Bagaimana Menghadapi Pasangan yang Kalau Marah, Diam Seribu Bahasa

Rabu, 8 April 2020 | 13:56:36

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Bagaimana Menghadapi Pasangan Yang Kalau Marah, Diam Seribu Bahasa

Hal yang menjadi masalah utama bagi banyak pasangan adalah masalah perbedaan pendapat. Seringkali perbedaan di antara pasangan menyebabkan sebuah pertengkaran, yang membuat kita merasa marah dan frustrasi. Dan yang membuat makin geram adalah ketika pasangan memilih diam seribu bahasa saat marah. Bagaimana menghadapi pasangan yang memiliki kebiasaan ini? Coba lakukan beberapa langkah di bawah ini. 

Tidak Membalasnya dengan Kemarahan

Beri dia waktu, biasanya pasangan yang sensitif cenderung kewalahan dengan segala emosi yang dia rasakan dan membutuhkan waktu untuk menenangkan diri. Jika kondisinya tidak memungkinkan, jangan paksa dia untuk langsung mengungkapkan perasaannya. Pastikan juga kamu selalu ada untuknya dengan berkata, “Kalau kamu butuh teman ngomong, cari aku aja,” agar dia tidak merasa diabaikan.

Bersikap Sabar

Cara bersabar yang paling gampang adalah take your time dan menikmati kegiatan yang ingin kamu lakukan sebelumnya. Hal ini dapat membuat kamu tetap waras dan tidak merasa bersalah karena sudah membuat pasangan kamu marah. Bersabar sampai pasangan kamu ingin berbicara, jauh lebih baik daripada memaksakan kehendak saat itu juga. Jangan memancing kobaran api yang lebih besar jika tidak ingin ada pertengkaran yang lebih dalam.

Menyikapinya dengan Kasih Sayang

Sikapi kemarahan pasangan dengan penuh kasih sayang dan penghargaan. Lakukan hal-hal kecil seperti tersenyum untuk dapat meredam kemarahan pasangan kamu sehingga tidak menimbulkan konflik yang lebih besar. Jangan ikutan mendiamkan pasangan. Semuanya ini akan membuat mereka merasa lebih dihargai.

Memaafkan Pasangan

Memaafkan kesalahan orang lain merupakan salah satu tindakan terpuji. Karena pasangan yang sedang marah, semua perkataan dan perbuatannya sedang dikendalikan oleh hawa nafsu. Oleh karena itu, dengan memaafkannya maka kamu tidak akan menimbulkan masalah baru lainnya yang lebih pelik. Biarkan dia bicara jika mood-nya sudah kembali baik.

Terkadang Diam adalah Cara Terbaik

Jika pasangan kamu sedang marah dan hanya diam seribu bahasa cara terakhir yang paling ampuh adalah dengan ikut diam. Sebab dengan semakin banyak omongan yang keluar dari mulut kamu, itu akan membuatnya semakin marah dan bisa jadi emosinya akan meledak saat itu juga. Dia diam bukan ingin menghindar, tapi biasanya orang yang marah dengan cara diam karena tidak ingin ada argumen apa pun saat itu.

Dalam sebuah hubungan, lebih baik mengalah dan bersabar agar tidak terjadi konflik yang besar. Banyak orang yang khilaf saat bertengkar, ini termasuk kamu dan pasangan. Jadi, saat sedang marah, ada baiknya menenangkan diri dulu sebelum membicarakan dan berdiskusi dengan pasangan supaya pembicaraan berjalan baik dan ada solusi yang ditemukan. Ini artinya, kamu dan pasangan bisa saling mengerti dan lebih mengenal satu sama lain. 

Sumber foto utama: Freepik.com