Bermanfaat bagi Kesehatan, 5 Manfaat Pelihara Anjing di Rumah

Senin, 16 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bermanfaat Bagi Kesehatan, 5 Manfaat Pelihara Anjing Di Rumah

Ilustrasi anjing. (Special)

Ladiestory.id - Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak digemari selain kucing. Pasalnya, anjing terkenal sebagai hewan peliharaan yang memiliki kelincahan, kecerdasan, serta menggemaskan. Bahkan, anjing terkenal sebagai hewan yang setia dengan pemiliknya. Hal itu karena anjing terkenal dengan sifat persahabatannya yang sangat kuat.

Meskipun memang hewan peliharaan satu ini menjadi hewan yang haram bagi umat muslim. Namun, rupanya banyak manfaat yang didapat jika memelihara anjing, termasuk manfaat bagi kesehatan.

Rumah Terjaga dengan Aman

Ilustrasi anjing. (Special)

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika anjing kerap dijadikan penjaga rumah. Sekali pun kita meninggalkan rumah, maka barang-barang yang ada di dalam rumah pun aman dari pencuri atau maling.

Lantaran anjing memiliki kecerdasan yang membuatnya dapat mengenal orang yang akan datang ke rumah. Jika orang tersebut asing, maka sang anjing akan menggonggong untuk memberi peringatan sekaligus memberi tahu pemiliknya bahwa ada orang asing.

Bahkan gonggongan anjing itu bisa terdengar oleh tetangga sehingga menggagalkan aksi sang pencuri. Hal ini dapat mencegah tindak kejahatan terjadi di rumahmu.

Meningkatkan Semangat untuk Berolahraga

Ilustrasi anjing. (Special)

Manfaat selanjutnya memelihara anjing di rumah adalah meningkatkan semangat untuk berolahraga. Pasalnya, seseorang yang memelihara anjing cenderung akan lebih aktif bergerak. Walau pun tidak olahraga secara ekstrim, paling tidak sang pemilik anjing akan terus mengajak peliharaannya untuk jalan-jalan ke luar rumah atau mengajaknya bermain.

Kegiatan inilah yang kerap kali tidak disadari oleh banyak orang. Kegiatan bersama anjing meskipun hanya bermain ataupun jalan-jalan, sudah terbilang menjadi kegiatan olahraga. Terlebih jika kegiatan ini dilakukan secara rutin dan teratur dapat menyehatkan tubuh. Jadi, untuk orang yang malas berolahraga, salah satu alternatifnya yaitu dengan memelihara anjing.  

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi anjing. (Special)

Memelihara anjing dapat menyehatkan tubuh, terutama menjaga kesehatan jantung. Bahkan, hal tersebut sudah dikatakan dalam sebuah penelitian.

Dilansir berbagai sumber, penelitian tersebut mengatakan bahwa memelihara anjing di rumah berkaitan dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol, dan penurunan kadar trigliserida. Di mana hal-hal tersebut berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, pasien serangan jantung yang memelihara anjing juga diketahui memiliki tingkat kualitas hidup yang lebih baik. Jika dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara anjing di rumahnya.

Membantu Menghilngkan Stres

Ilustrasi anjing. (Special)

Stres disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari pekerjaan, beban hidup, bahkan polusi udara. Banyak cara pula untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan memelihara anjing. Mungkin bagi banyak orang cara ini terbilang tidak masuk akal. Namun, jika diperhatikan hal tersebut terbukti kebenarannya.

Coba perhatikan orang yang memiliki peliharaan anjing akan cenderung bahagia dan rentan stres. Pasalnya, memiliki anjing di rumah dapat memberikan kenyamanan. Selain itu, memelihara anjing dapat meredakan kekhawatiran sehingga bisa menjadi terapi untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan. Bahkan seorang ilmuan menemukan fakta yang luar biasa.

Dilansir berbagai sumber, ilmuan tersebut mengatakan hanya 10 menit mengelus anjing dapat memberikan efek positif yang signifikan. Peserta penelitian tersebut mengalami penurunan hormon kortisol secara signifikan setelah mengelus anjing.

Bisa Deteksi Kanker

Ilustrasi anjing. (Special)

Jika mendengar manfaat memelihara anjing pada poin ini terdengar tidak masuk akal. Namun, memang menjadi kenyataannya memelihara anjing bisa mendeteksi penyakit kanker. Anjing terkenal memiliki indera penciuman yang tajam. Kemampuan tersebut juga bisa digunakan termasuk untuk mencium kanker dalam tubuh manusia.

Bahkan sudah banyak cerita terkait dengan manfaat memelihara anjing yang satu ini. Anjing peliharaan tersebut kerap mengendus atau menjilat benjolan pada tubuh pemiliknya. Ketika diperiksa, ternyata benjolan tersebut adalah kanker. Hal itu menjadi alasan terdapat beberapa anjing yang dilatih untuk tujuan baik tersebut.

s