Sulit Tidur? Ini 5 Tips Mudah untuk Cepat Tidur

Selasa, 2 November 2021 | 12:31:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sulit Tidur? Ini 5 Tips Mudah Untuk Cepat Tidur

Sumber: sehatq

Ladiestory.id - Salah satu gangguan yang terkadang dialami beberapa orang adalah kesulitan untuk tidur atau insomnia. Sebenarnya ada berbagai cara cepat tidur yang bisa dicoba dimulai dari mengonsumsi obat dokter dan tips alami yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi kesulitan tidur.  

Foto: halodoc

Faktanya, sulit tidur dapat diartikan dari sulit tidur, sering terbangun di tengah malam, atau bangun terlalu subuh sehingga tidak bisa melanjutkan tidur kembali. Sulit tidur terkadang membuat kita kurang bertenaga dan bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Maka dari itu, tidur yang cukup dan berkualitas memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu, susah tidur atau insomnia adalah gangguan kesehatan yang harus mendapatkan penanganan yang tepat.

Pasalnya, jika dibiarkan berlarut-larut, waktu tidur ideal jadi tidak tercukupi dalam jangka lama sehingga mempengaruhi bahkan dapat menciptakan kebiasaan.

Tips Mudah untuk Cepat Tidur

Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar cepat tertidur.

1. Tentukan dengan Jelas Tidur di Jam yang Sama Tiap Malam

Mulai bangun pola hidup tepat dengan menerapkan disiplin waktu tidur. Caranya bisa dimulai dengan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Secara tidak langsung, hal ini membuat tubuh terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama.

2. Ketika Menjelang Istirahat, Jauhkan dan Matikan Peralatan Elektronik

Salah satu cara yang tepat untuk tidur cepat adalah mematikan semua alat-alat elektronik, seperti telepon seluler dan tablet. Lakukan hal ini kira-kira 1,5 jam sebelum tidur.

Namun, ketika terbangun di tengah malam, disarankan untuk tidak menyalakan ponsel. Faktor dari cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur terganggu.

Foto: suara

3. Usahakan Sebelum Tidur Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Kandungan dari makanan tinggi lemak akan berkaitan dengan waktu tidur, tentu saja hal ini akan membuat tubuh bekerja ekstra keras dalam memecah lemak, sehingga membuat lebih susah tidur.

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur diduga dapat membuat kita terlelap lebih cepat.

Hal ini diyakini karena karbohidrat mampu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat Anda lebih mudah mengantuk. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Terapi Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Beberapa orang meyakini bahwa mandi air hangat sebelum tidur di malam hari dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga membantu kita tidur lebih cepat dan nyenyak.

Foto: tribunjogja

5. Rutin Melakukan Latihan Pernapasan

Faktanya, latihan pernapasan mampu mempercepat tidur. Hal ini mudah dilakukan dengan cara tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan.

Kita bisa lakukan ini sebanyak empat kali. Ketika dilakukan dengan rutin, latihan pernapasan bisa membuat kita lebih rileks dan mudah untuk tertidur.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan agar mudah tertidur. Semoga bermanfaat.