6 Bahan Alami Redakan Perut Kembung, Yuk Coba!

Jumat, 11 November 2022 | 21:45:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Bahan Alami Redakan Perut Kembung, Yuk Coba!

Ilustrasi perut kembung. (Special)

Ladiestory.id - Musim penghujan membuat kesehatan mudah terganggu. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap diderita oleh banyak orang adalah perut kembung.

Meski tidak mengalami kesakitan yang parah, namun perut kembung bisa membuat aktivitas terganggu. Untuk itu, perut kembung perlu segera ditangani. Nah, berikut beberpa bahan alami yang bisa membantu meredakan perut kembung.

Teh Peppermint

Ilustrasi teh peppermint. (Special)

Salah satu obat alami yang bisa menyembuhkan perut kembung adalah teh peppermint. Teh ini juga dipercaya dapt mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Pasalnya, teh peppermint memiliki kandungan antisposmodik dan relaksan. Kedua kandungan ini mampu meredakan gas yang ada di dalam perut.

Saat perut merasa tidak enak atau pun kembung, kamu bisa menyeduh teh peppermint ini. Cukup gunakan dua lembar daun peppermint untuk satu cangkir. Agar memiliki rasa yang manis, kamu bisa menambahkan sedikit madu.

Usahakan untuk mengonsumsi teh peppermint selagi masih hangat. Teh ini cocok bisa dikonsumsi tiga kali dalam sehari.

Teh Kamomil

Ilustrasi teh chamomile. (Getty Images)

Selain teh peppermint, kamu bisa mengonsumsi teh kamomil untuk menyembuhkan perut kembung. Teh kamomil bisa menyembuhkan perut kembung lantaran memiliki sifat menenangkan.

Cara mengonsumsi teh ini pun terbilang cukup mudah. Pasalnya, kamu hanya perlu memasukan 1-2 sendok teh kamomil dalam air panas.

Kemudian, diamkan teh kamomil terendam selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, saring dan tambahkan madu agar memiliki rasa yang lebih manis. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau. (Special)

Teh hijau juga mampu membantu mengurangi perut kembung. Pasalnya, teh hijau memiliki diuretik alami dan kaya akan antioksidan.

Teh hijau mampu meningkatkan produksi urin. Hal ini berguna untuk membuang air yang berlebihan di dalam tubuh.  

Biji Adas

Ilustrasi biji adas. (Special)

Biji adas juga bisa mengatasi perut kembung. Tumbuhan dengan nama Latin Foeniculum Vulgare ini dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam pencernaan.

Hal ini dikarenakan biji adas memiliki kandungan estragole, fenchone, dan anethole. Tiga kandungan ini memiliki sifat antipasmodik yang mampu menghilangkan gas menumpuk di dalam perut.

Cara membuat biji adas sebagai obat alami pun mudah. Kamu hanya perlu memasukan satu sendok teh biji adas dalam secangkir air panas. Lalu, diamkan setidaknya  5 hingga 10 menit.

Setelah itu, kamu bisa menyaring sari biji adas tersebut. Jangan lupa, tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit saat diminum.

Biji Jintan

Ilustrasi biji jintan. (Special)

Kamu bisa menggunakan biji jintan untuk meredakan perut kembung. Pasalnya, jintan atau carum carvi memiliki sifat antispasmodic dan karminatif. Sifat tersebut dapat membantu menghilangkan rasa kembung atau gas yang berlebih di perut.

Untuk mengonsumi biji jintan, cukup ambil satu sendok teh biji jintan ke dalam secangkir air panas. Kemudian, biarkan terendam selama 5-10 menit.

Setelah itu, saring dan tambahkan madu. Minumlah seduhan teh jintan selagi masih hangat. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak tiga kali dalam sehari jika perut masih kembung.

Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe. (Special)

Jahe merupakan salah satu obat alami yang dikenal mampu menghangatkan tubuh. Hal ini juga berlaku bagi perut yang kembung hingga pencernaan yang bermasalah.

Bahkan, jahe disebut sangat efisien mengatasi perut kembung. Namun, dianjurkan untuk mengonsumsi seduhan jahe yang dibuat sendiri. Pasalnya, jahe instan dipercaya kurang ampuh lantaran sudah memiliki campuran berbagai kandungan.