Berhalangan Saat Puasa? 6 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Berhalangan Saat Puasa? 6 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Bulan Ramadan

Ilustrasi tanda menstruasi. (Special)

Ladiestory.id - Umat Muslim di seluruh penjuru dunia kini tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadan, bulan yang suci dan penuh ampunan ini membuat orang-orang terus berlomba-lomba mengejar ridho- Nya.

Akan tetapi, sebagai seorang wanita tentunya  akan mengalami haid atau menstruasi bulanan sehingga membuat para wanita berhalangan untuk melaksanakan ibadah puasa untuk satu bulan penuh.

Namun, jangan khawatir Ladies,  kamu pun masih bisa melakukan enam kegiatan bermanfaat ini di bulan Ramadan, lho. Berikut di antaranya.

Hidangkan Makanan Berbuka

Berbuka Puasa Bersama Keluarga (Special)

Kamu bisa membantu menghidangkan makanan berbuka puasa maupun sahur bagi anggota keluargamu di rumah. Kamu bisa membantu ibumu memasak atau menghidangkan takjil kesukaan anggota keluargamu.

Walaupun berhalangan menjalankan ibadah puasa, kamu juga bisa berburu pahala dan menjalankan amalan baik ini bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa. Jangan sungkan untuk melakukan kebiasaan baik ini, Ladies.

Kamu pun bisa membangungkan anggota keluarga untuk menjalankan ibadah sahur supaya mereka tidak telat dan tertinggal mengikuti sahur. Tentu tidak ada salahnya dong kamu ikut membantu menghidangkan makanan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa tentunya mereka akan senang karena kamu sigap dan ikhlas membantu anggota keluargamu.

Dengarkan Lantunan Ayat Suci Alquran

 

Ilustrasi ayat Alquran. (Pexels/khats cassim)

 

Walaupun kamu sedang berhalangan saat menjalankan ibadah puasa, hal itu bukanlah suatu alasan besar untuk menyurutkan semangat dan imanmu untuk terus meraih ridho-Nya. Kamu bisa menciptakan ketenangan diri dan batin serta meningkatkan pikiran yang jernih dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Memanjatkan Doa dan Berdzikir

Ilustrasi berdoa. (Special)

Sedang berhalangan untuk berpuasa tentu  kamu tidak diperbolehkan sementara waktu untuk melaksanakan ibadah sholat. Namun hal itu bukanlah halangan, kamu pun masih terus bisa memanjatkan doa, berdzikir serta bersholawat setiap waktu untuk meminta ridho kepada Allah SWT dengan begitu hati dan pikiranmu akan tetap jernih, emosimu pun akan terkontrol dengan baik.

Bersedekah

Sedekah. (Special)

 

Walaupun sedang berhalangan menjalankan ibadah puasa, kamu pun tetap bisa memperoleh pahala dengan melakukan hal-hal baik yang bisa memberi manfaat bagi dirimu maupun orang lain, salah satunya dengan bersedakah.

Bukan seberapa besar atau kecil nominal yang kamu berikan ketika hendak bersedekah, akan tetapi niat tulus dan keikhlasan pada dirimu akan membuat makna sedekah itu jauh lebih berarti, nggak hanya itu kamu pun tentunya bisa membantu meringankan beban saudara-saudaramu yang kurang beruntung serta kamu akan lebih menghargai tentang indahnya berbagi.

Menghadiri Pengajian atau Majelis Taklim

Ilustrasi berdoa. (Special)

 

Ladies, kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan walaupun sedang berhalangan dikala bulan Ramadan ialah dengan menghadiri pengajian atau majelis taklim. Bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi memang tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam masjid, namun kamu tetap bisa mengikuti pengajian atau majelis taklim asalkan tidak masuk didalam masjid atau pengajian ini dilakukan di dalam rumahmu, kerabat maupun gedung tertentu.

Mengikuti Kegiatan Sosial

Ilustrasi buka puasa. (Special)

 

Ladies, daripada bermalas-malasan di bulan Ramadan, sebaiknya kamu berburu mencari amal kebaikan dibulan yang penuh berkah ini. Yup, kamu pun bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial yang dilakukan selama bulan Ramadan misalnya dengan menjadi volunteer ataupun memberikan bantuan sosial kepada anak-anak terlantar maupun yatim piatu. Info kegiatan ini bisa kamu dapatkan di platform media sosial ataupun di masjid sekitar tempat tinggalmu.

Nah, Ladies itulah ke enam kegiatan yang bisa kamu lakukan walaupaun sedang berhalangan saat berpuasa. Siklus haid bulanan memang menjadi salah satu hal yang pasti dialami oleh setiap wanita, namun kamu tidak perlu berdiam diri dan bermalas-malasan di rumah saja, tentu ada banyak kegiatan baik yang bisa kamu manfaatkan di bulan yang penuh berkah ini.

Semoga bermanfaat.