Apa Itu Brazilian Waxing? Ketahui Manfaat, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Apa Itu Brazilian Waxing? Ketahui Manfaat, Prosedur, Dan Efek Sampingnya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Brazilian waxing merupakan salah satu metode menghilangkan atau mencukur rambut di bagian kemaluan dengan bersih. Akan tetapi, kamu pun dapat memilih guna menghilangkan semua atau menyisakan sedikit rambut pada bagian depan vagina.

Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan

brazilian waxing
Foto: Ladiestory.id

Kebanyakan wanita tentu merasa lebih puas dengan hasil waxing ketimbang dengan pilihan penghilangan rambut kemaluan lain semacam shaving, epilation, maupun mencukur memakai krim penghilang rambut. Nah, manfaat utama waxing, di antaranya:

1. Menyehatkan dan Melembutkan Kulit

Proses waxing tidak hanya membersihkan rambut, namun juga mengelupas serta menghilangkan sel kulit mati. Dampaknya, kulit kamu akan kian sehat dan terasa lembut. Sehingga, ini berarti bahwa kamu sudah menerima perawatan rambut serta perawatan kulit semuanya pada satu kali proses.

2. Rambut Akan Lebih Tipis

Usai melaksanakan waxing, bulu juga akan lebih lama dalan tumbuh kembali. Di sisi lain, ketika rambut sudah tumbuh kembali, rambut yang tumbuh ini akan menjadi lebih tipis dan tentunya lebih bagus.

3. Meminimaliskan Iritasi

Banyak orang menyatakan jika metode pengangkatan rambut semacam shaving, epilation, atau mencukur memakai krim penghilang rambut akan mengakibatkan iritasi pada kulit.

Akan tetapi, metode Brazilian waxing akan jarang sekali menyebabkan masalah asalkan kamu memilih tempat yang berlisensi dengan tenaga berpengalaman.

Bagaimana Prosedur Brazilian Waxing?

brazilian waxing
Foto: Ladiestory.id

Umumnya, terapis memerlukan waktu sekitar 30 – 45 menit ketika melakukan waxing jenis ini. Waktu Brazilian waxing tergantung dari seberapa banyak terapis butuh menghilangkan rambut pada bagian vagina. Di bawah ini merupakan proses atau prosedur dari Brazilian waxing.

1. Pertama, terapis akan membersihkan daerah vagina guna mencegah infeksi.

2. Akan terdapat proses pre-wax terlebih dahulu semacam memberikan minyak atau bedak.

3. Sesudah itu, terapis akan mengoleskan lilin khusus ke rambut kemaluan.

4. Kemudian, terapis meletakkan kain maupun kertas strip selama beberapa detik.

5. Jika telah menempel cukup kuat, terapis akan menarik ke arah berlawanan.

6. Bila masih terdapat sisa rambut, terapis akan membersihkannya dengan penjepit maupun pinset.

7. Terakhir, terapis akan mengoleskan krim maupun serum khusus guna meredakan kemerahan.

Pastikan kamu memakai jenis pakaian longgar supaya terasa nyaman dan mencegah terjadinya gesekan yang menyebabkan risiko folikulitis.

Efek Samping Brazilian Wax

brazilian waxing
Foto: Ladiestory.id

Umumnya, ketika rambut kemaluan telah tumbuh lebat, tidak ada salahnya guna sedikit mencukurnya dengan gunting supaya rapi serta mencegah rasa gatal.

Akan tetapi, ada juga wanita yang hendak menghilangkan rambut pada daerah vagina sebab ini merupakan suatu keputusan pribadi.

Kamu pun perlu mengetahui bila menghilangkan rambut kemaluan semacam brazilian waxing lebih banyak efek sampingnya ketimbang manfaatnya.

Melansir dari Mayo Clinic, tidak ada alasan medis atau higienis ketika menghilangkan sebagian maupun seluruh rambut kemaluan. Berikut sejumlah efek samping yang bisa terjadi, seperti:

1. Vagina gatal.

2. Luka bakar akibat lilin waxing.

3. Lecet maupun luka,

4. Ruam, benjolan, sampai rambut tumbuh ke dalam.

5. Infeksi bakteri.

6. Meningkatkan risiko infeksi virus akibat iritasi kulit.

7. Dermatitis kontak.

Saat kamu ingin menggunakan metode brazilian waxing untuk membersihkan rambut kemaluan, pastikan kamu melakukannya di tempat terferivikasi dan terapi terpercaya.