Bantu Atasi Gejala PMS, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Selasa, 7 September 2021 | 07:21:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Bantu Atasi Gejala Pms, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Kacang hijau merupakan bahan makanan yang dapat dijadikan berbagai hal. Tidak hanya itu, kacang hijau mengandung kaya vitamin ketika disajikan dalam bentuk makanan lain seperti onde-onde atau bakpia.

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Tanaman yang bisa disebut dengan green gram, mung bean, golden gram, dan nama ilmiah Vigna radiata L.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Selain itu, Tanaman kacang hijau tumbuh subur sering terus diproduksi di Tiongkok, Asia Tenggara, hingga Amerika Selatan. Satu gelas kacang hijau seberat 100 gram dapat memberikan kandungan zat gizi kacang hijau merupakan sumber protein, vitamin, serta mineral terbaik di antara kacang-kacangan sejenisnya.

Namun, didalamnya juga terdapat antioksidan dan senyawa tumbuhan bernama fitokimia yang dapat memberikan khasiat kacang hijau dengan berbagai manfaat.

1. Resiko penyakit jantung berkurang

Manfaat Kacang Hijau
Foto: Ladiestory.id

Masalah pada pembuluh darah dan kolesterol darah yang tinggi adalah dua penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, beberapa studi menyampaikan jika konsumsi kacang hijau berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

Antioksidan vitexin dan isovitexin pada kacang hijau berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol serta pembentukan jaringan lemak. Selain itu, antioksidan mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas dan penumpukan plak.

2. Tekanan darah Menurun

Foto: Ladiestory.id

Protein pada kacang hijau tidak hanya membantu membentuk otot, namun punya memiliki khasiat bagi penderita hipertensi. Protein ini dapat menghambat kerja angiotensin converting enzyme (ACE). ACE adalah enzim berpotensi untuk menyebabkan tekanan darah tinggi.

Obat hipertensi bekerja menghambat fungsi enzim ini. Protein kacang hijau dapat bekerja dengan cara yang sama.

3. Sistem kekebalan tubuh Kuat

Manfaat Kacang Hijau
Foto: Ladiestory.id

Kacang hijau mengandung polisakarida, yakni jenis karbohidrat kompleks dengan serat yang tinggi. Polisakarida yang diambil dari kacang hijau dapat mengaktifkan sel darah putih yang disebut makrofag.

Selain itu, kandungan fitonutrien (zat kimia alami tumbuhan) yang bekerja sebagai zat antibengkak. Fitonutrien pada kacang dengan kedelai ini menetralkan bakteri, virus, dan mikroba yang menyebabkan infeksi.

4. Kacang hijau baik untuk PMS

Manfaat Kacang Hijau
Foto: Ladiestory.id

Hormon yang naik-turun sebelum menstruasi merupakan salah satu gejala PMS. Kacang hijau dapat mengatasi dalam mengonsumsi kacang hijau dikarenakan ada kandungan vitamin B1, vitamin B2, dan folat. Suplemen vitamin B dan folat bisa meredakan gejala PMS sebagai bahan pembentuk zat kimia pada otak yang berperan dalam mencegah timbulnya gejala PMS.

5. Menurunkan kolesterol

Kacang hijau ternyata memiliki manfaat bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Zat antioksidan di dalamnya dapat membantu menurunkan kolesterol total serta low-density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat.

Para ahli menduga bahwa antioksidan pada kacang hijau mungkin memicu produksi empedu, cairan yang menguraikan lemak dan kolesterol pada proses pencernaan. Zat ini tampaknya juga mencegah pembentukan timbunan lemak pada tubuh.

6. Kacang hijau membantu penyembuhan penyakit hati

Manfaat Kacang Hijau
Foto: Ladiestory.id

Penyebab kerusakan pada hati dapat dikarenakan oleh infeksi virus, konsumsi alkohol, dan sejumlah penyakit. Selain itu, konsumsi kacang hijau dapat menurunkan risiko kerusakan pada hati.

Bukan hanya itu, Kacang hijau memiliki efek melindungi hati dari kerusakan akibat peradangan dan penumpukan lemak. Tidak hanya itu, pemberian suplemen kacang hijau terbukti mengurangi aktivitas enzim hati yang menjadi penanda adanya kerusakan pada organ.

Itu dia beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, jangan ragu untuk konsumsi kacang hijau, ya!