Punya Bekas Jerawat Hitam? Ini Dia 5 Cara Hilangkannya

Rabu, 27 Juli 2022 | 11:00:00

Punya Bekas Jerawat Hitam? Ini Dia 5 Cara Hilangkannya

Ilustrasi Bekas Jerawat Hitam (Special)

Ladiestory.id - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kompleks dan sangat mengganggu. Proses untuk menyembuhkannya pun butuh waktu yang tidak sebentar. Setelah itu, tak jarang jerawat juga akan menimbulkan bekas, seperti kemerahan maupun noda kehitaman. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan membuat siapa saja yang mengalaminya jadi tidak percaya diri, khususnya wanita.

Namun, sebelum menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, kamu perlu tahu apa penyebabnya. Jerawat terbentuk akibat peradangan pada kulit. Saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, ada kemungkinan sel-sel yang membantu memulihkan permukaan halus kulitnya mengandung terlalu banyak melanin (zat pemberi warna pada kulit).

Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin maka akan menghasilkan bercak kulit yang lebih gelap atau biasa disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Hal ini yang menimbulkan masalah lain pada wajah.

Perlu diketahui, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam berbeda dengan bekas jerawat, lho. Pada bekas jerawat, kamu bisa melakukannya dengan merusak jaringan kulit agar sel-sel baru tumbuh dan mengatasi bopeng yang ada di wajah. Sedangkan, untuk bekas jerawat yang menghitam, biasanya terjadi secara merata di permukaan kulit. Tidak adanya ciri kerusakan pada jaringan sel kulit, pori atau folikel memerlukan penanganan yang tepat.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam yang sama bandelnya dengan jerawat itu sendiri. Berikut ini adalah cara ampuh menghilangkan bekas jerawat menghitam.

Vitamin C

Ilustrasi vitamin C. (Special)

Kamu bisa mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung vitamin C, seperti jus lemon. Hal ini dikarenakan, vitamin C dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Namun, bagi kamu pemilik kulit sensitif dan kering, dianjurkan untuk tidak menggunakan cara ini karena kulitmu rentan mengalami iritasi.

Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Nyatanya, lidah buaya mampu membantumu untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam karena kandungannya yang dapat mencerahkan kulit.

AHA, BHA, dan Niacinamide

Ilustrasi skincare. (Special)

Salah satu bahan aktif yang ampuh menghilangkan bekas jerawat menghitam adalah Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bekerja pada kulit dengan mengganti lapisan kulit terluar (stratum korneum). Kandungan AHA juga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit agar lebih kenyal dan fresh. Beta Hydroxy Acids (BHA) juga bisa digunakan karena mengandung satu senyawa, yaitu asam salisilat yang berguna untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih dari dalam.

Selain itu, kandungan niacinamide yang merupakan salah satu bentuk vitamin B3 juga bisa menghilangkan bekas jerawat menghitam. Hal ini dikarenakan kandungannya dapat memproduksi kolagen yang akan membuat kulit kenyal dan mendukung regenerasi sel kulit mati. Bagi pemilik kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide yang rendah terlebih dahulu.

Sunscreen

Foto: Ladiestory.id

Sunscreen merupakan salah satu produk yang wajib kamu gunakan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk menghindari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya agar tidak memperlambat penyembuhan. Kamu bisa menggunakannya di pagi hari dan reapply di siang harinya.

Jangan Sentuh Area Berjerawat

Foto: Ladiestory.id

Sebenarnya, kamu bisa lakukan pencegahan agar bekas jerawat tidak menghitam, yaitu dengan menghilangkan kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat yang akan merusak jaringan kulit. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan exfoliating serum untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulitmu.

Nah, itulah 5 cara ampuh mengatasi bekas jerawat yang menghitam. Selamat mencoba!