Begini Cara Mengurangi Sampah di Rumah

Selasa, 7 April 2020 | 18:24:00

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Begini Cara Mengurangi Sampah Di Rumah

Sudah mulai bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja di rumah? Ada satu kegiatan yang dijamin akan membuat rasa bosan kamu berkurang drastis: mengurangi sampah sisa makanan di rumah. Selain bahagia karena produktif, kamu juga sedang melakukan kegiatan yang baik untuk lingkungan dan planet tercinta ini. Begini cara melakukannya. 

Pilah Sampah

Untuk membantu petugas sampah menyortir dan mengolah sampah, ada baiknya kamu mulai memilah sampah di rumah dan membersihkannya. Coba mulai bangun kebiasaan memilah sampah sesuai dengan jenis sampah, apakah itu sampah dapur, plastik dan sampah kimia. 

Upcycling

Ada banyak sekali cari dan contoh untuk mendaur ulang barang-barang yang sudah digunakan. Misalnya plastik bekas deterjen, bisa digunakan lagi untuk menjadi dompet atau tas kecil. Selain melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan, kamu pun memiliki tas anti-air. Ini artinya, kamu tidak perlu takut saat belanja ke pasar dan hujan turun. 

Jalankan Prinsip 3R

Langkah ini merupakan perpanjangan tangan dari pemisahan sampah anorganik yang didaur ulang. Prinsip 3R terdiri dari reuse (penggunaan kembali), reduce (mengurangi), dan recycle (mendaur ulang). Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengimplementasikan prinsip ini, misalnya menggunakan botol air mineral bekas sebagai pot untuk menanam tanaman. Atau, bawa sampah anorganik yang sudah dipisahkan ke titik-titik daur ulang di lingkungan rumah untuk diserahkan pada ahlinya sehingga bisa diolah lagi menjadi produk baru dan berguna.

Gunakan Trik Meminimalisir Sampah

Melalui internet, kamu bisa mencari tahu trik-trik untuk meminimalisir sampah dari berbagai aspek seperti ukuran dan jumlah. Beberapa di antaranya bisa kamu lakukan dari sekarang adalah mengurangi penggunaan sedotan plastik, bawa tas belanja pribadi saat belanja, bawa botol minuman sendiri, biasakan masak di rumah, dan beli es krim berbentuk cone

Hasilkan Pupuk Kompos

Pupuk kompos sendiri merupakan jenis pupuk organik yang terbuat dari tumbuh- tumbuhan ataupun sampah organik, yang kemudian digunakan untuk bercocok tanam. Untuk mengurangi limbah sampah sayuran di rumah tangga dan agar lingkungan rumah juga semakin bersih, ada baiknya mengolahnya menjadi pupuk kompos. Dan pupuk kompos ini bisa digunakan lagi untuk menyuburkan pertumbuhan tanaman di sekitar rumah. 

Bagaimana Ladies, apakah trik di atas membuatmu ingin melakukan sesuatu di sekitar rumah agar lebih ramah lingkungan? Kira-kira dari sekian banyak tips di atas, mana nih, yang ingin kamu lakukan dari sekarang? Selamat mencoba, ya! Dan jangan lupa setelah bersih-bersih dan memegang sampah, bersihkan tangan; bila perlu mandi dan ganti baju dengan baju yang bersih. Ini semua demi kesehatan kamu dan orang-orang tercinta di sekitar mau. 

Sumber foto utama: Freepik.com