Atasi Rasa Cemas Saat Pandemi Virus Corona dengan Berbagai Jenis Teh

Jumat, 3 April 2020 | 10:59:43

Kartika Sari

Penulis : Kartika Sari

Atasi Rasa Cemas Saat Pandemi Virus Corona Dengan Berbagai Jenis Teh

Daftar Teh untuk Mengatasi Cemas. Minum teh tak hanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh tapi juga banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Yah, di masa pandemi virus corona seperti sekarang ini banyak orang yang mengalami kecemasan. Wajar saja jika hal ini terjadi di situasi yang buruk dan ketidakpastian membuat sebagian besar orang menjadi resah dan cemas.

Itu sebabnya, banyak yang menyarankan untuk tidak membaca, menonton berita dan media sosial guna mengatasi kecemasan. Salah satunya, disarankan untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang membuat fokus anda teralihkan, seperti meditasi, menonton film atau memasak. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi teh untuk membantu meredakan resa cemas. Yah, teh banyak mengandung zat baik untuk tubuh diantaranya polifenol, flavonoid, asam amino dan katekin. Nah, beberapa jenis teh ini bisa anda pilih untuk mengatasi rasa cemas.

?

1. Teh Chamomile

Salah satu jenis tah ini mengandung antioksidan dengan jumlah yang cukup tinggi dan terbukti mengurangi peradangan serta dapat mengurangi kecemasan. Sering kali stres dan kecemasan yang berlebihan menyebabkan sulit tidur. Nah, teh ini juga dapat mengatasi insomnia, sama seperti teh peppermint, teh chamomile memiliki manfaat besar dalam mengendurkan otot dan mengurangi iritabilitas.

?

2. Teh peppermint

Teh aromatik ini bekerja dengan baik dalam mengurangi stres dan kecemasan. Kandungan mentol dalam peppermint adalah pelemas otot alami. Saat anda stres atau emas, biasanya cenderung merasa sangat tegang dan mudah tersinggung. Minum teh peppermint akan membantu anda menjadi lebih tenang karena efek relaksasi dari teh ini. Sama seperti teh chamomile, teh ini juga baik diminum sebelum tidur.

?

3. Teh Hijau (Camella Sinensis)

Teh ini mempunyai kandungan polifenol yang dapat membantu anda mengatasi kecemasan dan stress. Meskipun teh hijau ini mengandung kafein, namun teh ini bersifat adatogenik sehingga membuat anda tetap waspada tetapi cukup tenang tanpa membuat anda merasa mengantuk.? Teh ini juga mengandung senyawa yang dapat menenangkan otak yaitu theanine sehingga efektif mengurangi kecemasan.

?

4. Teh Hitam

Menurut penelitian, mengonsumsi teh hitam selama enam minggu dapat menurunkan kadar kortisol yang menyebabkan stres. Teh hitam juga dapat mempercepat pemulihan diri dari stres sehari-hari dalam hidup.

Nah, dari sekian banyak teh mana yang paling anda suka ladies? Teh juga baik dikonsumsi ketika sedang PMS. Seperti yang sudah kita jelaskan di atas bahwa berbagai teh ini ampuh menurunkan ketegangan otot serta mengurangi kecemasan dan stres. Tentunya kalian tahu bukan bahwa satu-satunya yang mampu menangkal virus corona adalah ketahanan tubuh atau imunitas. Nah, sering kali imun dalam tubuh turun akibat terlalu cemas dan stres, untuk itu teh bisa menjadi alternatif untuk menangkalnya. Tapi ingat, jangan konsumsi secara berlebihan yah, apalagi dengan campuran gula.