, mencegah rasa gatal dan sisik yang seringkali terkait dengan ketombe.

Dengan menggunakan pelembut air sebagai rutinitas harian, kesehatan dan penampilan kulit dan rambut Anda akan selalu terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab kulit secara teratur untuk menjaga kelembapan dan terlindung dari efek kulit kering dari air sadah, hindari penggunaan sabun dan deterjen yang keras karena dapat meningkatkan risiko kulit kering, serta mandi dengan waktu yang lebih singkat untuk mengurangi paparan Anda terhadap air sadah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel