Atasi Kecemasan Ibu dan Anak Usia Dini Dengan Yoga

Rabu, 25 Agustus 2021 | 06:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Atasi Kecemasan Ibu dan Anak Usia Dini Dengan Yoga

Foto: Ladiestory.id

Pandemi merupakan masa yang sulit dirasakan hampir semua kalangan. Salah satunya adalah ibu dan anak usia dini mengalami depresi di masa pandemi COVID-19. Bukan hanya itu, studi lanjutan tentang anak, wadah edukasi tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Mengapa harus berolahraga?

Foto: Ladiestory.id

 

45,5 persen manusia mengalami kecemasan tingkat sedang dan berat. Fakta ini menjadikan alasan hadirnya gerakan #IbuTenangKeluargaSenang yang diinisiasi Tentang Anak pada berbagai kegiatan. 

Perasaan panik yang mungkin terjadi di rumah saja selama pandemi dengan anak-anakku tumbuh kembangnya baik dan pekerjaanku baik selama pandemi. Jika hal ini berlangsung lama, ada kemungkinan berbagai hal yang terjadi. 

Keadaan yang kurang mudah terkadang membuat kita merasa dan berusaha tenang dari berbagai kekhawatiran. Selain itu, ketika bersyukur diajak meditasi hal ini merupakan sesuatu hal yang sering panik dan memang terasa lebih tenang. 

Faktanya, olahraga adalah sesuatu yang dapat membantu dalam menjernihkan pikiran dan meningkatkan kesehatan. Salah satu contoh olahraga yang dapat dilakukan adalah latihan yoga. Olahraga yang dapat dikatakan untuk meningkatkan ketenangan dalam diri. 

Mencoba rutin melakukan yoga bersama anak bertujuan menumbuhkan rasa dan pikiran yang tenang di masa pandemi. Selain itu, yoga dapat meningkatkan kualitas hubungan orangtua dan anak, sehingga proses pendampingan tumbuh kembang anak lebih optimal.

Beragam Manfaat Yoga untuk Ibu dan anak

Foto: Ladiestory.id

 

Berawal dari dari mempersiapkan mental dan fisik. Sebuah hal yang menyelenggarakan movement dengan pemikiran dan perencanaan yang matang, baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan mental ibu dan anak, tentunya dipandu oleh ahlinya."

Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Tidak hanya itu, sebelum memulai kita perlu menunjukkan betapa pentingnya kesehatan dan kesiapan mental ibu dengan mengoptimalkan tumbuh kembang anak, walau harus di rumah saja. Keadaan itu membuat ibu tenang dan keluarga akan merasakannya.

Selain dapat menurunkan tingkat sters, yoga juga dapat menurunkan sinkroni otak antara ibu dan anak serta berdampak pada pola pengasuhan negatif dan tidak responsif terhadap kebutuhan si kecil.

Alternatif untuk mengisi waktu luang bersama anak

Semakin berkembang, memulai dan melakukannya dengan konsisten. Latihan Yoga Ibu dan Anak yang sering dijadikan sebagai alternatif bagi orangtua serta anak untuk semakin dekat, terlebih dilakukan rutin.

Selain itu, tentukan pilihan waktu yang tepat tentang saat bangun tidur, sehingga orangtua dan anak memiliki waktu berkualitas bersama yang konsisten setiap hari.

Meningkatkan konsentrasi pada anak

Yoga dapat memperkuat hubungan orangtua dan anak serta meningkatkan konsentrasi dan membuat anak lebih menghargai dirinya sendiri.

Selain itu, semakin banyak waktu yang dilakukan dengan anak dapat membantu dalam membentuk diri anak.

Yoga bisa dijadikan alternatif yang baik sebagai pendamping terbaik para orangtua lebih tenang dan tidak cemas dalam mendidik anak melalui asupan informasi seputar parenting di masa pandemi.

Berita Terkait