Auto Melek! Ini 5 Tips Bangun Cepat di Pagi Hari Tanpa Alarm

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:30:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Auto Melek! Ini 5 Tips Bangun Cepat Di Pagi Hari Tanpa Alarm

Ilustrasi Bangun Pagi (Special)

Ladiestory.id - Buat sebagian orang, bangun pagi merupakan ritual paling berat untuk dilakukan, apalagi setelah menderita kesulitan tidur di malam harinya. Anak kecil mungkin bisa menghindar untuk bangun pagi, tapi bagi orang dewasa, menunda bangun tidur bisa membuat schedule satu hari jadi berantakan. Bagaimana agar Ladies bisa terbiasa untuk bangun tidur sekalipun alarm tak sengaja mati? Yuk simak tipsnya berikut ini!                   

 

Jauhkan Gawai dari Jangkauan

Ilustrasi Meletakkan Gawai (Special)

Sudah jadi rahasia umum, manusia di era modern ini tak bisa hidup tanpa gawai. Ketergantungan ini kerap berdampak negatif. Salah satunya dapat menyebabkan insomnia. Agar waktu tidur lebih berkualitas, cobalah untuk meletakkan gawai jauh dari jangkauan, bisa di ruangan lain atau di ruangan yang sama, namun agak jauh dari jangkauan tangan Ladies di tempat tidur.

Dengan menjauhkan letak gawai, selain dapat mencegah insomnia, seseorang juga menjadi lebih cepat bangun di pagi hari. Tak hanya karena telah menikmati kualitas tidur yang baik di malam sebelumnya, tetapi letak yang jauh dari jangkauan ini juga bisa sedikit memaksa Ladies untuk mau tidak mau beranjak dari tempat tidur ketika ingin mengeceknya. Setelah gawai beranjak dari tempat tidur dengan sempurna, harapannya Ladies bisa menahan godaan untuk kembali menarik selimut dan melanjutkan tidur.

 

Buka Jendela Kamar

Ilustrasi Membuka Jendela (Special)

Disadari atau tidak, ketika seseorang membuka jendela kamar sesaat setelah beranjak dari tempat tidur, ia akan cenderung lebih bersemangat dan enggan untuk kembali rebahan. Selain lebih bersemangat, efek paparan sinar matahari juga dapat membuat hati lebih bahagia dan optimis menghadapi hari.

Alih-alih hanya menyibak gorden, cobalah untuk langsung membuka kaca jendelanya. Setelah itu, Ladies juga dapat menarik napas dalam-dalam sambil menatap ke arah luar jendela. Biarkan tubuh sejenak menyerap udara pagi yang bersih. Selain membantu memelihara sistem pernapasan (kesehatan fisik), aktivitas sederhana ini juga dapat menjaga kesehatan jiwa dan pikiran Ladies.

 

Lakukan Peregangan Otot

Ilustrasi Meregangkan Otot (Special)

Stretching atau peregangan otot adalah teknik dasar yang bisa dilakukan seseorang untuk membangun keaktivan tubuhnya. Selain memberi efek meredakan rasa pegal pada tubuh akibat posisi yang tidak benar ketika tiduk, teknik ini juga akan memberi efek segar pada tubuh sehingga efektif untuk mengusir rasa kantuk.

 

Rapikan Tempat Tidur

Ilustrasi Merapikan Kamar (Special)

Selain melakukan peregangan otot, Ladies juga bisa lho langsung merapikan kamar segera setelah beranjak dari tempat tidur. Aktivitas fisik ini dapat merangsang tubuh untuk aktif sehingga keinginan untuk kembali rebahan dapat dihindari. Tak hanya itu, merapikan tempat tidur juga dapat meningkatkan mood, apalagi buat si paling rapi.

Jangan lupa untuk sekalian mengganti seprai dan sarung bantal secara periodik ya, Ladies. Hal ini untuk mencegah tempat tidur dihinggapi serangga dan kotoran lainnya. Akan lebih baik apabila Ladies juga berinisiatif melanjutkan aktivitas bersih-bersihnya dengan menyapu atau menyedot debu agar kamar langsung bersih seketika.

 

Segera Mandi

Ilustrasi Orang Mandi (Special)

Mandi pagi, apalagi sebelum matahari terbit, diyakini dapat memberi efek yang sangat baik. Bagi tubuh, aktivitas satu ini dapat menstabilkan tekanan darah, menormalkan suhu tubuh, memperbaiki pandangan mata dan memberi efek segar. Setelah mandi pagi, kesadaran diri akan meningkat, ditandai dengan hal-hal seperti hilangnya rasa pusing, tubuh lemas, pandangan mata kabur atau tubuh terasa goyah.

Baik menggunakan air hangat atau biasa, kedua cara mandi ini tetap dapat memberi manfaat bagi tubuh. Setelah mandi, dijamin Ladies akan merasa lebih tenang dan tidak kegerahan. Satu hal lagi yang pasti, Ladies tidak akan mengantuk sehingga terpikir untuk menarik selimut lagi untuk meneruskan tidur. Ingat, tidur di pagi hari dapat berdampak negatif lho bagi kesehatan. Jadi, sebisa mungkin, hindari ya.          

 

Nah Ladies, Itulah 5 tips agar kamu bisa lebih cepat bangun tidur di pagi hari. Apakah Ladies memiliki tips lainnya? Coba praktikkan, yuk!