Wajib Tahu! Ini 5 Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:00:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Wajib Tahu! Ini 5 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Bahaya begadang yang wajib kamu tau. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki waktu dan kualituas tidur yang baik adalah satu hal yang diharuskan bagi semua orang. Namun, kenyataannya memang cukup sulit untuk bisa mendapatkan kualitas serta jam tidur yang baik. Bahkan, ada yang sampai punya jam tidur terbalik, loh! Malam hari adalah waktunya begadang dan di pagi hari baru bisa tidur dengan nyenyak.

Padahal, ada hal yang sangat membahayakan kesehatan tubuh jika kamu mendapatkan kualitas tidur yang kurang baik. Normalnya, jam tidur manusia adalah sekitar 7-9 jam untuk orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak, normalnya jam tidur mereka adalah sekitar 10-13 jam.

Wajib kamu ketahui bahwa, jika kamu begadang, hal itu juga bisa berakibat pada kondisi psikologis kamu, loh! Tidak hanya itu, beberapa penyakit yang cukup berbahaya juga bisa saja menyerang tubuh. Berikut beberapa bahaya begadang yang wajib kamu tahu. Yuk, simak!

Cepat Lupa

Bahaya begadang yang wajib kamu tau. (Special)

Ketika kamu memilih untuk begadang, maka salah satu efek yang bisa kamu dapatkan adalah, kamu bisa cepat lupa akan sesuatu. Perlu kamu ketahui, bahwa saat tidur, maka sel saraf pada otak akan beregenerasi dan fungsi otak pun tetap terjaga dengan baik.

Sementara, saat kamu begadang, maka sel saraf pada otak pasti akan lebih sulit untuk diperbaiki. Itulah penyebabnya mengapa kamu sering tidak fokus saat melakukan sesuatu setelah begadang dan kamu juga bisa cepat lupa terhadap sesuatu.

Tingkatkan Berat Badan

Bahaya begadang yang wajib kamu tau. (Special)

Bahaya yang satu ini sepertinya sudah banyak yang tahu. Begadang bisa menjadi salah satu penyebab berat badanmu yang naik. Maka, jika kamu terlalu sering begadang bisa lebih berisiko untuk mengalami obesitas, loh!

Terlebih, jika kamu begadang karena stres dan memilih untuk mengonsumsi makanan yang tidak tepat pada malam hari. Hal tersebut tentu bisa mempercepat kenaikan berat badan kamu. Maka dari itu, hindari stres dan hentikan begadang yang tidak baik bagi kesehatan.

Fungsi Otak Menurun

Bahaya begadang yang wajib kamu tau. (Special)

Kebisaan begadang juga bisa menyebabkan fungsi otak menurun. Itu yang membuat kamu bisa tidak konsentrasi saat sedang bekerja atau melakukan hal lainnya. Kamu juga akan sulit fokus pada beberapa hal dan akan menyebabkan risiko yang cukup berbahaya.

Percepat Penuaan Dini

Bahaya begadang yang wajib kamu tau. (Special)

Bahaya begadang yang wajib kamu tahu selanjutnya adalah, bisa mempercepat terjadinya penuaan dini. Bahaya yang satu ini mungkin ditakuti oleh kebanyakan perempuan. Saat kamu terlalu sering begadang, maka kulit wajah kamu akan lebih kering dan kusam. Maka dari itu, jika kamu tetap ingin punya kulit wajah yang sehat, hentikan lah begadang!

Sistem Imunitas Menurun

Bahaya begadang yang wajib kamu tau. (Special)

Jika kamu memiliki kualitas dan waktu tidur yang tidak tepat, maka daya tahan tubuh kamu akan lebih mudah melemah. Sehingga, kamu bisa lebih mudah terserang penyakit atau baktei-bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, hentikan begadang dan mulai dapatkan kualitas tidur yang baik.