Baik Untuk Kesehatan, Intip 7 Manfaat Jus Bayam yang Kaya Akan Vitamin

Selasa, 8 Februari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Baik Untuk Kesehatan, Intip 7 Manfaat Jus Bayam Yang Kaya Akan Vitamin

Ilustrasi Jus Bayam. (Special)

Ladiestory.id - Siapa yang tak kenal bayam? Manfaat sayuran ini dipopulerkan oleh kartun anak-anak, Popeye, yang hobi mengonsumsi bayam demi tubuh yang kuat. Ya, diketahui bayam memiliki banyak kandungan zat besi. 

Dikutip dari StyleCraze, (8/12/21), bayam mentah atau yang tidak dimasak memiliki kandungan karoten, asam amino, zat besi, yodium, kalium dan magnesium, Vitamin A, C, K, E, dan B kompleks. Mineral yang dijumpai pada sayuran bayam bersifat basa dan membantu menyeimbangkan tingkat pH pada tubuh.

Selain diolah menjadi sayuran, bayam juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Selain rasanya segar, Kamu bisa mendapatkan manfaat langsung. Berikut manfaat meminum jus baya.

Sehatkan Mata

Ilustrasi mata. (Special)

Jus bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dibutuhkan dalam penglihatan. Kandungan ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula mengenai usia. Jus bayam pun menyediakan hampir 63% dari Nilai Harian guna vitamin A. Kekurangan vitamin ini bisa mengakibatkan mata kering dan kebutaan malam.

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

 

Bayam mentah memiliki kandungan 7 kalori yang sangat baik bagi siapa saja yang mau menurunkan berat badan akibat dari obesitas. Disisi lain, bayam memiliki kandungan 1 gram protein, 1 gram karbohidrat dan serat 0,7 gram. Sehingga sayuran bayam adalah sayuran yang sangat aman dan tidak memunculkan efek samping.

Mencegah Anemia

Tingkat kandungan nutrisi yang tinggi pada bayam membantu dalam pembuatan sel darah merah dan tergolong pembangun darah. Jadi, seseorang tidak akan mudah terserang anemia.

Cegah Kanker

Ilustrasi kampanye kanker. (Special)

 

Antioksidan kuat pada jus bayam dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Walaupun dibutuhkan lebih banyak studi pada manusia, sejumlah penelitian memperlihatkan jika senyawa tertentu dalam bayam bisa membantu memerangi pertumbuhan sel kanker. Makan lebih banyak sayuran hijau bisa menurunkan risiko kanker paru-paru, prostat, payudara, dan kanker usus.

Tingkatkan Perkembangan Otak

Ilustrasi otak. (Special)

Bayam dipercaya orang orang menjadi makanan yang sangat penting untuk otak. Sebab bayam memiliki kandungan mineral, layaknya asam folat, vitamin A B6 C dan beragam antioksidan lainnya. Bayam pun dapat membantu mencegah kemunduran fungsi neuronal dan kognitif.

Turunkan Tekanan Darah

Jus bayam sarat akan nitrat, senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah. Dampak ini dapat menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah. Disisi lain, satu cangkir (240 mL) jus bayam pun mengemas lebih dari 14% nilai harian untuk kalium. Mineral ini termasuk dalam mengatur tekanan darah dengan mengontrol jumlah natrium yang dikeluarkan melewati urin.

Kesehatan Tulang

Di dalam bayam pun ada kandungan vitamin K yang hebat. Vitamin ini dapat menjaga tulang kamu lebih sehat dan kuat. Vitamin K pada bayam memiliki kemampuan dalam mengobati osteoporosis dan sekaligus dapat mencegahnya. Jadi, mengoknsumsi bayam secara terus-menerus atau setiap hari dapat membantu melawan osteoporosis.