1. Lifestyle
  2. Berakhir Pekan Dengan Mengenal Sejarah Melalui Museum
Lifestyle

Berakhir Pekan Dengan Mengenal Sejarah Melalui Museum

Berakhir Pekan Dengan Mengenal Sejarah Melalui Museum

Ilustrasi Museum. (Canva)

Ladiestory.id - Di Jakarta, terdapat sejumlah museum yang menampilkan warisan budaya, sejarah, dan seni Indonesia. Museum adalah cara terbaik bagi orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah suatu negara. Keberadaan museum dapat mempromosikan warisan sejarah kolektif, juga untuk melestarikan budaya suatu tempat. Salah satu hal terbaik tentang Jakarta adalah kota ini sangat kaya akan sejarah dan budaya. Itulah sebabnya ada begitu banyak monumen dan museum nasional yang tersebar di seluruh penjuru kota; masing-masing memiliki cerita unik untuk diceritakan. Berikut adalah daftar 5 museum terbaik untuk kamu kunjungi.

Museum Nasional

Ilustrasi Museum Nasional. (museumjakarta.com)

Berlokasi di pusat kota Jakarta, kamu tidak boleh melewatkan museum yang menakjubkan ini. Museum ini dinilai sebagai museum terbaik di Jakarta oleh penduduk lokal dan turis. Di sini kamu dapat menemukan banyak sekali koleksi patung dan artefak dari seluruh nusantara. Ini adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk mengenal budaya dan sejarah Indonesia. Kamu perlu setidaknya menghabiskan 3-4 jam untuk menghargai dan mengenal semua yang ada dalam museum ini.

Museum Sejarah Jakarta

Ilustrasi Museum Sejarah Jakarta. (museumjakarta.com)

Terletak di Kota Tua / Kota Tua Jakarta, Museum Fatahilah menampilkan objek dan replika yang berasal dari zaman prasejarah Jakarta, melalui era kolonial Belkamu, hingga kemerdekaan Indonesia. Kamu dapat menemukan hal-hal seperti peta bersejarah, lukisan, keramik, furniture, dan artefak arkeologi yang unik. Bangunannya sendiri dibangun pada tahun 1710 sebagai balai kota pada masa penjajahan Belkamu

Museum Tekstil Indonesia

Ilustrasi Museum Tekstil Indonesia. (museumjakarta.com)

Di sini kamu bisa menemukan banyak jenis Batik dari seluruh Indonesia, beserta keterangan informatif tentang asal muasal dan sejarah di balik masing-masing desain. Museum ini juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan di mana kamu dapat benar-benar mempelajari makna dan perkembangan dari sudut pkamung artistik dan teknologi tekstil Indonesia sepanjang sejarah.

Sebelum kamu pergi, kamu juga dapat belajar bagaimana membuat batik. Mulai dari menggunakan pensil untuk menggambar desain, menguraikan desain kamu dengan lilin menggunakan canting, dan terakhir memberi warna pada desain kamu dengan merendam kain dalam pewarna.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Ilustrasi Museum Seni Rupa dan Keramik. (museumjakarta.com)

Museum ini menyimpan koleksi seni terbesar di negara ini, mulai dari lukisan tradisional hingga patung dan instalasi seni lainnya, semuanya dibuat oleh seniman terkenal Indonesia. Seperti beberapa museum di Jakarta, arsitektur menjadi sesuatu yang juga harus kamu perhatikan. Bangunan itu dulunya adalah pengadilan, dan ada taman yang indah tepat di tengahnya.

Museum Perangko Indonesia

Ilustrasi Museum Perangko Indonesia. (museumjakarta.com)

Perangko memiliki sejarahnya tersendiri di Indonesia, berkaitan dengan masa kolonial sebelum kemerdekaan Indonesia. Di museum ini, terdapat 6 ruang pameran yang bisa kamu jelajahi, masing-masing dibagi secara kronologis seiring perangko yang disebarkan atau dibuat di Indonesia. kamu bisa melihat banyak sekali desain dengan berbagai warna dan ukuran dengan informasi mengenai sejarahnya, juga bagaimana perangko didistribusikan pada masa kolonial.

Museum MACAN

Ilustrasi Museum MACAN. (museummacan.org)

Museum MACAN adalah museum seni di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni rupa modern dan kontemporer Indonesia dan internasional. Bahkan, mereka memasukkan museum tersebut ke dalam daftar 100 Tempat Terbesar Dunia 2018 yang dirilis oleh majalah Time. Museum ini menampilkan sekitar 90 karya dari total 800 karya seni Indonesia modern dan kontemporer dari seluruh dunia, termasuk ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang Yayoi Kusama.

Nah itulah 5 museum yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Tidak hanya kamu bisa melihat dan terhubung dengan budaya dan sejarah tradisional Indonesia, tetapi kamu juga bisa mengenal Indonesia lebih baik di era modern ini.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel