5 Bahan Alami Bantu Atasi Radang Amandel

Jumat, 18 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Bahan Alami Bantu Atasi Radang Amandel

Ilustrasi amandel. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu gejala penyakit yang sangat mengganggu kondisi tenggorokan saat hendak mengonsumsi makanan dan minuman ialah amandel. Radang amandel dapat disebabkan oleh virus dan bakteri Streptokokus yang menyebabkan kondisi tenggorokan menjadi radang.

Gejala amandel tak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga bisa terjadi pada anak-anak. Gejala amandel dapat disertai dengan demam, sakt kepala, sakit tenggorokan, bahkan infeksi kelenjar getah bening. Untuk mengatasi gejala amandel, kamu bisa menggunakan 5 bahan alami seperti berikut.

Air Garam

Air Garam (Special)

Bahan alami pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi amandel ialah air garam. Kamu juga dapat berkumur menggunakan air garam sebagai antiseptik alami untuk membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di tenggorokan dan mulut.

Caranya pun mudah cukup. Sediakan segelas air hangat dan satu sendok teh garam, kemudian aduk hingga merata dan berkumurlah dengan air garam tersebut. Kamu pun dapat berkumur dengan air garam secara berulang setiap hari agar amandel dapat mereda.

Air hangat dan air garam efektif membunuh kuman dan bakteri serta dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, berkumur dengan air garam dapat membantu mengangkat dahak yang menempel di dalam tenggorokan dan celah mulut serta membuat pernapasan menjadi lebih rileks.

Air Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengobati radang amandel adalah air jahe. Jahe mengandung senyawa gingerol yang memiliki sifat antiinflamasi serta antibakteri, sehingga ampuh membunuh kuman. Tak hanya itu, air jahe juga memiliki sifat antivirus untuk menyembuhkan radang amandel lebih cepat.

Kamu pun bisa membuat racikan alami air jahe untuk mengobati amandel dengan cara rebus satu atau dua ruas jahe ke dalam wadah panci dan biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, tuang air rebusan jahe ke dalam cangkir, kemudian siapkan satu sendok madu dan aduk hingga merata. Kamu dapat meminum air jahe hangat sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Air Lemon

Air Lemon. (Special)

Pengobatan alami untuk mengatasi radang amandel selanjutnya adalah air lemon. Kandungan vitamin C dalam buah lemon dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk menghilangkan rasa sakit akibat peradangan. Lemon juga memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang ampuh melawan kuman bakteri.

Caranya pun mudah. Sediakan ½ buah lemon dan satu sendok teh garam dan air hangat. Kemudian, aduk hingga merata dan ramuan herbal alami ini siap disajikan. Untuk mengurangi radang amandel, kamu pun bisa mengonsumsi minuman ini sebanyak satu hingga dua kali sehari.

Wortel dan Timun

Jus Wortel (Special)

Bahan alami selanjutnya untuk membantu mengobati radang amandel adalah wortel dan timun. Kamu bisa mengonsumsi wortel dan disajikan dalam bentuk sup hangat ataupun diolah sebagai jus. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada wortel dan timun dapat membantu melawan radang akibat amandel.

Kayu Manis

Kayu Manis (Special)

Kayu manis memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam amandel. Selain itu, dengan mengonsumsi minuman herbal dari bahan alami kayu manis dan madu dapat mebantu mengurangi pembengkakan amandel serta mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Kamu bisa membuat minuman herbal dari kayu manis dan juga madu dengan menyediakan satu sendok teh kayu manis bubuk, segelas air panas, dan satu sendok makan madu. Caranya, campurkan kayu manis bubuk ke dalam segelas air panas, kemudian masukan satu sendok makan madu dan aduk hingga merata.

s